Bacaan Sholat Unsi, Hadiah untuk Orang Meninggal

"Pahala sholat Unsi perlu kamu ketahui."

Life | 23 December 2022, 16:55
Bacaan Sholat Unsi, Hadiah untuk Orang Meninggal

Sholat Unsi adalah sholat hadiah yang pahalanya untuk orang meninggal. Ulama Syafi'iyah menganjurkan sholat dua rakaat ini dilaksanakan, namun sebaiknya dilakukan untuk jenazah yang baru saja dikubur agar dapat meringankan beban jenazah di alam kubur. Bagi kamu yang ingin mengetahui niat sholat Unsi dapat menyimak penjelasan berikut:

Niat sholat Unsi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun niat sholat Unsi ialah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الهَدِيَّةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal hadiyyati rak‘ataini lillahi ta‘ala

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah hadiah dua rakaat karena Allah SWT,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 21).

Pahala sholat Unsi

Adapun pahala dalam melakukan sholat Unsi tersebut juga bisa mengalir untuk mereka yang mengamalkannya. Hal ini tercantum dalam sebuah hadits sebagai berikut, yakni:

أن فاعل ذلك له ثواب جسيم, منه أنه لا يخرج من الدنيا حتى يرى مكانه فى الجنة

Artinya: “Siapa saja yang melakukan sedekah atau sembahyang itu, akan mendapat pahala yang besar. Di antaranya, ia takkan meninggalkan dunia sampai melihat tempatnya di surga kelak.”

Tata cara sholat Unsi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Syekh M Nawawi Banten pada Kitab Nihayatuz Zain menerangkan sebuah riwayat tentang tata cara sholat Unsi, yakni:

روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال لا يأتى على الميت أشد من الليلة الأولى, فارحموا بالصدقة من يموت. فمن لم يجد فليصل ركعتين يقرأ فيهما: أي في كل ركعة منهما فاتحة الكتاب مرة, وآية الكرسى مرة, وألهاكم التكاثر مرة, وقل هو الله أحد عشر مرات, ويقول بعد السلام: اللهم إني صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد, اللهم ابعث ثوابها إلى قبر فلان بن فلان فيبعث الله من ساعته إلى قبره ألف ملك مع كل ملك نور وهدية يؤنسونه إلى يوم ينفخ فى الصور

Artinya: Diriwayatkan dari Rasulullah, Ia bersabda, “Tiada beban siksa yang lebih keras dari malam pertama kematiannya. Karenanya, kasihanilah mayit itu dengan bersedekah. Siapa yang tidak mampu bersedekah, maka hendaklah sembahyang dua raka‘at. Di setiap raka‘at, ia membaca surat Al-Fatihah 1 kali, Ayat Kursi 1 kali, surat Attaktsur 1 kali, dan surat Al-ikhlash 11 kali. Setelah salam, ia berdoa, ‘Allahumma inni shallaitu hadzihis shalata wa ta‘lamu ma urid. Allahummab ‘ats tsawabaha ila qabri fulan ibni fulan (sebut nama mayit yang kita maksud),’ Tuhanku, aku telah lakukan sembahyang ini. Kau pun mengerti maksudku. Tuhanku, sampaikanlah pahala sembahyangku ini ke kubur (sebut nama mayit yang dimaksud), niscaya Allah sejak saat itu mengirim 1000 malaikat. Tiap malaikat membawakan cahaya dan hadiah yang kan menghibur mayit sampai hari Kiamat tiba.” [Syekh Nawawi Albantani,Nihayatuz Zain, [Bandung, Al-Maarif], halaman 107).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya