Obat Herbal Sakit Gigi Berlubang, Aman dan Ampuh

"Berikut adalah obat-obatan herbal untuk mengatasi sakit gigi berlubang secara aman dan ampuh. "

Life | 07 January 2023, 07:30
Obat Herbal Sakit Gigi Berlubang, Aman dan Ampuh

Sakit gigi merupakan kondisi yang bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari, oleh karena penting sekali untuk selalu menjaga dan memperhatikan kesehatan gigi. Salah satu kondisi yang bisa menyebabkan sakit gigi adalah seperti gigi berlubang,

Salah satu penyebab gigi sakit adalah karena gigi berlubang. Gigi berlubang adalah kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan terluar gigi (enamel). Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut.
Daun.id

unplash.com

Lebih spesifik, berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang membuat seseorang lebih berisiko mengalami gigi berlubang:

- Jarang menyikat atau membersihkan gigi, setelah makan.

- Tidak menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride.

- Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis  atau asam (seperti minuman bersoda).

- Menderita anoreksia dan bulimia.

- Menderita penyakit refluks asam lambung (GERD) dan Mulut kering.

- Berusia lanjut sehingga enamel mulai menipis dan produksi air liur berkurang.

- Rutin mengonsumsi obat-obatan, suplemen, vitamin, atau produk herba yang mengandung gula.

Gejala Gigi Berlubang

Gejala gigi berlubang tergantung pada lokasi dan ukuran lubang di gigi. Ketika lubang masih kecil, gejala belum terasa. Namun, ketika lubang sudah  membesar, terdapat beberapa gejala yang muncul, yaitu:

- Gigi sensitif

- Sakit ketika mengigit

- Nyeri spontan tanpa sebab yang jelas

- Ngilu atau nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, dingin, atau panas

- Terdapat lubang yang terlihat jelas di gigi

- Noda putih, cokelat, atau hitam pada permukaan gigi

Jika mengalami keluhan di atas, terutama jika disertai dengan gejala berikut kamu dapat membawanya ke dokter gigi. Berikut ini gejalanya:

- Pembengkakan di wajah

- Gusi berdarah

- Sulit mengunyah

- Nyeri gigi yang tak tertahankan

Cara Herbal Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Selain dengan menggunakan obat-obatan medis, mengatasi sakit gigi berlubang juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan alami. Berikut ini adalah cara mengatasi gigi berlubang dengan bahan alami.

1. Garam
Daun.id

pexels.com

Kamu bisa menggunakan garam dapur untuk mengobati sakit gigi berlubang yang kamu alami. Garam mengandung antiseptik dan antibakteri. Cara paling mudah yakni dengan memanfaatkan air garam sebagai obat kumur. Hal ini akan membantu mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri mulut.

2. Bawang putih
Daun.id

pexels.com

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk sakit gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang sekaligus membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat.

3. Oil pulling
Jika biasanya kamu berkumur dengan obat kumur, oil pulling merupakan teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayurveda yang berasal dari budaya India ini memang telah digunakan sejak berabad-abad lalu. Manfaat yang ditawarkan dari obat alami sakit gigi berlubang ini berupa detoksifikasi oral. kamu bisa menggunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun.

4. Kunyit
Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Kunyit dapat menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Berikut adalah cara menggunakan kunyit sebagai obat untuk gigi berlubang:

  • Haluskan kunyit atau campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk menyerupai pasta.
  • Oles pasta kunyit ini pada bagian gigi yang sakit.
  • Biarkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat.


5. Cengkeh
Daun.id

pexels.com

Sifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri yang pada cengkeh berfungsi untuk mengatasi masalah gigi dan rongga mulut. Cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang tradisional juga mampu mengurangi rasa sakit gigi dan mencegah penyebaran lubang pada gigi kamu.

6. Lidah buaya
Daun.id

pixabay.com

Selain bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai obat alami sakit gigi berlubang. Menurut penelitian yang diterbitkan pada Nigerian Journal of Clinical Practice (2019), gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri untuk melawan bakteri pada rongga mulut.

Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui seberapa efektif lidah buaya dalam membantu mengurangi bakteri pemicu lubang pada gigi.

7. Licorice (akar manis)
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products (2011), licorice alias akar manis memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Senyawa dalam akar manis, yakni licoricidin dan licorisoflavan A, memiliki sifat antibakteri berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, licorice sebagai obat alami sakit gigi berlubang juga dapat mengurangi plak gigi.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya