Urutan Bacaan Sholat Tarawih NU, Pahami Urutannya

"simak di bawah ini untuk lebih lanjutnya"

Life | 26 December 2022, 06:41
Urutan Bacaan Sholat Tarawih NU, Pahami Urutannya

Pada bulan suci Ramadhan, setiap muslim disunnahkan untuk mengerjakan sholat tarawih, sholat sunnah yang hanya ada pada bulan suci Ramadhan. Waktu pelaksanaannya pada malam hari, pada umumnya digelar setelah sholat isya. Biasanya sholat tarawih akan ditutup dengan sholat witir tiga rakaat.

Pada umumnya, umat muslim akan menggelar sholat tarawih secara berjamaah di masjid, mushola, hingga di rumah bareng keluarga. Ibadah sunnah yang hanya dapat dikerjakan di Bulan Ramadhan yaitu sholat tarawih. Sholat Tarawih merupakan salah satu amaliah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah saw selama hidupnya yang kemudian diteruskan oleh para sahabat dan umat Islam.

Al-Hafidh Ibnu Hajar al-‘Asqalani menjelaskan bahwa sholat Tarawih dengan shalat sunnah yang khusus dilakukan pada malam-malam Ramadhan. Dinamakan Tarawih karena orang yang melakukannya beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau istirahat setiap empat rakaat. (Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Fathul Bâri Syaru Shahîhil Bukhâri, [Bairut, Dârul Ma’rifah, 1998], juz IV, halaman 250). Rasulullah saw bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ  (متفق عليه)

Artinya: “Barang siapa melakukan sholat (Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).   Imam an-Nawawi dalam Syarhu Muslim menyatakan, yang dimaksud hadits di atas adalah sholat Tarawih. Dengan hadits ini mayoritas ulama sepakat bahwa hukumnya adalah sunnah.
Daun.id

sumber: pixabay

Adapun tata cara sholat tarawih versi Nahdlatul Ulama (NU) yang berjumlah 23 rakaat. Dari duapuluh tiga rakaat tersebut, 3 rakaat merupakan sholat witir

Berikut tata cara sholat terawih NU 23 rakaat.

1. Niat Sholat Tarawih
Bagi imam, maka adapun niat sholat tarawih yang bisa dilafalkan sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

"Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā."

"Aku menyengaja sembah yang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT."

2. Niat dalam hati serta mengucapkan kalimat takbir
3. Membaca Surat Al-Fatihah dan kemudian membaca salah satu surat dalam Al-Qur'an lalu dilanjutkan dengan rukuk
4. Itidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, lalu dilanjutkan dengan sujud kedua
5. Duduk sejenak lalu bangkit mengerjakan rakaat kedua
6. Bangkit dari duduk sejenak yang dilanjutkan dengan mengerjakan rakaat kedua
7. Kerjakan rakaat kedua sama dengan apa yang telah dilakukan pada rakaat pertama
8. Dilanjutkan dengan duduk tasyahud akhir lalu mengucap salam pada rakaat kedua
9. Laksanakan kembali shalat tarawih 2 rakaat dengan satu salam sampai 10 kali

Selain tata cara sholat tarawih NU 23 rakaat, adapun bacaan doa yang perlu untuk dilafalkan setelah menjalankan sholat witir. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah menjalankan ibadah sholat witir tiga rakaat.

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَا فِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَّامَ الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَا مَنَا وَقِيَا مَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

"Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wanas’aluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, Wanas’aluka syukra ‘alal ‘aafiyati, waanas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa, Watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin."

"Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, Kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW., demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam." 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya