Kalmethasone untuk Obat Sakit Gigi, Ketahui Manfaat, Dosis dan Efek Samping 

"Berikut ini adalah penjelasan tentang penggunaan obat sakit gigi Kalmethassone, lengkap dengan manfaat, dosis dan efek sampingnya."

Life | 09 January 2023, 15:25
Kalmethasone untuk Obat Sakit Gigi, Ketahui Manfaat, Dosis dan Efek Samping 

Kalmethasone merupakan obat multifungsi yang banyak digunakan orang untuk mengobati rasa sakit gigi. Namun apa sebenarnya manfaat dari obat Kalmethasone ini? Apakah benar-benar ampuh dan aman untuk mengobati rasa sakit gigi? Pada kesempatan kali ini, silahkan simak ulasan tentang obat Kalmethasone ini dengan baik.
Daun.id

istimewa

Kalmethasone untuk Obat Sakit Gigi

Obat Kalmethasone ini mengandung deksametason sebagai zat aktifnya. Kandungan zat deksmetason dapat membantu mengatasi alergi, inflamasi atau peradangan, edema makula bahkan efek samping kemoterapi seperti mual dan muntah serta hiperplasia adrenal kongenital.

Karena merupakan anti radang atau anti inflamasi, kamu bisa mengonsumsinya ketika gigi mengalami peradangan, misalnya seperti gusi bengkak dengan kategori akut. Obat Kalmethasone untuk sakit gigi berkonsentrasi membantu menghilangkan peradangan ketika sakit gigi.

Dosis Obat Sakit Gigi Kalmethasone

Dosis atau penggunaan Kalmethasone tidak boleh sampai menyalahi aturan pakai karena hanya akan memperburuk kondisi kesehatan. Berikut dosis obat Kalmethasone yang harus kamu perhatikan.

Obat Tablet
Dewasa: 0,5 sampai 10 mg yang dapat diminum sampai 4 kali dalam sehari. Obat dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan.

Anak-anak:0.08 sampai 0,3 mg/kg juga sampai 4 kali minum dalam sehari. Obat dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan.

Obat Injeksi
Obat Kalmethasone dalam bentuk injeksi dosis untuk orang dewasa biasanya diberikan 0,5 sampai 24 mg/kgBB setiap hari.

Untuk anak-anak dosisnya 200 sampai 400 mcg/kgBB, tetapi dosis anak perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter karena ketahanan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa.

Efek Samping Mengonsumsi Obat Kalmethasone

Perlu diingat lagi bahwa obat kalmethasone untuk sakit gigi hanya diperuntukkan jika kamu mengalami peradangan. Berikut efek Kalmethasone yang mungkin muncul di beberapa penggunanya:

Reaksi Alergi
Pengguna dengan Hipersensitivitas akan mengalami efek samping seperti mual, ruam kulit, sakit perut, sesak nafas, sakit perut, muntah dan gatal-gatal. Penderita Hipersensitivitas tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi Kalmethasone.

Efek Samping Lain
Beberapa efek samping yang dapat mengarah kepada kondisi serius adalah Dispepsia, tukak lambung, Pankreatitis akut, Kandidiasis, dan Amenorea. Jika efek samping ini muncul, segera hentikan penggunaan obat agar kondisi tidak semakin parah.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya