Bacaan Itidal dalam Sholat, Dilengkapi Teks Arab, Latin beserta Artinya

"yuk simak"

Life | 22 December 2022, 08:09
Bacaan Itidal dalam Sholat, Dilengkapi Teks Arab, Latin beserta Artinya

Itidal adalah gerakan bangkit dari ruku bagian dari rukun salat yang wajib dilakukan. Dikutip dari buku Panduan Shalat Doa dan Dzikir, itidal merupakan masdar dari kata i'tadala-ya'tadilu-i'tidalan. "Artinya adalah seimbang, rata, tegak".

Salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan dan dijalankan ialah sholat. Begitu pula sholat yang wajib didirikan ialah 5 waktu. Di antaranya ada sholat shubuh, dluhur, asar, maghrib, isya. Juga sholat dapat dikatakan sah apabila melakukan urutan rukunnya dengan tepat.
Daun.id

sumber: pexels

Rukun Sholat sebagai berikut:
1. Berdiri (bagi yang mampu)
2. Takbiratul ihram
3. Membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat
4. Rukuk dan tuma’ninah
5. Iktidal setelah rukuk dan tuma'ninah
6. Sujud dua kali dengan tuma'ninah
7. Duduk selang dua sujud dengan tuma'ninah
8. Duduk dan membaca tasyahud akhir
9. Membaca salawat nabi pada tasyahud akhir
10. Membaca salam yang pertama
11. Tertib (melakukan rukun secara berurutan)

Dan apabila meninggalkan atau melupakan atau melewatkan salah satu rukun sholat tersebut. Harus menggantinya dengan sujud sahwi. Di antara rukun sholat ialah itidal. Yakni gerakan bangkit dari ruku bagian dari rukun sholat yang wajib dilakukan. Berikut bacaan itidal tasmi:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Sami’allahu liman hamidah

Arinya: “Aku mendengar orang yang memuji-Nya.”

Bacaan tersebut wajib dibaca oleh orang yang melaksanakan sholat baik sebagai imam, makmum, ataupun salat sendirian. Setelah membaca itidal tasmi dan berdiri tegak, dilanjutkan dengan membaca bacaan itidal tahmid:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Rabbanaaa lakal hamdu mil-ussamaawaati wa mil-ul-ardhi wa mil-u maa syik-ta min syai-im ba’du

Artinya: “Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu.”

Syarat Itidal
Mengutip penuturan Syekh Nawawi, mendefinisikan itidal sebagai kembalinya orang yang sholat pada posisi sebelum ia melakukan ruku. Penerapan gerakan ini berlaku bagi orang yang salat dalam keadaan berdiri, atau pada posisi duduk.

Sebagaimana ruku itidal, gerakan sholat ini memiliki tiga syarat dalam pelaksanaannya. Ketiga syarat itidal tersebut, adalah sebagai berikut:

- Bangunnya dari ruku tidak bermaksud untuk tujuan lain, selain itidal itu sendiri
- Tuma'ninah, pada saat melakukan itidal harus dibarengi dengan tuma'ninah, yaitu posisi tubuh tegap berdiri dalam keadaan diam dan tenang selama membaca kalimat tasbih
- Itidal tidak dilakukan dengan berdiri dalam waktu yang lama melebihi lamanya berdiri pada saat membaca surat Al-Fatihah, karena itidal merupakan rukun pendek dan tidak boleh berkepanjangan. Oleh karena itu, itidal hanya berlaku dikerjakan sependek mungkin, sebab setelah itu harus segera dilanjutkan untuk sujud 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya