Cara Mencari Panjang Sisi Kubus, Lengkap Pengertian dan Contohnya

"begini caranya"

Life | 28 November 2022, 15:25
Cara Mencari Panjang Sisi Kubus, Lengkap Pengertian dan Contohnya

Daun.id - Seperti pengertian kubus sendiri adalah ruang tiga dimensi yang memiliki enam bidang sisi berbentuk bujur sangkar. Dalam geometri, Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut dengan Bidang enam beraturan, selain itu kubus juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segi empat, Kubus.

Selain itu, kubus juga disebut sebagai bidang enam beraturan dan ada juga yang bentuk khusus dalam prisma segiempat. Unsur-unsur kubus di antara lain adalah sisi, rusuk, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang, bidang diagonal, dan jaring-jaring kubus.

Mencari Sisi dari Kubus, berarti Mencari Rumus dari Luas Permukaan Kubus
Luas permukaan suatu benda adalah luas gabungan dari semua sisi permukaan benda tersebut. Luas permukaan kubus adalah jumlah luas seluruh sisi pada suatu kubus. Jumlah sisi kubus ada enam, maka rumus luas permukaan kubus adalah L = 6s2 dengan s adalah panjang sisi kubus.

Cara Mencari Luas Permukaan Kubus
1. Jika Panjang Satu Sisi Diketahui
Berikut ini adalah penjelasannya:
Daun.id

Rumus Volume, Luas permukaan dan Sifat Bangun ruang (1).png

- Pahami bahwa luas permukaan kubus terdiri dari luas keenam wajah kubus. Karena semua wajah kubus sebangun, bisa mencari area satu wajah dan mengalikan dengan 6 untuk mendapatkan total luas permukaan. Luas permukaan dapat ditemukan dengan menggunakan rumus sederhana: 6xs2, "s" merupakan sisi kubus.
- Temukan luas satu sisi kubus. Untuk mencari luas satu sisi kubus, carilah "s" yang merupakan panjang sisi kubus, lalu cari s2. Artinya akan mengkalikan panjang sisi kubus dengan lebar untuk mencari luasnya. Panjang dan lebar sisi kubus kebetulan sama. Jika salah satu sisi kubus atau "s" adalah 4 cm, maka luas sisi kubus adalah (4 cm)2, atau 16 cm2. Ingatlah untuk menyatakan jawaban dalam satuan persegi.
- Kalikan luas sisi kubus dengan 6. Nantinya akan mengetahui luas satu sisi kubus, dan sekarang saatnya mencari luas permukaan dengan mengalikan jumlah ini dengan 6. 16 cm2x6 = 96 cm2.

2. Jika Hanya Volume yang Diketahui
Temukan volume kubus. Misalnya volume kubus adalah 125 cm3.

- Carilah akar pangkat tiga dari volume. Untuk mencari akar pangkat tiga dari volume, cukup mencari angka yang dapat diakar-pangkatkan tiga, atau gunakan kalkulator. Hasilnya tidak selalu dalam bilangan bulat. Dalam hal ini, 125 adalah sebuah pangkat tiga, dan akar pangkat tiganya adalah 5, karena 5x5x5 = 125. Jadi, "s" atau salah satu sisi kubus, adalah 5.
- Masukkan jawaban ini ke dalam rumus untuk mencari luas permukaan kubus. Sekarang panjang satu sisi kubus diketahui, cukup masukkan ke dalam rumus untuk mencari luas permukaan kubus: 6 x s2. Karena panjang satu sisi adalah 5 cm, cukup masukkan ke dalam rumus seperti ini: 6 x (5 cm)2.

- Hitunglah. Dengan hitungan matematika, 6 x (5 cm)2 = 6 x 25 cm2 = 150 cm2.

Contoh Soal Luas Permukaan Kubus

1.Hitunglah luas permukaan kubus yang memiliki panjang sisi 4 cm!

Diketahui: s = 4 cm
Ditanya: L = ?

Jawaban:
L = 6(4)2
L = 6(16)
L = 96 cm2

Jadi, luas permukaan kubus dengan panjang sisi 4 cm adalah 96 cm2.

2.Hitunglah luas permukaan kubus yang memiliki panjang sisi 10 cm! 

Diketahui: s = 10 cm
Ditanya: L = ?

Jawaban:
L = 6(10)2
L = 6(100)
L = 600 cm2
Jadi, luas permukaan kubus dengan panjang sisi 10 cm adalah 600 cm2.

Jadi, luas permukaan suatu benda adalah luas gabungan dari semua sisi permukaan benda tersebut. Keenam sisi kubus sebangun, sehingga untuk mencari luas permukaan kubus cukup mencari luas permukaan salah satu sisi kubus lalu mengalikannya dengan enam. Untuk tahu cara mencari luas permukaan kubus, ikuti langkah berikut:

- Pahami bahwa luas permukaan kubus terdiri dari luas keenam wajah kubus. Karena semua wajah kubus sebangun, bisa mencari area satu wajah dan mengalikan dengan 6 untuk mendapatkan total luas permukaan. Luas permukaan dapat ditemukan dengan menggunakan rumus sederhana: 6xs2, "s" merupakan sisi kubus.

- Temukan luas satu sisi kubus. Untuk mencari luas satu sisi kubus, carilah "s" yang merupakan panjang sisi kubus, lalu cari s2. Artinya harus mengalikan panjang sisi kubus dengan lebar untuk mencari luasnya. Panjang dan lebar sisi kubus kebetulan sama. Jika salah satu sisi kubus atau "s" adalah 4 cm, maka luas sisi kubus adalah (4 cm)2, atau 16 cm2. Ingatlah untuk menyatakan jawaban dalam satuan persegi.

- Kalikan luas sisi kubus dengan 6. Terlebih dahulu telah mengetahui luas satu sisi kubus, dan sekarang akan mencari luas permukaan dengan mengalikan jumlah ini dengan 6. 16 cm2x6 = 96 cm2.

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network