Bacaan Hadist Sholat, Ketahui Pengertian dan Keutamaannya

"berikut serta keutamaannya"

Life | 22 December 2022, 09:52
Bacaan Hadist Sholat, Ketahui Pengertian dan Keutamaannya

Sholat adalah salah satu jenis ibadah di dalam agama Islam yang dilakukan oleh Muslim. Kegiatan salat meliputi perkataan dan perbuatan yang diawali dengan gerakan takbir dan diakhiri dengan gerakan salam. Kedudukan sholat di dalam Islam ialah sebagai rukun Islam yang kedua.

Bacaan Hadist Sholat, Ketahui Pengertian dan Keutamaannya
Perintah menunaikan ibadah sholat 5 waktu bagi umat Muslim telah tertulis jelas di Alquran dan berbagai hadis riwayat Rasulullah SAW. Berikut ini kumpulan bacaan hadis tentang sholat yang perlu diketahui, berikut dengan keutamaan dari sholat:
Daun.id

sumber: pexels

1. Amalan yang Dihisab Pertama
Sholat adalah amalan yang dihisab pertama kali saat hari penghakiman.

Dari Anas RA, Nabi SAW bersabda: "Yang pertama kali akan dihisab dari seseorang pada hari kiamat adalah sholat. Jika salatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Jika sholatnya rusak akan rusak pula seluruh amal perbuatannya." (Thabrani)

2. Perintah Sholat Sejak Usia Dini
Keutamaan lainnya adalah berkaitan dengan perintah sholat sejak usia dini. Diketahui, anak-anak berusia 10 tahun telah diperintahkan untuk sholat 5 waktu.

Dari 'Abdullah bin 'Amr Radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Suruhlah anak kalian sholat ketika berumur 7 tahun dan pukulah mereka ketika berusia 10 tahun (jika mereka meninggalkan sholat). Dan pisahkanlah tempat tidur mereka (antara anak laki-laki dan anak perempuan)!" (Hadis hasan diriwayatkan oleh Abu Dawud, no. 495; Ahmad, II/180, 187; Al-Hakim, I/197)

3. Membawa Kenyamanan Hati
Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga meminta sahabatnya Bilal untuk mendirikan sholat. Sebab, ibadah tersebut bisa membuat hati nyaman.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

قُمْ يَا بِلَالُ فَأَرِحْنَا بِالصَّلَاةِ

Artinya: "Wahai Bilal, berdirilah. Nyamankanlah kami dengan mendirikan sholat."

4. Ibadah Tiang Agama
Sholat 5 waktu adalah ibadah yang dijuluki sebagai tiang agama.

Hal ini sebagaimana dengan hadis tentang sholat. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Sholat adalah tiang agama, barang siapa mendirikannya, maka sungguh ia telah menegakkan agama (Islam) itu dan barang siapa meninggalkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu".

5. Terhindar dari Perbuatan Keji
Selain itu, keutamaan sholat bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar. Perbuatan tersebut harus dihindari, karena dibenci oleh Allah SWT.

Berdasarkan ayat dan hadis tentang salat ini, terdapat dalam Alquran Surat Al-Ankabut ayat 45. Allah SWT berfirman:

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Artinya: "Bacalah Kitab (Alquran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

6. Menghapus Dosa Besar
Sholat 5 waktu juga merupakan penggugur dosa bagi yang menjalankannya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Di antara sholat yang lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya, di antara Ramadan yang satu dan Ramadan lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim no. 233).

7. Penolong di Kala Kesulitan
Hadis tentang sholat juga berkaitan dengan mendapat pertolongan dari Allah SWT. Bunyi hadis ini terdapat dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 45 yang berbunyi:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya: "Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan salat itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Hudzaifah radhiyallahu 'anhu, beliau mengatakan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ، صَلَّى

Artinya: "Dahulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau mendirikan sholat."

8. Penggugur Dosa Kecil Manusia
Hadis tentang sholat lainnya juga berkaitan dengan penggugur dosa kecil yang dimiliki manusia. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Bagaimana pendapatmu jika di depan pintu rumahmu ada sungai, lalu engkau mandi sehari lima kali? Apakah tersisa kotoran di badannya? Para sahabat menjawab, tidak akan tersisa kotoran sedikit pun di badannya. Rasulullah SAW pun bersabda, itu adalah permisalan untuk sholat lima waktu. Dengan sholat lima waktu, Allah Taala menghapus dosa-dosa (kecil)."

9. Amal Paling Utama
Sholat adalah salah satu amal yang paling utama dalam Islam.
Daun.id

sumber: pixabay

Hal ini seperti pada hadis berikut, yang berbunyi:

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْعَمَلِ أفضل؟ قال: «الصلاة في وَقْتِهَا» . قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ» . قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ «بِرُّ الْوَالِدَيْنِ» ، قَالَ: حَدَّثَنِي بِهِنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم ولو استزدته لزادني

Artinya: "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW., "Amal apakah yang paling utama?" Ia menjawab, "Mengerjakan sholat pada waktunya."

Aku berkata lagi, "Kemudian apa lagi?" Beliau menjawab, "Berjihad di jalan Allah." Aku bertanya lagi, "Lalu apa lagi?" Beliau menjawab, "Berbakti kepada kedua orang tua."

Ibnu Mas'ud mengatakan, "Semua itu diceritakan oleh Rasulullah SAW kepadaku. Seandainya aku meminta keterangan yang lebih lanjut, niscaya beliau akan menambahkannya."

10.  Perlindungan di Hari Kiamat
Keutamaan sholat 5 waktu juga dapat memberikan kebaikan yang melimpah bagi umat Islam.

Berdasarkan hadis riwayat Ahmad, dari 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhuma, Nabi SAW mengingatkan tentang sholat pada suatu hari.

Kemudian, beliau berkata yang artinya: "Siapa saja yang menjaga salat, maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yang tidak menjaga sholat, dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf."

11. Amalan yang Dicintai Allah SWT
Sholat sebagai tiang agama juga dikaitkan dengan amalan yang disukai Allah SWT.

Hal ini ditegaskan dalam sebuah firman Allah SWT yang berbunyi:

حَدَّثَنَا يُونُسُ، حَدَّثَنَا لَيْثٌ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ غَنَّامٍ، عَنْ جَدَّتِهِ أُمِّ أَبِيهِ الدُّنْيَا، عَنْ جَدَّتِهِ أُمِّ فَرْوَة -وَكَانَتْ مِمَّنْ بَايَعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهَا سَمِعَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ

عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَذَكَرَ الْأَعْمَالَ، فَقَالَ: "إِنَّ أَحَبَّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تعجيلُ الصَّلَاةِ لِأَوَّلِ وَقْتِهَا

Artinya: "Telah menceritakan kepada kami Yunus, telah menceritakan kepada kami Lais, dari Abdullah ibnu Umar ibnu Hafs ibnu Asim, dari Al-Qasim ibnu Ganam, dari neneknya (yakni ibu ayahnya yang bernama Ad-Dunia), dari neneknya (yaitu Ummu Farwah).

Ummu Farwah termasuk salah seorang sahabat wanita yang ikut berbaiat kepada Rasulullah SAW.

Bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW menyebut tentang berbagai amal perbuatan. Beliau bersabda, "Sesungguhnya amal perbuatan yang paling disukai Allah ialah menyegerakan sholat pada awal waktunya."

12. Menjaga Emosional dan Kejiwaan
Hadis tentang sholat berkaitan dengan penyejuk hati dan penghibur kejiwaan. Bagi siapa pun yang melakukan sholat akan merasakan kenyamanan dan ketenangan batin.

Berdasarkan hadis riwayat An-Nasa'i dan Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

حُبِّبَ إِلَيَّ مِنَ الدُّنْيَا النِّسَاءُ وَالطِّيبُ، وَجُعِلَ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ

Artinya: "Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah sholat." 

Artinya, sholat bisa membawa kesenangan dan terhindar dari perasaan kacau balau.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya