Cara Mencari Keliling Lingkaran Jika Diketahui Diameternya

"Rumus pratis menemukan keliling lingkaran."

Tech | 05 December 2022, 18:53
Cara Mencari Keliling Lingkaran Jika Diketahui Diameternya

Daun.id - Lingkaran merupakan salah satu bangun datar dalam pembahasan mata pelajaran matematika. Lingkaran ini memiliki garis lengkung yang saling bertemu, pada jarak yang sama dari titik pusat. Kedudukan titik-titik pada bidang datar berjarak sama dengan sebuah titik tertentu yang disebut dengan titik pusat lingkaran.

Dalam materi bangun datar, rumus yang sering dibahas ialah mencari keliling. Keliling lingkaran ialah suatu jarak yang terdapat pada bagian luar lingkaran. Selain terdiri dari keliling, lingkaran juga terdiri dari jari-jari dan diameter. Diameter merupakan garis melintang yang melintasi titik pusat lingkaran berada di tengah tepat.

Untuk mencari suatu keliling lingkaran, kita perlu memahami rumusnya terlebih dahulu. Mencari keliling lingkaran ini sangat penting untuk dipelajari, karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita mendapati beberapa kebutuhan yang berbentuk lingkaran.

Cara Mencari Keliling Lingkaran Jika Diketahui Diameternya

Daun.id

sumber; pixabay.com

Mencari suatu keliling lingkaran dapat dilakukan dengan menggunakan beragam rumus. Rumus yang digunakan tergantung pada persoalan yang disuguhkan, misalnya mencari keliling lingkaran jika diketahui diameternya. Berikut ini rumus-rumusnya:

K = π x d

Keterangan:

K = Keliling
π = 22/7 atau 3,14
d = diameter

Itulah rumus mencari suatu keliling lingkaran jika sudah diketahui diameternya. Agar dapat memahaminya lebih mendalam, mari mengerjakan beberapa soal di bawah ini!

Contoh soal:

Sebuah lingkaran memiliki panjang diameter 15 cm, tentukan keliling lingkaran!

Diketahui:

π = 22/7 atau 3,14
d = 15 cm
K = ?

Penyelesaian:

K = π x d
K = 3,14 x 15
K = 47,1 cm

Jadi keliling lingkaran di atas diketahui 47,1 cm

Rumus mencari keliling lingkaran juga dapat dilakukan melalui beberapa rumus lainnya. Misal jika diketahui jari-jari, berikut ini rumusnya:

K = π x r x 2

Keterangan:

K = Keliling
π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari

Perlu diketahui jari-jari merupakan setengah dari diameter lingkaran. Agar lebih mudah memahami, mari mengerjakan latihan soal di bawah ini!

Contoh soal:

Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 5 cm, tentukan keliling lingkaran tersebut!

Diketahui:

π = 22/7 atau 3,14
r = 5 cm
K = ?

Penyelesaian:

K = π x r x 2
K = 3,14 x 5 x 2
K = 31,4 cm

Keliling lingkaran di atas ialah 3,14 cm.

Demikianlah langkah-langkah mencari keliling lingkaran jika diketahui diameter hingga jari-jari lingkaran. Selanjutnya buatlah contoh soal di rumah.

(rian adi kurniawan/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network