Cara Mencari IMT, Dilengkapi Rumus dan Contoh Soal

"Selalu cek nilai IMT dengan rumus ini."

Tech | 23 November 2022, 10:32
Cara Mencari IMT, Dilengkapi Rumus dan Contoh Soal

IMT merupakan kepanjangan dari Indeks Massa Tubuh yang memiliki peran penting untuk mengetahui suatu berat badan. Mengecek berat badan secara teratur ini merupakan suatu kepedulian terhadap kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat, pasti memiliki berat badan yang ideal. Salah satu manfaat mencari IMT ini bertujuan untuk mengetahui berat badan yang ideal.

Setelah teratur mengetahui IMT, kita jadi lebih mudah dalam berusaha mengatur berat badan yang ideal. Sehingga juga memiliki komponen tubuh sesuai dengan harapan. Artinya tidak terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Sebab terlalu kurang ataupun terlalu berlebihan berat badan ini sama-sama memiliki risiko terhadap kesehatan.

Indeks Massa Tubuh seseorang yang memiliki kelebihan berat badan dapat berpotensi terkena penyakit diabetes tipe 2, darah tinggi, hingga gangguan kardiovaskular. Sedangkan seseorang yang memiliki kekurangan Indeks Massa Tubuh dapat berpotensi terkena penyakit anemia, osteoporosis, dan malnutrisi.

Dalam IMT ini dibagi menjadi beberapa bagian, mulai dari kekurangan berat badan, berat badan normal, kelebihan berat badan, dan obesitas. Nilai IMT sendiri merupakan ukuran yang dilihat dokter untuk menilai suatu risiko saat seseorang mengalami suatu penyakit kronis. Jika kita sudah memahami beberapa hal di atas, maka penting mencari IMT secara teratur.

Cara Mencari IMT

Daun.id

sumber; pexels.com

Untuk mencari IMT ini dapat dilakukan dengan menggunakan suatu rumus. Rumusnya juga tergolong sangat sederhana, sebelum mencari IMT kita perlu mengetahui berat badan dan tinggi badan terlebih dahulu. Berikut ini rumusnya:

IMT = Berat Badan (kg) : Tinggi Badan (M)²

Sedangkan nilai hasil dari pembagian tersebut langsung dapat dilakukan pencocokan dengan tabel berikut:

18,5 = kekurangan berat badan
18,5 - 24,9 = berat badan normal
25 - 29,9 = kelebihan berat badan
30 = obesitas

Contoh:

Dinda memiliki berat badan 50 kg, sedangkan tinggi badannya ialah 1,5 m. Tentukan nilai IMT yang dimiliki Dinda!

Diketahui:

Berat badan = 50 kg
Tinggi badan = 1,5 m
IMT = ?

Penyelesaian:

IMT = berat badan : tinggi badan
IMT = 50 : 1,5
IMT = 33,33

Nilai IMT yang dimiliki Dinda ialah 33,33, jika dilihat dari daftar di atas, nilai IMT Dinda berada pada obesitas.

Itulah langkah dalam mencari IMT dengan mudah melalui rumus yang sangat sederhana. Untuk memastikan agar tubuh tetap dalam keadaan sehat, maka lakukan pengecekan nilai IMT secara teratur.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya