Obat Herbal Gusi Bengkak dan Sakit Gigi, Bisa Dilakukan di Rumah

"simak untuk lebih jelasnya"

Life | 21 January 2023, 09:18
Obat Herbal Gusi Bengkak dan Sakit Gigi, Bisa Dilakukan di Rumah

Daun.id - Gusi bengkak memang sering terjadi saat sakit gigi kambuh. Disertai rasa nyeri dan ngilu akibat dari kulit atau gusi yang membengkak. Yang kemudian berpengaruh di pembengkakan pipi. Pipi yang bengkak biasanya diawali dengan kerusakan gigi, gigi berlubang, atau penyakit gusi yang terjadi tanpa perawatan. Kondisi-kondisi tersebut merupakan awal mula munculnya infeksi pada gigi.

Ketika infeksi terjadi, gusi dan wajah akan membengkak karena tubuh sedang berusaha memberantas bakteri yang menyerang. Bila tidak segera diberikan pengobatan dan perawatan yang tepat, kondisi tersebut dapat bertambah parah dan menyebabkan abses.

Abses adalah kantong berisi nanah yang dapat pula terbentuk di dalam mulut. Kondisi ini timbul akibat infeksi bakteri, dan umumnya ditandai dengan rasa sakit. Bila tidak segera ditangani dapat memperburuk keluhan yang sebelumnya terjadi.

Obat Herbal Gusi Bengkak
Gusi bengkak umumnya diakibatkan oleh infeksi pada jaringan gusi. Infeksi ini sendiri bisa berawal dari luka karena menyikat gigi terlalu keras hingga penyakit gigi dan mulut tertentu, seperti periodontitis. Selain obat-obatan dari apotek, bisa juga menggunakan obat gusi bengkak alami dari bahan rumahan, bila salah satu orang yang malas untuk meminum obat. Untuk lebih jauhnya simak di bawah ini:

1. Kumur air garam
Berkumur air garam membantu meringankan rasa sakit dan meredakan bengkak pada gusi. Hal ini karena garam bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut. Bakteri akan tumbuh subur di lingkungan yang asam dan lembap. Maka, ketika kondisi mulut kering, bakteri tidak bisa bertahan hidup.
Daun.id

pixabay

Caranya, larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Gunakan air garam untuk berkumur selama beberapa detik, lalu buang airnya.

Lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari, atau sampai bengkak yang terjadi pada gusi mereda.

2. Kompres es batu
Obat untuk meredakan nyeri gusi bengkak alami selanjutnya adalah kompres dingin. Rasa dingin membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut mati rasa untuk sementara dan meredakan sakit.
Daun.id

pixabay

Selain itu, suhu dingin merangsang penyempitan pembuluh darah wajah sehingga memperlambat aliran darah ke gusi yang bermasalah. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri yang terjadi pada gusi.

Caranya, tempel bungkusan es batu dalam waslap bersih pada bagian pipi yang terasa sakit. Ulangi kompres beberapa kali sehari sampai sakitnya mereda dan pembengkakan gusi perlahan menyusut.

3. Kunyit
Senyawa kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi serta efektif membantu untuk meredakan peradangannya.
Daun.id

pixabay

Sebuah penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology (2012) menunjukkan obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak pada gigi dan gingivitis (radang gusi).

Caranya, parut setengah ruas kunyit, kemudian campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata sampai membentuk pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi.

Selain itu, bisa juga membubuhkan pasta kunyit tersebut ke kain kasa, lalu digulung. Tempelkan kompres kunyit ini langsung pada gusi yang bermasalah selama beberapa menit.

Itulah beberapa obat dari apotek dan yang alami ada di rumah, untuk membantu menangani gusi yang bengkak. Namun untuk diketahui, akibat dari gusi bengkak antara lain karena menyikat gigi yang terlalu keras atau kasar. Dan kurang cocok dengan pasta gigi yang digunakan. Jadi, lebih sadar dan mengerti apa yang menjadi kecocokan gigi, tidak hanya gigi, juga anggota tubuh yang lainnya.

(alvain shinta/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network