3 Cara Mencari Amanat Dalam Sebuah Dongeng, Kenali Ciri dan Jenisnya

"Langkah praktis menemukan sebuah amanat dalam dongeng."

Tech | 06 December 2022, 15:40
3 Cara Mencari Amanat Dalam Sebuah Dongeng, Kenali Ciri dan Jenisnya

Amanat merupakan suatu pesan moral yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain secara langsung maupun melalui suatu karya. Sedangkan secara umum, amanat memiliki pengertian sebuah kata yang memiliki arti pesan, nasihat, atau keterangan. Sedangkan amanat dalam dongeng merupakan sebuah pesan moral yang disampaikan melalui karya cerita atau dongeng.

Sebelum masuk lebih jauh tentang amanat dalam sebuah dongeng. Mari kita mengenal beberapa istilah amanat menurut para ahli, sebagai berikut:

- Wahyudi Siswanto (2008)

Amanat ialah suatu gagasan yang mendasari karya sastra, pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca maupun pendengar. Dalam karya sastra modern, amanat ini umumnya tersirat, sedangkan dalam karya sastra lama, amanat umumnya tersurat.

- Sadikin (2010)

Amanat ialah pemecahan masalah atau disebut juga dengan makna yang diberikan oleh seorang pengarang di dalam suatu karya sastra.

- Engkos Kosasih (2006)

Amanat merupakan suatu pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca melalui karya tulis, sehingga pembaca dapat menarik suatu kesimpulan dari karya tulis.

- Rusiana (1982)

Amanat ialah suatu ajaran moral atau pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Bisa juga dikatakan suatu hal penting yang harus direnungkan para pembaca.

Jika kita melihat beberapa pengertian amanat menurut para ahli di atas. Dapat menarik kesimpulan, bahwa amanat ialah suatu pesan moral yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain baik secara langsung maupun melalui suatu karya.

Cara Mencari Amanat Dalam Sebuah Dongeng

Daun.id

sumber; pixabay.com

Dalam mencari suatu amanat dalam sebuah dongeng kita perlu melakukan beberapa langkah terlebih dahulu. Sehingga dapat menangkap amanat penulis dongeng yang kita baca. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Bacalah dongeng dari awal hingga akhir sebuah cerita.

2. Cermati dalam dongeng yang Anda baca, apakah ada kalimat ajakan. Salah satu tanda amanat terkadang berisi kalimat ajakan.

3. Setelah membaca dongeng, amatilah beberapa kalimat yang terkandung di dalamnya. Amanat berisi tentang pesan moral.

Selain mencari amanat dalam sebuah dongeng, kita juga perlu mengetahui bentuk-bentuk amanat. Sebagai berikut:

- Amanat tersirat, suatu pesan moral yang disampaikan seseorang secara implisit (tersembunyi). Jenis amanat ini, biasanya hanya diketahui oleh pengarang dan pembaca yang mengerti alur cerita. Amanat ini terdapat dalam suatu dongeng baik secara keseluruhan maupun dalam bagian tertentu saja.

- Amanat tersurat, pesan moral yang disampaikan secara langsung dengan jelas oleh pengarangnya. Jenis amanat ini akan lebih mudah ditangkap oleh para pembaca, penonton, hingga pendengar.

Demikianlah dua jenis amanat yang dapat diketahui. Kenali jenis-jenisnya agar dapat dengan mudah mencari amanat dalam sebuah dongeng.

Sementara itu kenali beberapa ciri-ciri amanat sebagai berikut ini:

- Amanat bisanya bisa didapati atau disampaikan di akhir cerita.

- Amanat dapat saja disampaikan secara langsung baik secara tersirat melalui karakter tokoh dalam suatu dongeng.

- Amanat dalam suatu dongeng dapat diketahui secara jelas dengan bentuk seruan, nasihat, peringatan, saran, dan lain sebagainya.

- Pesan moral atau amanat yang disampaikan oleh pengarang memiliki tujuan untuk mengajak para pembaca, penonton, maupun pendengar ke arah yang lebih baik.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencari suatu amanat dalam dongeng. Langkah ini sangat mudah untuk dilakukan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya