8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tanpa Obat dalam 5 Menit

"Hilangkan sakit gigi dengan 5 menit saja."

Life | 22 January 2023, 17:20
8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tanpa Obat dalam 5 Menit

Daun.id - Mengalami sakit gigi tentu menjadi salah satu gangguan sakit gigi yang mampu berdampak pada anggota tubuh. Seperti halnya gigi yang biasanya digunakan untuk mengunyah, kini justru jadi sakit saat digunakan untuk makan. Sehingga, kamu tidak bisa meremehkan penyakit yang satu ini.

Munculnya rasa ngilu dan nyeri pada gigi yang diakibatkan sebab kurangnya menjaga kebersihan di area gigi. Kondisi ini tentu mampu memberikan dampak seperti, sakit gigi, gigi berlubang, infeksi gigi, dan sakit pada gusi. Maka, sebelum kondisi menjadi lebih parah kamu dapat mengobatinya tanpa obat. Berikut ini beberapa cara menghilangkan sakit gigi tanpa obat dalam 5 menit, yakni:

1. Memakai bantal tinggi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Pengumpulan darah yang terjadi di kepala mampu menyebabkan rasa sakit dan peradangan tambahan. Untuk sebagian orang, meninggikan kepala dengan satu atau dua bantal tambahan mungkin dapat menjadi pereda rasa sakit agar bisa tidur lelap.

2. Kompres dengan air dingin

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit berikutnya ialah mengkompres dengan air dingin. Dikutip dari Medical News Today, balut es dengan handuk dan letakkan di gigi yang sakit. Kompres itu mampu menjadikan pembuluh darah mengencang, maka rasa sakit bisa berkurang. Kamu dapat mencoba cara itu sekitar 15 sampai 20 menit sebelum tidur.

3. Cengkih
 
Cengkih
adalah salah satu obat herbal guna menghilangkan sakit gigi. Kamu mampu mengonsumsinya sebagai cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, karena didalamnya memiliki kandungan eugenol. Mengutip dari Medical News Today, eugenol bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi akibat sakit gigi dengan bermanfaat sebagai analgesik. Kamu bisa menumbuk cengkih dan mencampurnya dengan air sampai menjadi pasta. Aplikasikan pasta cengkih di gigi yang sakit.

4. Daun jambu biji

Pada penelitian menerangkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat menyembuhkan luka. Tidak hanya itu, daun jambu biji juga punya sifat antimikroba yang dapat melindungi kesehatan gigi dan mulutmu. Menyembuhkan sakit gigi dengan daun jambu biji begitu mudah. Kamu bisa secara langsung mengunyah daun jambu biji segar.

Akan tetapi, kamu perlu mencuci bersih daun jambu biji sebelum menguyahnya. Apabila kamu tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, bisa dengan menambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air yang mendidih. Terakhir, kamu bisa memakai larutan itu sebagai obat kumur.

5. Bawang merah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Bawang merah dapat menjadi cara menghilangkan sakit gigi tanpa obat dalam 5 menit. Kamu cukup memotong bawang merah menjadi dua bagian, kemudian gigit pada gigi yang sakit. Upayakan supaya air dari bawang merah dapat masuk ke gigi yang sakit.

6. Kumur dengan air garam

Mengutip dari emedicinehealth, sebagai cara alami menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, yaitu dengan berkumur memakai air garam. Kumur dengan air garam biasa dilakukan dan direkomendasikan terhadap orang yang sedang sakit gigi.

Garam mempunyai sifat yang dapat menyerap air, sehingga efektif menyerap bakteri di mulut.

7. Bawang putih

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit selanjutnya dengan bawang putih. Bawang putih mempuyai manfaat sebagai antiradang dan antibakteri.

Kamu dapat menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian aplikasikan di bagian gigi yang sakit. Apabila merasa kesulitan kamu dapat mengunyahnya secara langsung.

8. Jahe
 
Bahan yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Jahe bisa sebagai cara menyembuhkan sakit gigi. Didalamnya memiliki kandungan antibiotik, sehingga bisa melawan kuman penyebab sakit gigi. Ambil satu buah jahe segar dan cuci sampai bersih. Lalu tumbuk jahe, kemudian tabur pada gigi yang sakit, diamkan sampai rasa sakitnya hilang.

(pravita windi an/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network