10 Obat Pereda Sakit Gigi Paling Ampuh dan Aman, Ada di Apotek

"Berikut adalah daftar obat pereda sakit gigi paling ampuh dan aman yang bisa kamu temui di apotek."

Life | 02 January 2023, 17:04
10 Obat Pereda Sakit Gigi Paling Ampuh dan Aman, Ada di Apotek

Sakit gigi tentu bukan hal yang nyaman untuk dirasakan. Rasa sakit berdenyut-denyut yang tak kunjung reda membuat aktivitas keseharian terganggu. Sakit gigi umumnya disebabkan karena terdapat saraf pada akar gigi atau di sekitar gigi yang mengalami iritasi. Penyebab lain dari sakit gigi yang kamu alami juga dapat terjadi karena infeksi gigi, pembusukan, cidera atau gigi copot.

Rasa nyeri juga berasal dari daerah lain yang memancar ke rahang sehingga menyebabkan sakit gigi. Bagian lain yang umum terjadi termasuk sendi rahang, sakit telinga, sinus, hingga masalah jantung. Sakit gigi dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab. Berikut ini adalah penyebab sakit gigi:
Daun.id

unplash.com

  • Produk pemutih gigi

Produk pemutih gigi memiliki risiko gigi menjadi lebih sensitif. Namun jangan khawatir nyeri hanya bersifat sementara. Setelah berhenti menggunakan produk pemutih, nyeri akan mereda.

  • Kerusakan gigi

Saat bakteri dan sisa makanan menumpuk, keduanya akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan timbulnya lubang pada gigi (karies), khususnya pada enamel atau lapisan terluar gigi. 

  • Gigi sensitif

Gigi sensitif menyebabkan rasa nyeri dan ngilu akibat tereksposnya dentin gigi ke lingkungan luar. Dentin merupakan saluran di dalam gigi yang dipenuhi serabut saraf. Paparan suhu dingin atau panas pada saluran inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu dan tidak nyaman.

  • Radang gusi (gingivitis)

Salah satu gangguan gusi yang umum terjadi yaitu radang gusi (gingivitis). Infeksi bakteri menyebabkan gusi bengkak dan meradang.

  • Infeksi gusi (periodontitis)

Jika mengalami radang gigi (gingivitis) dan tidak segera mendapat pengobatan dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi gusi (periodontitis). Infeksi serius bisa merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi.

Tanpa pengobatan, periodontitis bisa membuat gigi tanggal. Bahkan, penyakit ini mungkin bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung dan stroke.

  • Abses gigi

Abses gigi adalah kondisi dimana terdapat kantong berisi nanah di area gigi dan gusi. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam lubang gigi yang tidak ditangani. Kondisi ini akan menyebabkan rasa nyeri yang berdenyut dan terasa menyakitkan. Selain itu, rasa sakit bisa muncul tiba-tiba dan menjadi lebih intens selama beberapa jam.

  • Impaksi gigi bungsu

Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga bukanlah masalah bila tumbuh dengan normal. Namun, akan jadi masalah bila gigi ini tumbuh dengan posisi miring alias mengalami impaksi. Gigi geraham bungsu yang tumbuh miring bisa merusak gigi sebelahnya, merusak saraf, serta menyebabkan kerusakan pada tulang rahang.

  • Gigi retak dan patah

Kedua kondisi ini berpotensi menyebabkan penipisan atau terbukanya struktur gigi terluar. Akibatnya, bagian dentin gigi yang sangat sensitif terekspos ke lingkungan luar.

Obat Pereda Sakit Gigi

Daun.id

pexels.com

Terdapat beberapa jenis obat sakit gigi yang bisa diporelah tanpa resep dokter. Namun, untuk menentukan obat sakit gigi paling ampuh sesuai dengan kondisi yang kamu derita, Kamu perlu memahami cara kerja dan keamanan dari obat tersebut. Berikut adalah beragam jenis obat sakit gigi paling ampuh untuk meredakan nyeri:

1. Ibuprofen
Ibuprofen
termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau NSAID. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Ibuprofen bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh. Oleh karenanya, ibuprofen merupakan jenis obat yang umum digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Meski termasuk obat sakit gigi paling ampuh, ibuprofen tidak boleh diminum berlebihan dan dalam jangka panjang. Konsumsi jangka panjang dapat meningkatkan risiko iritasi atau tukak lambung, serta kerusakan pada ginjal dan hati. Ibuprofen juga tidak boleh diminum bersamaan dengan aspirin, kortikosteroid, pengencer darah, diuretik, dan ACE inhibitor.

2. Paracetamol
Paracetamol
tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Berbeda dengan ibuprofen yang dapat mengurangi peradangan, paracetamol bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin di otak. Prostaglandin adalah senyawa kimia yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Jika diminum dalam dosis besar dan jangka panjang, paracetamol dapat menyebabkan kerusakan hati. Karena efek sampingnya yang besar ini, hindari minum alkohol saat mengonsumsi obat sakit gigi yang satu ini.

3. Benzocaine
Benzocaine
berperan sebagai anestesi lokal (obat mati rasa). Obat sakit gigi dengan kandungan benzocaine umumnya tersedia dalam bentuk gel, salep, atau semprot. Obat ini meredakan sakit gigi dengan cara memblokir sinyal saraf, sehingga nyeri di bagian yang dioleskan obat dapat berkurang.

Benzocaine tidak boleh digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada balita dan anak berusia kurang dari 2 tahun. Penggunaan berlebihan menyebabkan efek samping yang fatal, yang disebut methemoglobinemia, di mana jumlah oksigen di dalam darah berkurang. Selalu perhatikan dosis dan peringatan pada kemasan obat sebelum mengonsumsinya untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.
Daun.id

pexels.com

4. Bufect Forte
Obat sediaan sirup ini juga memiliki kandungan ibuprofen yang terkenal efektif meredakan rasa sakit. Obat ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari sesudah makan. Ibu hamil, menyusui, dan anak di bawah 1 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini.

5. Sumagesic
Sumagesic
juga dapat kamu jadikan alternatif untuk mengobati sakit gigi. Obat pereda sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan bahan aktif paracetamol yang bermanfaat meredakan nyeri termasuk nyeri akibat sakit gigi yang sudah tidak tertahan. Aturan pakai obat sumagesic disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak cukup berikan 1/4-1/2 tablet sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa konsumsi 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari.

6. Cap Kaka Tua
Cap Kaka Tua
adalah obat sakit gigi semi herbal yang dilengkapi dengan kandungan senyawa glycerin, creosote, etanol, dan caryophylli. Cap Kaka Tua umumnya juga digunakan untuk mengatasi gusi bengkak dan membersihkan sela-sela gigi dari kuman yang menempel. Cara menggunakannya relatif mudah. kamu dapat menempelkan langsung pada gigi atau dengan cara dikumur.

7. Cooling 5 Orange
Cooling 5 orange
termasuk obat semprot antiseptik yang dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Meski umumnya Cooling 5 digunakan untuk menghilangkan bakteri penyebab sariawan, nyatanya obat ini juga memiliki kandungan Phenol dan Benzocaine yang mampu meringankan rasa sakit.

Obat ini tidak untuk digunakan dalam jangka waktu yang sehingga jika kondisi sakit gigi tidak kunjung membaik sebaiknya segera periksakan ke dokter. Pada beberapa kondisi dokter mungkin akan meresepkan obat dengan kandungan zat aktif seperti asam mefenamat.

8. Metronidazol
Metronidazole
tergolong dalam kelas antibiotik nitroimidazole yang diresepkan untuk golongan bakteri tertentu. Obat ini terkadang diberikan dengan antibiotik golongan penisilin untuk mengatasi sakit gigi. Antibiotik untuk sakit gigi ini akan bekerja optimal bila digunakan teratur sesuai anjuran dokter. Jika kamu merasa mual, kamu bisa minum obat ini bersama dengan makanan atau segelas susu. Jangan minum alkohol selama mengonsumsi metronidazol karena dapat menyebabkan masalah pada lambung.
Daun.id

pexels.com

9. Erythromycin
Erythromycin (eritromisin)
dapat diresepkan dokter jika kamu memiliki alergi terhadap antibiotik golongan penisilin. Obat ini masuk dalam golongan antibiotik makrolida. Sama seperti obat antibiotik untuk sakit gigi lainnya, eritromisin bekerja melawan dan menghentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut penyebab sakit gigi.

Obat ini sebaiknya diminum sebelum makan karena akan lebih mudah diserap ketika lambung dalam keadaan kosong. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA) atau setara dengan Badan POM di Indonesia. Kategori B ini menunjukan obat ini tidak berisiko pada beberapa penelitian terhadap ibu hamil.

10. Clindamycin
Bila antibiotik golongan penisilin atau eritromisin tidak ampuh untuk mengobati sakit gigi Kamu, dokter dapat meresepkan clindamycin. Clindamycin adalah obat yang masuk golongan antibiotik lincomycin. Obat ini sering digunakan untuk mengobati jerawat. Namun, dokter juga dapat meresepkan obat ini untuk mengatasi sakit gigi. Obat ini tersedia dalam banyak bentuk, seperti kapsul, sirup, gel, dan lotion.

Minum obat ini dengan sendok takar yang tersedia dalam boks kemasan bila dokter meresepkan obat ini dalam bentuk sirup. Hindari pakai sendok makan biasa untuk minum obat ini. Hentikan penggunaan obat ini dan segera periksa ke dokter bila Kamu mengalami efek samping yang serius seperti diare berdarah, mata atau kulit menguning, kesulitan buang air kecil, dan reaksi alergi yang parah.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya