Cataflam Obat Sakit Gigi, Ketahui Manfaat dan Kandungannya

"ketahui lebih lanjut"

Life | 30 December 2022, 09:01
Cataflam Obat Sakit Gigi, Ketahui Manfaat dan Kandungannya

Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita. Oleh karenanya si penderita melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam.

Biasanya si penderita akan mencari obat terlebih dahulu ke apotik untuk menangani rasa sakit tersebut. Salah satu obat sakit gigi tersebut adalah merk Cataflam.
Daun.id

sumber: pixabay

Kandungan Cataflam
Cataflam merupakan obat anti nyeri dengan kandungan Kalium Diklofenak. Kalium Diklofenak atau Potassium Diclofenac merupakan obat golongan Obat Antiinflmasi Non Steroid yang memiliki aktifitas antiinflamasi atau antiradang dan antinyeri. Obat ini digunakan untuk terapi akut & kronik tanda-tanda dan gejala-gejala RA (Rheumatoid Arthritis), OA (Osteoarthritis) & spondilitis ankilosa. Penatalaksanaan nyeri & dismenore primer, jika nyeri perlu diredakan dengan cepat. Pengobatan jangka pendek pada serangan migrain akut & nyeri & peradangan pasca operasi setelah operasi gigi & ortopedi. Dalam penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Cataflam untuk sakit gigi bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter. Meski menjadi obat yang umum untuk sakit gigi, ada baiknya mengetahui manfaat dari obat ini, dosis yang dianjurkan, serta efek samping yang mungkin terjadi sebelum mengonsumsinya.

Manfaat Cataflam untuk Sakit Gigi

Konsumsi cataflam bertujuan untuk meredakan nyeri atau sensasi nyut-nyutan akibat sakit gigi. Obat ini bekerja dengan cara memblokir zat kimia dalam tubuh yang disebut enzim siklo-oksigenase (COX).

Enzim ini membantu produksi zat kimia lain yang disebut prostaglandin. Prostaglandin diproduksi di jaringan atau bagian tubuh yang mengalami cedera atau kerusakan, yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Dengan memblokir efek enzim COX, prostaglandin yang diproduksi akan lebih sedikit, sehingga rasa sakit dan peradangan pada gigi pun dapat berkurang.

Dosis Cataflam yang Dianjurkan
Dosis cataflam
harus disesuaikan dengan berat atau ringannya gejala. Pada umumnya, dosis cataflam untuk sakit gigi yang direkomendasikan adalah 50 miligram.

Kalau nyeri itu belum kunjung mereda, bisa meminum dosis kedua dengan jarak 4–6 jam dari jadwal sebelumnya. Penting untuk diingat, dosis maksimal harian adalah 150 miligram, yang artinya tidak diperbolehkan minum cataflam lebih dari 3 kali sehari.

Karena kondisi tiap orang berbeda, namun tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mendapatkan anjuran dosis yang sesuai.

Cara Minum Cataflam
Cataflam sebaiknya dikonsumsi setelah makan untuk menghindari sakit maag. Hindari posisi berbaring setidaknya 10 menit setelah mengonsumsi obat ini. Jika mengonsumsi Cataflam ini dalam bentuk tablet, minum segelas air untuk membantu menelan tablet.

Efek Samping Cataflam
Di beberapa negara, cataflam hanya bisa didapatkan melalui resep dokter karena alasan keamanan. Hal ini karena tidak semua orang bisa mengonsumsi obat ini.

Cataflam tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk mereka yang pernah mengalami serangan jantung atau stroke. Hal ini karena konsumsinya diperkirakan dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Selain itu, konsumsi cataflam untuk sakit gigi juga tidak disarankan bagi yang menderita kondisi kesehatan berikut:
Daun.id

sumber: pixabay

- Asma atau gangguan alergi lainnya
- Tukak lambung atau radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis - ulseratif
- Hamil atau menyusui
- Memiliki faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar kolesterol tinggi, atau diabetes
- Gangguan pembekuan darah
- Gangguan hati atau ginjal
- Pernah mengalami reaksi alergi terhadap OAINS lain seperti aspirin, naproxen, indometacin, dan ibuprofen, atau obat lainnya

Efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi obat ini di antaranya adalah gangguan pencernaan, seperti mulas, sembelit, kembung, hingga pendarahan lambung. Untuk meminimalkan risiko ini, kemudian dianjurkan untuk minum cataflam pada dosis terendah dalam periode sesingkat mungkin.

Hindari mengonsumsinya lebih dari dosis yang dianjurkan atau tanpa saran dokter. Patuhi dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter.

Konsumsi cataflam untuk sakit gigi tidak dapat mengatasi masalah pada gigi si penderita. Jadi, meskipun sakit gigi yang dirasakan sudah reda, tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya