Kisah Habib Munzir al-Musawa yang Diingatkan Sisa Umurnya Oleh Rasulullah Lewat Mimpi

"Habib Munzir al-Musawa merupakan ulama Indonesia yang memiliki karomah mudah bertemu Rasulullah SAW."

Life | 30 January 2023, 18:34
Kisah Habib Munzir al-Musawa yang Diingatkan Sisa Umurnya Oleh Rasulullah Lewat Mimpi

Habib Mundzir bin Fuad al-Musawa atau Habib Mundzir Al-Musawa adalah ulama besar Indonesia yang lahir pada 23 Februari 1973  di Kota Cianjur, Jawa Barat. Habib Mundzir adalah anak keempat dari lima bersaudara dari pasangan Fuad bin Abdurrahman al-Musawa dan Rahmah binti Hasyim al-Musawa.

Masa kecil Habib Munzir al-Musawa tumbuh di daerah Cipanas, Jawa Barat bersama-sama saudara-saudaranya, Ramzy Fuad al-Musawa, Nabiel Al Musawa, Lulu Fuad al-Musawa serta Aliyah Fuad al-Musawa.

Kisah Habib Munzir al-Musawa adalah ulama yang memiliki kedekatan dengan Rasulullah SAW. Diceritakan bahwa Habib Munzir al-Musawa mudah bertemu Rasulullah melalui mimpinya, bahkan Ia mendapat peringatan bahwa sisa umurnya tinggal beberapa waktu saja.
Daun.id

istimewa

Silsilah Habib Munzir al-Musawa

Habib Munzir memiliki nasab hingga Rasulullah SAW dari ayahnya, yaitu Fuad bin Abdurrahman al-Musawa. Berikut ini adalah silsilah dari Habib Munzir al-Musawa: Mundzir bin Fuad bin Abdurrahman bin Ali bin Abdurrahman bin Ali bin Aqil bin Ahmad bin Abdurrahman bin Umar bin Abdurrahman bin Sulaiman bin Yaasin bin Ahmad Al-Musawa bin Muhammad Muqallaf bin Ahmad bin Abubakar As Sakran bin Abdurrahman Assegaf bin Muhammad Mauladdawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghayur bin Muhammad al-Faqih Muqaddam bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali' Qasim bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa Ar-Rumiy bin Muhammad Annaqib bin Ali Al-Uraidhiy bin Ja'far ash-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Hussein dari Fatimah az-Zahra Putri Rasulullah SAW.

Habib Munzir al-Musawa yang Dirindukan Rasulullah SAW

Habib Mundzir diketahui telah memiliki asma kronis sejak kecil dan sering keluar-masuk rumah sakit. Habib Mundzir wafat pada taggal 15 September 2013 jam 15:30 WIB pada usia 40 tahun. Kata saudara Habib Munzir al-Musawa, yaitu Nabil, meskipun sedang dirundung rasa sakit, ketika mengurusi dakwah, Habib Mundzir tidak pernah memikirkan sakitnya. Habib Mundzir pernah memakai kursi roda saat berdakwah, bahkan pernah memakai tempat tidur khusus dari rumah sakit. 

Saat sedang berkumpul bersama keluarga di rumahnya, Habib Mundzir kemudian masuk kamar mandi sejak siang hingga sore hari, tidak juga keluar. Keluarganya mendobrak pintu kamar mandi dan menemukan Habib Mundzir sudah tergeletak di lantai tidak sadar. Ia pun dilarikan ke rumah sakit, dan meninggal dunia satu jam kemudian. Menurut penuturan kerabatnya, habib Munzir meninggal karena serangan jantung.

Habib Mundzir dimakamkan di pemakaman umum Habib Kuncung di Kalibata, Jakarta pada hari Senin 16 September 2013 setelah disholatkan di masjid Al-Munawwar Pancoran. Puluhan ribu umat muslim mengantarkan jenazahnya dan menyaksikan prosesi pemakaman dengan takzim.

Dikisahkan oleh Habib Munzir sendiri sebelum meninggal, Habib Mundzir sempat bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. "Saya sangat mencintai Rasulullah SAW, menangis merindukan Rasulullah SAW, dan sering dikunjungi Rasululullah SAW dalam mimpi, Rasul selalu menghibur saya jika saya sedih, suatu waktu saya mimpi bersimpuh dan memeluk lutut beliau dan berkata wahai Rasulullah SAW aku rindu padamu, jangan tinggalkan aku lagi, butakan mataku ini asal bisa jumpa denganmu ataukan matikan aku sekarang, aku tersiksa di dunia ini”.

Rasulullah SAW menepuk bahu saya dan berkata, "Mundzir, tenanglah, sebelum usiamu mencapai 40 tahun kau sudah jumpa denganku maka saya terbangun”.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya