2 Cara Mencari Joule Dalam Muatan Usaha dan Listrik

"Langkah sederhana mencari joule."

Tech | 27 November 2022, 12:14
2 Cara Mencari Joule Dalam Muatan Usaha dan Listrik

Saat kita mempelajari ilmu fisika pasti akan bertemu dengan istilah joule. Joule dapat dimaknai salah satu satuan dasar sistem metrik internasional. Pada umumnya joule digunakan sebagai satuan usaha, energi, dan panas. Selain itu juga banyak digunakan dalam penerapan ilmiah lainnya. Pembahasan joule ini mirip dengan pembahasan rumus usaha dalam fisika.

Sederhananya untuk mengenali usaha dalam fisika dapat digambarkan melalui seseorang yang melakukan dorongan maupun tarikan suatu benda. Dalam istilah lain, hal ini disebut dengan gaya yang diberikan akibat menarik atau mendorong. Terciptanya suatu usaha ini berarti dipengaruhi oleh gaya melalui dorongan maupun tarikan.

Kita dapat menarik suatu kesimpulan bahwa usaha ini dihasilkan oleh gaya yang dikerjakan suatu benda yang menyebabkan benda itu pindah tempat. Untuk mencari suatu joule kita perlu menggunakan rumus tertentu, sehingga dapat menemukannya dengan ttepat. Secara simbol, joule ditulis dengan menggunakan huruf "W" atau newton/joule. Untuk pembahasan lebih detailnya, ikuti artikel sahabat daun di bawah ini.

Cara Mencari Joule

Daun.id

sumber; pixabay.com

Ketika kita sedang mencari suatu joule, perlu memahami rumusnya terlebih dahulu. Rumusnya sangat singkat dan sederhana, tentunya sangat mudah untuk dipahami. Berikut ini rumus mencari joule:

1. Menghitung joule (usaha)

W = F × S

Keterangan:

W = usaha (newton / joule)
F = gaya ( newton )
S = jarak ( meter )

Jadi untuk mencari joule bisa dilakukan dengan mengkalikan gaya dengan jarak suatu benda. Untuk memudahkan dalam memahmi, cobalah kerjakan contoh soal di bawah ini!

Contoh soal:

Adi mendorong sebuah meja dengan gaya 100 N, meja tersebut di dorong sejau 10 meter. Tentukan joule atau usahanya!

Diketahui:

F = 100 N
S = 10 m
W = ?

Penyelesaian:

W = F x S
W = 100 x 10
W = 1000 Nm
W = 1000 Joule

Jadi usaha yang dilakukan saat mendorong sebuah meja di atas sebanyak 1000 joule.

2. Mencari joule (muatan listrik)

Selain dapat dilakukan dalam usaha, joule ini juga berkaitan dengan energi listrik.  Berikut ini rumus mencari joule dengan muatan listrik:

J = W x s

Keterangan:

J = Joule
W = Energi (watt)
s = Waktu (s)

Jadi banyaknya energi ini dikalikan dengan waktu lamanya, perhatikan contoh soal di bawah ini!

Contoh soal:

Suatu mobil listrik berjalan dengan kekuatan energi 1000 watt, mobil tersebut berjalan dengan waktu 300 s. Tentukan joule dari mobil listrik!

Diketahui:

W = 1000 Watt
S = 300 s
J = ?

Penyelesaian:

J = W x S
J = 1000 watt x 300 s
J = 300.000 joule

Jadi untuk menjalankan mobil listrik tersebut, membutuhkan energi listrik sebanyak 300.000 joule.

Demikianlah dua langkah dalam mencari joule yang dapat dilakukan. Pahami rumusnya, lalu membuat contoh soal sendiri di rumah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya