Cara Mencari Harga Pokok Produksi, Berikut Penjelasan dan Contohnya

"Untuk bisa mencari harga pokok produksi, kamu harus paham dan mengerti apa itu harga pokok poduksi atau HPP. Berikut ini adalah penjelasan dan contohnya."

Life | 17 November 2022, 19:19
Cara Mencari Harga Pokok Produksi, Berikut Penjelasan dan Contohnya

Mengetahui harga pokok produksi adalah hal penting dalam menjalankan sebuah usaha atau perusahaan. Dengan mengetahui Harga pokok produksi, nantinya sebuah usaha atau perusahaan dapat memberikan keputusan dan menjalankan perusahaan dengan baik.

Lebih jelas dan lengkapnya, kamu bisa mempelajarinya dari artikel ini. Berikut ini adalah cara mencari harga pokok produksi lengkap dengan penjelasan dan contohnya.

Pengertian Harga Pokok Penjualan atau HPP

Harga pokok produksi adalah unsur penting dalam sebuah perusahaan. Harga pokok produksi adalah total biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dalam satu periode tertentu. Penentuan harga pokok produksi ini akan membantu mempermudah sebuah perusahaan dalam menentukan harga produk.

Harga pokok produksi adalah seluruh biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi atau kegiatan mengubah bahan baku menjadi produk jadi. Harga pokok produksi meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia, harga pokok produksi merupakan semua biaya bahan langsung yang dipakai, upah langsung serta biaya produksi tidak langsung, dengan perhitungan saldo awal dan saldo akhir barang dalam pengolahan.

Tujuan Menghitung Harga Pokok Produksi

Mencari dan menghitung harga pokok produksi memiliki peran yang penting sekali untuk sebuah perusahaan. Menghitung harga pokok produksi memiliki beberapa tujuan yang nantinya berpengaruh besar pada kinerja perusahaan. Berikut ini adalah tujuan menghidung Harga Pokok Penjualan.

Menentukan Harga Jual Produk
Mengetahui biaya produksi adalah langkah awal menentukan keuntungan yang didapat dari aktivitas produksi dan penjualan yang dilakukan perusahaan.

Monitoring Biaya Produksi secara Riil
Biaya produksi yang telah direncanakan kemudian dipantau realisasinya dalam analisa total biaya produksi ini. Kamu dapat melihat bagaimana realisasi biaya tersebut saat sudah dilakukan.

Perhitungan Laba Rugi Periodik
Tujuan mengetahui nilainya adalah memastikan apakah kegiatan produksi dan pemasaran dalam periode tersebut mampu menghasilkan keuntungan atau kerugian untuk perusahaan. Tentu hal ini akan melibatkan pula informasi laba rugi bruto dari perusahaan.

Sebagai Penentu Harga Pokok Produk Jadi dan Dalam Proses
Biaya produksi diperlukan sebagai kelengkapan dalam laporan atau neraca tertentu. Pihak perusahaan harus mampu menyajikan data terkait harga pokok persediaan produk jadi dan harga pokok produksi. Biaya produksi akan melekat pada produk jadi yang belum terjual pada tanggal neraca disajikan (masuk dalam variabel harga pokok persediaan produk dalam proses).

Komponen Harga Pokok Produksi

Sebelum kamu mencari harga pokok produksi, sebelumnya kamu juga harus mengerti komponen apa saya yang ada dan diperlukan untuk mencari harga pokok produksi.  Secara umum terdapat tiga komponen yang masuk dalam perhitungan harga pokok produksi. Yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan ketiga adalah biaya overhead pabrik.

Biaya Bahan Baku

Biaya bahan baku adalah setiap biaya yang digunakan dalam rangka membeli bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi. Biaya tersebut termasuk komponen untuk menyiapkan bahan baku yang diperlukan tersebut. Mulai dari harga bahan pokok, harga bahan tambahan, serta harga ongkos pengiriman barang.

Biaya Tenaga Kerja Langsung
Biaya tenaga kerja langsung adalah seluruh biaya yang diperlukan untuk membayar tenaga kerja dalam rangka proses produksi, yang mengubah bahan baku atau bahan mentah menjadi produk jadi atau produk yang siap dipasarkan. Seperti biaya gaji karyawan yang secara langsung terlibat dalam aktivitas pabrik atau produksi.

Biaya Overhead Pabrik
Biaya overhead pabrik adalah biaya yang diperlukan untuk mengolah bahan baku menjadi produk yang siap dijual. Biaya overhead termasuk variabel biaya tenaga kerja tidak langsung, yang bekerja tidak secara langsung dalam pembuatan produk. Selain itu ada pula variabel penyusutan peralatan produksi, karena secara langsung peralatan digunakan, namun tak setiap saat memerlukan perawatan. 

Cara Mencari atau Menghitung Harga Pokok Produksi

Untuk bisa menentukan harga pokok produksi, langkah sebelumnya adalah mencari total biaya produksi. Total HPP sendiri terlebih dahulu harus menghitung total biaya produksi, dengan rumus berikut:

Total Biaya Produksi = Bahan Baku yang digunakan + Biaya Tenaga Kerja Langsung + Biaya Overhead Pabrik


Setelah diketahui jumlah total biaya produksi, maka rumus yang digunakan untuk mengetahui HPP adalah sebagai berikut:

Harga Pokok Produksi = Total Biaya Produksi + Persediaan Barang dalam Proses Produksi Awal – Persediaan Barang dalam Proses Produksi Akhir

Contoh Mencari Harga Pokok Produksi

Berikut ini adalah cara mencari harga pokok produksi:
Daun.id

sumber: jurnal.id

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya