Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional, Bisa Dicoba Sendiri

"simak di bawah ini untuk lebih lanjut"

Life | 30 December 2022, 20:35
Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional, Bisa Dicoba Sendiri

Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita. Oleh karenanya si penderita melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.
Daun.id

sumber: pixabay

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam. Selain minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol, sakit gigi karena gigi berlubang juga dapat diredakan menggunakan bahan-bahan alami. Obat sakit gigi berlubang juga ada yang diramu dengan bahan tradisional meliputi beragam bahan herbal yang dipercaya dapat meredakan bengkak, nyeri, serta untuk melawan bakteri yang ada dalam gigi.

Gejala nyeri yang terjadi di gigi berlubang bisa berbeda pada tiap orang, tergantung pada lokasi dan ukuran lubang di gigi. Ketika lubang baru terbentuk dan berukuran kecil, gejalanya mungkin tidak langsung terasa. Namun jika lubangnya cukup besar, gejala yang dirasakan meliputi nyeri, ngilu, bau mulut, dan gigi menjadi berwarna kecokelatan atau menghitam.

Obat sakit gigi berlubang dengan bahan tradisional, yang berasal dari bahan herbal memang tidak dapat langsung mengatasi masalah pada gigi dan mengembalikan kondisi gigi seperti sedia kala. Meski demikian, penggunaannya dapat membantu meredakan gejala mengganggu yang timbul akibat gigi berlubang.

Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional

Mulai dari bahan yang ada di dapur hingga rempah-rempah, berikut adalah obat sakit gigi berlubang tradisional yang mudah ditemukan:

1. Bawang Putih
Zat allicin yang terkandung dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri, sehingga dianggap bisa membasmi bakteri penyebab plak. Untuk menggunakan bawang putih pada gigi berlubang, hancurkan 1 siung bawang putih, lalu oleskan di permukaan gigi. Bisa juga mencoba cara yang lebih praktis yaitu dengan mengunyah 1 siung bawang putih segar secara perlahan-lahan.

2. Minyak cengkeh
Minyak cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami. Khasiatnya sebagai obat sakit gigi berlubang tradisional adalah untuk membasmi bakteri, mengurangi peradangan, dan memberikan efek mati rasa pada area yang alami nyeri.

Cara menggunakannya, campurkan 15 tetes minyak cengkeh dengan 30 ml carrier oil, seperti minyak kelapa atau minyak bunga matahari. Kemudian, celupkan bola kapas ke campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang nyeri.

Alternatif lainnya, tambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air, lalu gunakan air tersebut sebagai obat kumur.

3. Vanila
Ekstrak vanila mengandung alkohol yang membantu membunuh bakteri dan membuat area gigi berlubang mati rasa. Selain itu, kandungan antioksidannya membantu penyembuhan.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, gunakan ekstrak vanila asli, bukan vanila esens. Cara menggunakannya, oleskan ekstrak vanila ke bola kapas dan tempelkan di area gigi berlubang untuk menghilangkan nyeri sementara.

4. Kunyit
Kunyit dikenal sebagai tanaman herbal yang bersifat antiperadangan dan antibakteri. Sebuah studi mengungkap, kunyit dapat mencegah radang gusi dan membantu menghilangkan bakteri serta plak gigi.

Cara penggunaannya cukup mudah. Buat pasta kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit atau kunyit yang telah diparut dengan sedikit air. Oleskan pasta ini ke gigi yang bermasalah.

5. Daun jambu
Daun jambu bersifat antibakteri sehingga dapat membantu membasmi bakteri penyebab plak gigi. Bisa juga dengan mengunyah daun jambu secara langsung, atau menjadikannya obat kumur dengan cara merebusnya terlebih dahulu.
Daun.id

sumber: pixabay

6. Jahe
Khasiat jahe sebagai pereda nyeri sudah dikenal luas. Khasiat ini juga bisa digunakan untuk meredakan bengkak dan nyeri akibat gigi berlubang. Bahkan, sebuah penelitian mengungkap bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen dalam meredakan nyeri. Bisa mencucinya terlebih dahulu dan kupas 1 ruas jahe segar, lalu kunyah di bagian gigi yang sakit, untuk mendapatkan manfaatnya.

Bahan-bahan di atas memang dipercaya berkhasiat sebagai obat sakit gigi berlubang tradisional, terutama dalam mengatasi nyeri untuk sementara. Namun, beberapa di antaranya masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitasnya.

Gigi berlubang sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut tanpa pemeriksaan oleh dokter gigi. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan infeksi parah di dalam gigi dan di bawah gusi (abses gigi). Infeksi ini dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Jika yang dialami adalah kesulitan mengunyah, nyeri yang tak tertahankan, gusi berdarah, dan keluar nanah di sekitar gigi, mengobati gigi secara mandiri saja tidak cukup. Maka membutuhkan perawatan dan pengobatan gigi berlubang lebih lanjut dari dokter gigi. 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya