7 Obat Radang Tenggorokan di Apotek yang Bisa Meredakannya

"Redakan radang tenggorokan dengan tepat."

Life | 28 December 2022, 19:09
7 Obat Radang Tenggorokan di Apotek yang Bisa Meredakannya

Radang tenggorokan merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi di saluran pernapasan atas. Radang tenggorokan umunnya bukan keadaan serius dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari. Apabila dibituhkan, dokter umumnya akan memberi rekomendasi obat radang tenggorokan. Adapun beberapa di antaranya mampu dijumpai dengan mudah di apotek tanpa perlu resep dari dokter.

Radang tenggorokan biasa dikenal dengan faringitis merupakan inflamasi atau peradangan yang muncul di tenggorokan (faring) sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman atau sakit untuk penderitanya. Kondisi ini sebenarnya adalah gejala dari gangguan kesehatan. Bagi kamu yang ingin mengetahui obat radang tenggorokan ialah sebagai berikut:

1. Obat kortikosteroid
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kamu dapat meminum obat radang tenggorokan di apotek dengan jenis kortikosteroid, misalnya prednisone, methylprednisolone, dan dexametason. Obat jenis tersebut dapat berupa tablet maupun suntikan dan disarankan dengan resep dokter sebelum meminumnya.

2. Obat antijamur

Tak hanya sebab infeksi bakteri atau virus, radang tenggorokan juga mampu diakibatkan karena infeksi jamur. Jika ingin mengatasinya, kamu perlu minum obat radang tenggorokan yang tersedia di apotek dengan kandungan antifungal (antijamur). Gejala infeksi jamur di mulut dan tenggorokan biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih di mulut atau pangkal tenggorokan.

3. Obat antihistamin

Umumnya dokter akan memberi resep obat antihistamin jika kondisi tersebut diakibatkan oleh rinitis alergi. Adapun contoh dari obat antihistamin yakni cetirizine, hydroxyzine, chlorpheniramine maleate (CTM), dan brompheniramine.

Mengutip Cleveland Clinic, terdapat sejumlah zat yang umumya menyebabkan alergi, misalnya bulu hewan, lateks, sengatan hewan, debu, serbuk bunga, dan makanan-makanan tertentu.

4. Obat antibiotik

Obat radang tenggorokan yang dapat dibeli di apotek selanjutnya ialah obat antibiotik, misalnya penicillin. Akan tetapi, obat tersebut hanya mampu mengatasi sakit tenggorokan yang terjadi karena infeksi bakteri. Obat ini umumnya juga tidak terlalu efektif dalam meredakan gejala sakit tenggorokan.

Apabila kondisi tersebut diakibatkan oleh infeksi virus atau alergi, sebaiknya kamu tidak minum obat ini sebab tidak efektif. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter guna memastikannya.

5. Obat antiseptik
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Radang tenggorokan umumnya diakibatkan oleh infeksi mikroorganisme. Sehingga, salah satu cara dalam meredakan radang tenggorokan ialah dengan memakai antiseptik. Kamu dapat membeli obat radang tenggorokan dengan kandungan antiseptik di apotek. Obat terebut bisa berupa obat minum, obat kumur, atau obat semprot. Antiseptik bisa membantu mengurangi jumlah bakteri yang mengakibatkan peradangan yang terjadi di tenggorokan.

6. Permen pelega tenggorokan (lozenges)

Obat radang tenggorokan berikutnya yang dapat diperoleh di apotek, yakni permen hisap pereda tenggorokan. Terdapat beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di supermarket juga dapat menjadi obat guna mengurangi rasa sakit karena radang.

Rata-rata permen pelega tenggorokan memiliki kandungan ekstrak mentol, peppermint, atau eucalyptus. Kandungan itu dapat memberikan efek sejuk serta sensasi hangat di tenggorokanmu.

Ketiga bahan alami ini juga mempunyai kandungan senyawa antiperadangan, antibakteri, dan antivirus yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

7. Obat pereda nyeri

Radang tenggorokan biasanya diakibatkan oleh infeksi virus. Keadaan tersbut umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus, maka pengobatan hanya dilaksanakan guna meredakan gejala yang terjadi.

Apabila kamu baru menderita sakit tenggorokan dan mengalami gejala, mislanya demam, pegal linu, dan tubuh lemas. Kamu dapat konsumsi obat pereda nyeri yang dapat dibeli di apotek.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya