Bacaan Sholat Jenazah Teks Arab, Latin dan Arti Lengkap dengan Tata Caranya

"Berikut ini adalah bacaan sholat jenazah teks arab, latin dan arti berseta tata caranya."

Life | 07 December 2022, 16:41
Bacaan Sholat Jenazah Teks Arab, Latin dan Arti Lengkap dengan Tata Caranya

Dalam hadits nabi SAW, kewajiban sholat jenazah dijelaskan dalam riwayat Imam Muslim, Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi dan Imam Malik:

Dari Abu Hurairah ra, "Sesungguhnya Rasulullah SAW memberitahu kepada manusia atas kematian Najasyi pada hari di mana dia meninggal, kemudian beliau keluar bersama mereka ke musholla, lalu sholat dan bertakbir dengan empat kali takbir." (HR. Imam Muslim, Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi dan Imam Malik)

Selain itu, dijelaskan pula dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Daruquthni dan Al Khatib dalam Tarikh Al-Baghdad:

Dari Abdullah ibnu Umar ra, "Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Sholatlah di belakang orang yang berucap: Laa Illaaha Illallah, dan sholatilah atas orang yang mati dari ahli Laa Ilaaha Illallah." (HR. Imam Daruquthni dan Al Khatib.)

Apa itu Sholat Jenazah?

Shalat jenazah adalah sholat yang dilaksanakan ketika ada seorang muslim meninggal dunia. Setiap ada yang meninggal dunia, yang hidup memiliki kewajiban untuk mensholatinya. Hukum sholat jenazah ialah fardhu kifayah, artinya jika sudah ada yang melaksanakannya maka gugurlah kewajiban muslim yang lainnya. Walaupun hanya satu orang saja.

Seperti halnya ibadah lainya, sholat jenazah juga memiliki beberapa rukun. Akan tetapi dalam cara pelaksanaannya tidak sama dengan sholat wajib. Jika sholat wajib memiliki jumlah rakaat, namun tidak dengan sholat jenazah. Maka sebelum melakukan sholat jenzah, penting bagi kita untuk mengetahui rukun dan tata cara pelaksanaannya.

Rukun sholat jenazah dan tata cara pelaksanaannya

Dalam pelaksanaan sholat jenazah sangat berbeda dengan sholat wajib. Terlebih pada rukun dan tata caranya, begitu juga dengan jenazahnya. Berbeda jenis kelamin jenazah, berbeda pula bacaan doanya. Berikut ini rukun dan tata caranya :

1. Niat, dilafalkan dengan hati dan lisan bersamaan dengan takbiratul ihram. Lafal niatnya berbeda, tergantung jenis kelamin jenazahnya.

Lafal niat sholat jenazah (laki-laki):

أُصَلِّيْ عَلَى هٰذَا الـمَيِّتِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Teks latin: Ushalli ‘alâ hâdzal mayyiti fardlan lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “Aku niat shalat atas jenazah (laki-laki) ini fardhu karena Allah ta’âlâ.”

Lafal niat sholat jenazah (perempuan):

أُصَلِّي عَلَى هٰذِهِ الـمَيِّتَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Teks latin: Ushalli ‘alâ hâdzihil mayyitati fardlan lillâhi ta’âlâ

Artinya: “Aku niat shalat atas jenazah (perempuan) ini fardhu karena Allah ta’âlâ.”

2. Berdiri, rukun ini ditunjukkan bagi orang yang mampu berdiri. Jika tidak mampu berdiri, bisa dilaksanakan dengan duduk.

3. Takbir sebanyak empat kali, disunnahkan dengan mengangkat kedua tangan. Emapat kali ini termsuk takbiratul ihhram.

4. Membaca surat Alfatihah, surat ini dibaca setelah melakukan takbir pertama atau takbiratul ihram. Setelah surat fatihah selesai maka ditandai dengan takbir kedua.

5. Membaca sholawat, pada takbir kedua. Saat selesai membaca kemudian melanjutkan takbir ketiga. Berikut ini bacaan sholawatnya :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Teks latin: Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âli sayyidinâ Muhammad, kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm wa ‘alâ âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad, wa ‘alâ âli sayyidinâ Muhammad, kamâ bârakta ‘alâ sayyidina Ibrâhîm wa ‘alâ âli sayyidinâ Ibrâhîm fil ‘âlamîna innaka hamîdun majîd.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

6. Mendoakan jenazah, dibaca setelah takbir ketiga dan setelah membaca melakukan takbir ke empat. Untuk doa jenazah perempuan dan laki-laki bacaanya berbeda.

Untuk jenazah perempuan :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Teks latin: Allâhummaghfir lahâ warhamhâ wa ‘âfihâ wa‘fu anhâ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia".

Untuk jenazah laki-laki :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Teks latin: Allâhummaghfir lahu warhamhu wa ‘âfihi wa‘fu anhu

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia.

Setelah itu melakukan takbir keempat dan membaca doa selanjutnya. Untuk doa lebih lengkapnya akan kami bahas di bawah, setelah mengulas rukun dan tata cara shalat jenazah.

7. Membaca salam, salam dilakukan setelah takbir keempat dan setelah membaca doa.

Itulah beberapa rukun sholat jenazah dan tata cara pelaksanaannya. Dalam pelaksanaanya harus dilakukan berurutan.

Bacaan Sholat Jenazah Lengkap


Bacaan doa ini dibaca setelah melakukan takbir ketiga dalam rukun sholat jenazah. Berikut ini secara lengkapnya.

Doa untuk jenazah laki-laki:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Teks latin: Allâhummaghfir lahu warhamhu wa ‘âfihi wa‘fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmâ’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihi minal khathâyâ kamâ naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhu dâran khairan min dârihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhu al-jannata wa a’idzhu min ‘adzâbil qabri wa min adzâbinnâr.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Doa untuk jenazah perempuan:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Teks latin: Allâhummaghfir lahâ warhamhâ wa ‘âfihâ wa‘fu anhâ wa akrim nuzulahâ wa wassi’ madkhalahâ waghsilhâ bilmâ’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihâ minal khathâyâ kamâ naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhâ dâran khairan min dârihâ wa ahlan khairan min ahlihâ wa zaujan khairan min zaujihâ wa adkhilhâ al-jannata wa a’idzhâ min ‘adzâbil qabri wa min adzâbinnâr.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Setelah membaca doa di atas, dilanjutkan dengan melakukan takbir yang keempat. Setelah takbir keempat ini, disunnahkan untuk membaca doa berikut ini.

Untuk jenazah laki-laki:

اَللّٰهُمَّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنَّا بَعدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allâhumma lâ tahrimnâ ajrahu wa la taftinna ba’dahu waghfir lanâ wa lahu

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

Untuk jenazah perempuan:

اَللّٰهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهَا

Allâhumma lâ tahrimnâ ajrahâ wa la taftinna ba’dahâ waghfir lanâ wa lahâ

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.

Setelah membaca doa, langsung diakhiri dengan membaca salam. Itulah bacaan doa sholat jenazah secara lengkap untuk jenazah perempuan dan laki-laki. Dilengkapi Rukun dan Tata Caranya.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya