Kisah Inspiratif Andries Noppert: 2020 Pengangguran, 2022 Ikut Piala Dunia

"Hidup seperti roda. Kadang di atas, kadang di bawah. Ini contohnya."

Sports | 26 November 2022, 12:05
Kisah Inspiratif Andries Noppert: 2020 Pengangguran, 2022 Ikut Piala Dunia

Pepatah yang mengatakan hidup berputar seperti roda sangat pas menggambarkan kisah hidup kiper tim nasional Belanda, Andries Noppert. Bayangkan, pada musim 2020/2021, dia pengangguran, tidak memiliki klub. Kini, kiper setinggi 203 cm itu ikut Piala Dunia 2022 dan jadi opsi pertama.

Belanda membuka lebar-lebar peluang lolos ke babak 16 besar setelah bermain imbang 1-1 dengan Ekuador di laga kedua, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB. Sebelumnya, mereka mengalahkan Senegal.

Dengan dua hasil ini, tampaknya Belanda akan melanjutkan hasil Piala Dunia 2014, ketika kali terakhir ambil bagian. Saat itu, Belanda mengandalkan Robin van Persie, Arjen Robben, dan Wesley Sneijder. Tapi, untuk Piala Dunia 2022, ketiganya tidak bermain lagi. Mereka sudah lama pergi.

Hanya Daley Blind masih bermain. Dan, entah bagaimana, Louis van Gaal ada di pinggir lapangan lagi, sama seperti delapan tahun lalu di Brasil.

Tidak ada yang perlu diingatkan tentang kepribadian eksentrik dan pendekatan pragmatis Louis van Gaal saat mengelola tim. Jika dia menyukainya, dia akan memanfaatkannya, apa pun situasinya. Salah satu yang membuat orang heran adalah keputusannya membawa Andries Noppert ke Qatar.

Andries Noppert adalah penjaga gawang De Oranje saat pertandingan pembuka di Piala Dunia 2022 melawan juara Piala Afrika 2021, Senegal. Dia juga ada di starting line-up melawan Ekuador.

Andries Noppert merupakan kiper SC Heerenveen di Eredivisie. Lahir dan dibesarkan di Heerenveen, pemain berusia 28 tahun ini memulai karier sepakbola dengan tim lokal itu. Tapi, dia gagal tampil sebelum hengkang pada 2014.

Andries Noppert kemudian melanjutkan karier nomaden di Belanda. Dia hanya membuat enam penampilan liga dalam empat tahun untuk NAC Breda, yaitu pada 2014-2018.

Tidak puas dengan perannya sebagai pemain lapis kedua di Negeri Kincir Angin, Andries Noppert memutuskan pindah ke klub Serie B, Foggia, pada musim 2018/2019. Sial, klub yang pernah melahirkan Giuseppe Signori itu terdegradasi, dan dibubarkan pada akhir musim itu karena masalah keuangan.

Sial di Italia, Andries Noppert mudik ke Belanda. Dia bergabung dengan FC Dordrecht. Dia sempat frustrasi dan mengabaikan saran keluarga dan istrinya untuk pensiun dini, untuk menjalani karier yang lebih pasti sebagai petugas polisi.

Itu benar-benar periode yang sulit untuk Andries Noppert. Dia diputus kontrak oleh FC Dordrecht. Lalu, dengan pandemi yang terjadi, dia tidak punya klub selama sekitar setahun. Pada Juni 2020 hingga Juni 2021, dia adalah pengangguran. Tidak ada klub yang berminat, sehinga keluarganya mendesak gantung sarung tangan.

Tapi, Andries Noppert menolak membiarkan mimpi itu mati. Dia terus melamar dan mencoba ke berbagai klub. Akhirnya, pada musim 2021/2022, dia diterima Go Ahead Eagles. Setelah awal yang lambat, Andries Noppert mulai mendapat kesempatan tampil. Dia membantu Go Ahead Eagles bertahan di Eredivisie.

Ternyata, penampilan hebat Andries Noppert memikat SC Heerenveen. Kebetulan, klub sedang mencari kiper utama. Lalu, mereka menawarinya kontrak jelang musim 2022/2023.

Andries Noppert mendapatkan keberuntungan lain saat dipanggil Louis van Gaal pada musim gugur 2022. Itu hanya setahun setelah dirinya menjadi pengangguran dan nyaris pensiun.

Yang lebih mengejutkan, Louis van Gaal kemudian memanggil Andries Noppert ke Piala Dunia 2022. Bahkan, pada pertandingan pertama melawan Senegal dan kedua menghadapi Ekuador, dia masuk starting line-up. Dia tampil cemerlang di bawah mistar gawang, meski Enner Valencia menjebol jalanya.

Kini, layak dinantikan sampai sejauh mana Andries Noppert akan membawa Belanda melangkah? Jika mampu juara, ini akan menjadi kisah cinderela yang nyata!

(andri ananto/anda)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya