Kisah Unik TV Korea Utara Tayangkan Piala Dunia 2022, Meski Tak Beli Hak Siar

"Berani lawan Kim Jong-un? Auto rudal."

Sports | 23 November 2022, 17:09
Kisah Unik TV Korea Utara Tayangkan Piala Dunia 2022, Meski Tak Beli Hak Siar

Daun.id - Hak siar Piala Dunia 2022 dijual ke berbagai negara di seluruh dunia, kecuali Korea Utara. Tapi, tahukah anda bahwa televisi di negerinya Kim Jong-un itu ternyata menayangkan pertandingan secara langsung tanpa izin FIFA. Kok, bisa?

Tangkapan layar televisi di Korea Utara yang menayangkan pertandingan Piala Dunia 2022 antara Qatar dengan Ekuador telah muncul secara online dan viral di berbagai platform media sosial di seluruh dunia. Ini mengundang tanda tanya karena bertentangan dengan regulasi FIFA maupun aturan bisnis internasional.

Kabar aneh, tapi nyata, itu telah menarik perhatian banyak orang di dunia maya. Orang-orang membicarakannya setelah melihat kejanggalan itu.

Sebuah logo broadcats yang tampak diburamkan di pojok kiri atas. Terlihat gambar dari pertandingan lain, termasuk kemenangan 6-2 Inggris atas Iran muncul di internet. "Korea Central TV (KCTV) Qatar versus Ekuador disiarkan langsung di stasiun mereka melalui sinyal bajakan," tulis @Fekerfanta di Twitter.

KCTV adalah stasiun televisi pemerintah dan resmi di Korea Utara. Stasiun ini bermarkas di Pyongyang, dan didominasi oleh program propaganda pemerintah. Stasiun televisi ini juga memproduksi sendiri sejumlah acara, yang mayoritas bertemakan pemujaan kepada negara, militer, dan pemimpin mereka.

Uniknya, Korea Utara berpartisipasi dalam dua edisi Piala Dunia. Mereka tampil pada Piala Dunia 1966 di Inggris dan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Tidak hanya itu, rumor juga menyatakan para pemimpin Korea Utara sebenarnya menyunkai olahraga. Kim Jong-un misalnya, pernah mengundang legenda NBA, Dennis Rodman, ke Pyongyang. Dia juga dikabarkan sebagai pendukung Manchester United


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 7 DESEMBER 2022 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 03:57 SUBUH 04:07 DUHA 05:52 ZUHUR 11:46
ASHAR 15:12 MAGHRIB 18:00 ISYA 19:15  

Daun Media Network