14 Obat Herbal Radang Tenggorokan dan Panas Dalam Secara Medis, Ampuh dan Aman

"Berikut ini adalah daftar obat-obatan untuk mengatasi radang tenggorokan dan panas dalam yang aman dan ampuh."

Life | 10 January 2023, 17:07
14 Obat Herbal Radang Tenggorokan dan Panas Dalam Secara Medis, Ampuh dan Aman

Siapa yang mau kena radang tenggorokan dan panas dalam? Tentu tidak ada yang mau kan? Sakit tenggorokan dan panas dalam sering kali menganggu aktivitas karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips dan informasi tentang obat herbal untuk mengatasi radang tenggorokan dan panas dalam dengan obat herbal.
Daun.id

istimewa

Apa Itu Radang Tenggorokan dan Panas Dalam?

Radang tenggorokan (faringitis) merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditAndai dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat timbul akibat infeksi virus dan infeksi bakteri. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya sakit tenggorokan adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Beberapa penyakit virus yang dipercaya juga mampu menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan, antara lain virus cacar air, virus influenza, virus campak, hingga mononukleosis. Berikut ini adalah penyebab sakit tenggorokan:

  • Alergi pada serbuk sari.
  • Penyakit asam lambung (GERD) akibat naiknya asam lambung dari perut ke tenggorokan.
  • Iritasi yang disebabkan oleh alkohol dan rokok.
  • Udara yang kering.
  • Ketegangan otot akibat berteriak terlalu lama.
  • Penyakit tumor yang mengandung kanker pada bagian tenggorokan dan lidah.


Panas dalam merupakan istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan berbagai keluhan yang dialami secara bersamaan, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Panas dalam bukanlah penyakit, melainkan kumpulan gejala dari berbagai penyakit. Istilah ini berasal dari konsep pengobatan tradisional Tiongkok yang memiliki filosofi yin (dingin) dan yang (panas).

Gejala-gejala yang disebut sebagai “panas dalam” biasanya muncul setelah terlalu banyak makan gorengan, minum minuman dingin, atau kelelahan. Sementara itu, kondisi kelelahan memang ditandai dengan rasa panas di dalam tubuh. Sensasi panas yang dirasakan setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin belum memiliki penjelasan ilmiah. Berikut ini adalah penyebab panas dalam:

  • Iritasi di saluran napas dan mulut
  • Radang tenggorokan
  • Kenaikan asam lambung
  • Gangguan pencernaan

Pengobatan Alami Radang Tenggorokan

Pengobatan yang dapat Anda lakukan pada radang tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa perawatan rumahan yang bisa dilakukan adalah:
Daun.id

pexels.com


1. Air Putih

Memperbanyak minum air putih dan cairan hangat, seperti teh lemon atau sup hangat.

2. Air Garam
Berkumur dengan air garam. Air garam dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, meringankan ketidaknyaman saat menelan, serta membantu membasmi bakteri di tenggorokan.

3. Madu dan lemon
Daun.id

pixabay.com

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman perasan lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C.

4. Teh Jahe
Teh jahe juga dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Sensasi rempah jahe yang pedas manis juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang.

5. Gunakan pelembab udara atau vaporizer di ruangan atau kamar tidur.

6. Cuka apel dan garam
Anda bisa mengatasi radang tenggorokan dengan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Ramuan obat alami untuk sakit tenggorokan dari cuka apel juga bisa dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu.

Selanjutnya, kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal. Cuka apel bersifat asam sehingga dapat menciptakan lingkungan yang menghambat virus dan bakteri untuk memperbanyak diri dan bertahan hidup.

6. Kunyit
Kunyit adalah bahan antioksidan yang sangat kuat. Kunyit berfungsi untuk mengobati beberapa kondisi termasuk sebagai obat herbal untuk radang tenggorokan.

Untuk membuatnya, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami untuk sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

7. Bawang putih
Daun.id

pexels.com

Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Anda dianjurkan untuk mengunyahnya. Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus.
Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika tidak sanggup untuk memakannya mentah-mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus.

8. Istirahat yang cukup.

9. Jika tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Radang tenggorokan akibat bakteri biasanya memerlukan pengobatan dengan antibiotik.

Obat Herbal Panas Dalam

Untuk mengobati panas dalam adalah mengenali apa penyebab munculnya gejala-gejala yang Anda alami. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui pengobatan seperti apa yang paling tepat untuk kondisi tersebut. Lebih jelasnya, simak berbagai pilihan obat panas dalam alami dari bahan herbal berikut ini.

1. Kumur air garam
Daun.id

pexels.com

Berkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Caranya, siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam.Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sementara untuk mengusir sariawan, Anda bisa berkumur tepat di area yang sakit. Anda bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.

2. Ampas teh celup
Atasi sariawan dengan mengompres bagian yang sakit atau luka menggunakan kantong teh celup yang sudah Anda seduh. Daun teh bermanfaat sebagai obat panas dalam alami dari bahan herbal untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kompres sariawan selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.

3. Banyak minum air putih
Beberapa gejala panas dalam, seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah, bisa diakibatkan oleh dehidrasi. Maka dari itu, pastikan Anda cukup minum air putih. Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak 2 liter (L) atau sekitar sepuluh gelas air dalam sehari.

4. Madu
Daun.id

pexels.com

Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Disarankan untuk menggunakan madu murni, bukan madu kemasan. Madu kemasan umumnya mengandung gula tambahan yang bisa bikin tenggorokan Anda makin sakit. Jadi, jika tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Anda bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja. Anda juga bisa membuat larutan khusus dengan madu, jahe, dan lemon.

5. Kompres dingin
Sariawan yang muncul di tenggorokan dan area mulut lainnya bisa terasa nyeri. Oleh karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut yang steril.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya