7 Obat Sakit Gigi Gusi Bengkak yang Ampuh, Ketahui Cara Pakainya

"Pahami aturan pakainya, sebelum menggunakan."

Life | 01 January 2023, 10:22
7 Obat Sakit Gigi Gusi Bengkak yang Ampuh, Ketahui Cara Pakainya

Gusi bengkak adalah kondisi di mana gusi mengalami pembesaran atau pembengkakan. Bengkak gusi dapat terjadi pada satu atau beberapa gusi, dan dapat terjadi pada bagian atas, bawah, atau sisi gigi. Gusi bengkak dapat menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman, serta menyulitkan dalam mengunyah makanan.

Bengkak gusi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi gusi atau gigi, gingivitis (peradangan gusi), atau penyakit gusi lainnya. Bengkak gusi juga dapat disebabkan oleh gigi yang tidak teratur atau gigi yang mengalami trauma. Kondisi ini harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Gusi bengkak dapat menimbulkan rasa sakit pada gigi hingga nyeri. Bahkan rasa nyut-nyutan yang timbul akibat gigi bengkak dapat membuat penderita kesulitan bicara. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa obat sakit gigi gusi bengkak dapat ditemukan di apotik, beberapa lainnya dapat ditemukan secara alami.

Obat Sakit Gigi Gusi Bengkak yang Ampuh

Daun.id

sumber; pexels.com

Ada beberapa obat sakit gigi yang ampuh dapat mengatasi gusi bengkak. Obat ini dapat ditemui di apotik-apotik terdekat maupun secara alami. Dalam penggunaannya, kita harus memahami cara pakainya terlebih dahulu. Sehingga dapat menggunakan obat sakit gigi dengan tepat, berikut ini secara detailnya:

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat aman dan ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Jenis obat ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan dapat digunakan obat sakit gigi untuk ibu hamil hingga menyusui.

Pemberian dosis pada orang dewasa ialaah 500 mg hingga 1 gram. Sedangkan pada bayi hingga usia dua tahun dapat diberikan paracetamol dengan dosis 60-120 mg.

Cara pakainya: obat ini dapat diminum dengan menyesuaikan aturan jarak minum yang telah tertera dalama obat. Atau langsung dapat dikonsultasikan dengan dokter.

2. Chlorhexidine

Chlorhexidine ialah jenis obat antiseptik yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gusi bengkak. Untuk mendapatkannya, harus melalui resep dari dokter. Obat ini tersedia dalam ragam bentuk seperti salep, larutan, serta obat kumur yang dapat digunakan mengatasi gusi bengkak.

Bagi para penderita riwayat medis periodentitis atau baru melakukan perawatan gigi. Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Cara pakainya: gunakan obat kumur chlorhexidine setelah menyikat gigi, lalu buang larutan bekas kumurnya. Hindari makan dan minum setelah berkumur dengan obat ini.

3. Hidrogen Peroksida

Terjadinya pembengkakan pada gusi dapat di atasi dengan berkumur menggunakan larutan hidrogen peroksida. Obat ini tergolong jenis antiseptik cair yang dapat melawan bakteri penyebab gusi bengkak. Obat ini bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta membersihkan area kulit yang pernah terluka.

Cara pakainya: untuk menggunakan cairan ini perlu menambahkan sedikit air, setelah dirasa encer gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

4. Ibuprofen

Obat ini sudah sangat terkenal dan sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Sekaligus obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan peradangan penyebab gusi bengkak. Untuk meminum obat ini disarankan makan terlebih dahulu. Penting juga untuk memerhatikan dosis pada obat tersebut.

Cara pakainya: untuk orang dewasa dosis sekitar 200-400 mg dan diminum 6 jam sekali. Untuk anak-anak usia 6 bulan sampai 12 tahun menggunakan dosis 4-10 mg dan diminum setiap 6-8 jam sekali.

5. Garam

Garam terkenal memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, dapat menyerap air dan efektif untuk membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Kondisi mulut yang kering dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Sehingga dapat mengurangi risiko gigi bengakak.

Cara pakainya: larutkan 1/2 sendok teh garam dengan segelas air hangat, aduk hingga merata. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama beberapa detik. Lakukan dua kali dalam sehari.

6. Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan herbal yang mengandung senyawa kurkumin. Senyawa tersebut berkhasiat melawan bakteri penyebab infeksi pada gusi dan meredakan peradangannya. Selain itu juga bermanfaat membersihkan plak pada gigi. Cocok untuk direkomendasikan sebagai obat herbal sakit gigi.

Cara pakainya: parutlah setengah ruas kunyit dan campurkan dengan baking soda serta minyak kelapa. Aduk hingga merata dan membentuk sebuah pasta, selanjutnya gunakan sebagai pasta gigi. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengompres bagian area gusi yang bengkak.

7. Es Batu

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi gusi bengkak ialah es batu. Suhu dingin dari es batu dapat merangsang penyempitan pembuluh darah, sehingga memperlambat aliran darah ke gusi bermasalah.

Cara pakainya: bungkus es batu dengan plastik dan lapisi menggunakan kain. Lalu tempelkan pada bagian pipi yang terasa sakit. Lakukan berulang-ulang hingga pembengkakan gusi menyusut.

Demikianlah jenis-jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi gusi bengkak. Ampuh digunakan meredakan nyeri dan mengatasi gusi bengkak, sebelum menggunakan pahami aturan pakainya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya