Bacaan Sebelum Sholat Agar Khusyuk

"Berikut adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum sholat agar khusyuk."

Life | 16 December 2022, 19:03
Bacaan Sebelum Sholat Agar Khusyuk

Sholat adalah tiang agama. Umat Islam wajib untuk melaksanakan sholat lima waktu, yaitu sholat Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Sholat memiliki syarat dan rukun yang harus dipenuhi agar sholat menjadi sah.

Bacaan Sebelum Sholat Agar Khusyuk

Sebagai bentuk usaha atau ikhtiar agar sholat menjadi khusyuk, umat Muslim senantiasa dianjurkan untuk membaca doa sebelum mengerjakan sholat, agar terhindar dari godaan syaitan. Berikut doa agar sholat khusyuk.

للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعْ وَمِنْ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعْ وَمِنْ عَمَلٍ لَا يُرْفَعْ وَمِنْ نَفْسٍ لَاتَشْبَعْ وَمِنْ دُعَاءٍ لَايُسْتَجَبُ لَه

“Allahumma Inni a'udzubika min ilmin la yanfa’ wa min qalbin la yakhsya’ wa min amalin la yurfa’ wa min nafsin la tasyba’, wa min du’ain la yustajabu lahu.”

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, amal yang tidak terangkat, nafsu yang tidak pernah puas dan doa yang tidak didengar.” (HR. Ahmad)

Tips Mendapatkan Ketenangan dalam Sholat

Selain dari membaca do'a, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar sholat mendapatkan kekhusyukan. Dilansir dari buku Panduan Sholat Khusyuk dengan Hypnotheraphy & Self-Hypnosis oleh Ongky Hojanto, berikut beberapa tips agar mendapat ketenangan dalam sholat.

1. Sholat tepat waktu
Saat mengerjakan sholat, hendaknya mengerjakannya secara tepat waktu dan tidak menunda. Begitupun dengan melaksanakan sholat, sadari bahwa kita akan bertemu dengan Allah SWT.

Anggap setiap sholat seperti akan beribadah untuk terakhir kalinya. Dengan begitu, seseorang akan fokus dan khusyuk dalam melaksakan setiap sholat.

2. Mengerjakan sholat dengan benar
Ketika hendak mengerjakan ibadah sholat dengan khusyuk, kerjakanlah dengan benar. 'Benar' dalam arti ketika mengerjakan sholat sesuai dengan tuntunan yang diajarkan, dikerjakan dengan tuma’ninah, tidak terburu-buru, dan dengan niat yang ikhlas.

3. Sholat di tempat yang nyaman

Mendapatkan ketenangan beribadah bisa dilakukan di tempat yang bersih. Usahakan untuk mengerjakan sholat di tempat yang nyaman, bersih, dan tenang. Dengan suasana seperti itu, menjalankan ibadah pun akan khusyuk.

4. Memahami makna bacaan sholat
Umat Muslim bisa mencoba untuk memahami arti bacaan sholat agar mendapat ketenangan dalam beribadah. Dengan memahami bacaan sholat, seorang Muslim akan senantiasa menghayati setiap bacaannya. Pikiran pun juga bisa lebih fokus dalam melaksanakan sholat.

5. Memperbanyak dzikir

Tips mendapatkan ketenangan dalam sholat yang terakhir yakni teruslah untuk memperbanyak zikir di waktu yang tenang. Misalnya, saat selesai sholat malam atau selepas sholat dhuha di masjid.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya