10 Obat Penyembuh Sakit Gigi yang Ampuh dalam Hitungan Menit

"Sembuhkan sakit gigi secara efektif dan cepat."

Life | 23 January 2023, 06:20
10 Obat Penyembuh Sakit Gigi yang Ampuh dalam Hitungan Menit

Daun.id - Gejala sakit gigi tentunya membuat seseorang menjadi tidak enak saat konsumsi makanan. Munculnya sakit gigi dapat membuatmu lebih sensitif dalam menyantap makanan, terutama yang dingin. Sehingga, ini dapat memengaruhi setiap kegiatan yang akan dilakukan. Kondisi ini sepatutnya lekas diobati, agar tidak merambat dan menyebabkannya lebih parah.

Adapun gejala sakit gigi yang dapat dikenali, umumnya disertai dengan munculnya sakit telinga, sakit leher, pusing, bau mulut, dan demam. Bagi kamu yang hendak menyembuhkan sakit gigi yang menganggu ialah dengan mencoba beberapa cara berikut:

1. Pondex Forte
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Pondex forte ialah obat sakit gigi yang mampu dipakai dalam menyembuhkan sakit gigi. Kandung asam mefenamat yang terdapat dalam obat ini, yakni Pondex Forte. Asam mefenamat memiliki fungsi dalam menekan produksi enzim prostaglandin yang menimbulkan terjadinya peradangan. Sayangnya, obat ini digunakan dengan resep dari dokter.

Efek samping: Terjadi gangguan GI, rasa kantuk, diare, hingga hipertensi.

Harga: Rp. 556/tablet.

2. Obat Kumur Betadine
 
Obat Kumur Betadine
ialah obat sakit gigi berikutnya yang mampu dikonsumsi guna menyembuhkan sakit gigi. Selain dipercaya dalam mengatasi luka, Betadine juga menjadi produk obat sakit gigi yang direkomendasikan. Povidone Iodine didalamnya yang menjadikan obat ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit mulut.

Povidone Iodine ialah sejenis obat yang berfungsi dalam menghilangkan bakteri dan kuman penyakit dari berbagai organ mulut khususnya mulut. Pemakaian obat kumur ini dipercaya bisa jauh dari masalah mulut.

Efek samping: Reaksi hipersensitif, sakit perut, demam, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, asidosis metabolik, mual dan muntah sampai rusakannya ginjal.

Harga: Rp. 27.500 - Rp. 45.500

4. Ibuprofen

Ibuprofen disebut sebagai obat penyembuh sakit gigi yang paling efektif. Ibuprofen menjadi jenis obat yang mampu menyembuhkan rasa sakit dan menekan inflamasi atau peradangan. Saat berada dalam keadaan ini, ibuprofen bisa menekan enzim yang memproduksi senyawa Prostaglandin yang membuat peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen juga mampu bermanfaat untuk obat sakit gusi terlebih ketika bengkak.

Ibuprofen tidak boleh dikonsumsi ketika perut kosong, sebab bisa menyakiti lambung. Kamu juga patut mengingat, senantiasa konsumsi obat ini memakai dosis dan saran dari dokter.

Efek samping: Perut kembung, pusing, sakit kepala, mual dan muntah, maag, sampai diare.

Harga: Rp. 362 per tablet.

3. Dentova Pro Mouthwash

Obat sakit gigi berikutnya, yakni Dentova Pro Mouthwash dengan antiseptik yang mampu melenyapkan mikroorganisme jahat. Adapun kandungan lainnya seperti peppermint, allantoin, chlorhexidine digluconate 0,2%, dan eucalyptus mint.

Dentova Pro Mouthwash mampu mengurangi masalah gigi sensitif dan berlubang, menghilangkan tumbuhannya plak bakteri, serta mengurangi kerusakan jaringan penyangga gigi. Dentova Pro Mouthwash dapat digunakan kurang lebih sebanyak dua kali sehari, cukup dengan berkumur satu menit saja.

Efek samping: Hipersensitif, peradangan pada mulut sampai mulut kering.

Harga: Rp. 24.925 per botol.

5. Dentasol
Daun.id

Sumber: Istimewa

Dentasol menjadi obat sakit gigi lainnya yang digunakan sebagai alternatif menyembuhkan sakit gigi. Obat sakit gigi ini punya dua bentuk, yakni kaplet dan obat tetes.

Dentasol mempunyai zat anestesi topikal dengan antiseptik yang mampu diaplikasikan secara langsung di gigi yang sakit. Kandungan zat itu bisa menyembuhkan rasa nyeri sakit gigi dan dapat mengobati infeksi jamur dan bakteri.

Efek samping: Sensasi terbakar dan menyengat, gatal biduran, nyeri tekan, ruam, sampai dermatitis konta.

Harga: Rp. 14.925 per botol.

6. Cooling 5 Plus
 
Cooling 5 Plus
menjadi salah satu obat penghilang sakit gigi. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat dipakai untuk alternatif praktis dalam menyembuhkan sakit gigi. Sakit gigi yang dikarenakan pertumbuhan gigi, radang gusi, dan seriawan. Obat sakit gigi dengan kandungan benzocaine dan phenol yang efektif dalam mengatasi nyeri. Di sisi lain, pemakaiannya tinggal menyemprotkannya di daerah yang sakit.

Harga: Rp. 45.332 per botol.

7. Cataflam

Cataflam juga masuk dalam obat penyembuh sakit gigi paling efektif yang ditemukan di apotek. Obat anti-inflamasi nonsteroid dengan kandung diclofenac potassium. Kandungan itu bermanfaat dalam menghambat enzim yang mencegah munculnya rasa nyeri di daerah yang rusak. Hal tersebut seperti gusi bengkak, gigi berlubang, dan lainnya.

Harga: Rp. 9.957 per tablet.

8. Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua

Terdapat juga obat penyembuh sakit gigi yang berasal dari bahan herbal, yakni obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua. Obat sakit gigi dengan kandung senyawa gliserin, creosote, ethanol, dan oleum caryophylli yang efektif dalam menyembuhkan sakit gigi.

Kandungan itu bermanfaat dalam menyembuhkan sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel. Pemakiaan obat sakit gigi dapat langsung ditempelkan dengan kapas atau dengan cara dikumur.

Efek samping: Mampu menyebabkan sensasi tidak nyaman dan rasa panas pada mulut jika melebihi dosis yang disarankan.

Harga: Rp. 14.925 per botol.

9. Hot In Koyo Aromatherapy

Hot In Koyo Aromatherapy ialah obat dengan kandungan menthol crystal, gandapura oil, eucalyptus oil, lemongrass oil, dan piine oil. Kandungan didalamnya dipercaya mampu menyembuhkan sakit gigi, memar, nyeri sendi, pegal-pegal, dan nyeri otot.

Manfaat dari Hot In Koyo Aromatherapy ialah kandungan minyak yang mampu memberikan efek aromaterapi. Ketika digunakan, kamu dapat merasakan rasa hangat dan aromatherapy yang menenangkan.

Harga: Rp. 6.500

10. Ponstan
Daun.id

Sumber: Istimewa

Ponstan juga dipakai guna mengobati rasa sakit mulai dari sakit gigi hingga cedera otot, bahkan sakit usai melahirkan. Kandungan asam mefenamat yang ada di ponstan bisa menimbulkan obat ini bekerja mengobati sakit dan peradangan yang terjadi. Akan tetapi, kamu perlu mengetahui bahwa obat ini tidak sepenuhnya menyembuhkan rasa sakit.

Efek samping: Reaksi hipersensitif, muntah, pusing, nyeri perut, diare, mual, sampai konstipasi.

Harga: Rp. 3.628 per tablet.

(pravita windi an/nn)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 31 JANUARI 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:29 MAGHRIB 18:19 ISYA 19:32  

Daun Media Network