6 Obat Antibiotik Radang Tenggorokan di Apotek, Lebih Ampuh Atasi Nyerinya

"Obat antibiotik ini ampuh dan efektif."

Life | 08 February 2023, 16:38
6 Obat Antibiotik Radang Tenggorokan di Apotek, Lebih Ampuh Atasi Nyerinya

Harvard Medical School menerangkan bahwa radang tenggorokan merupakan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Adapun faktor yang mengakibatkan radang tenggorokan terhadap anak ialah bakteri yang dikenal dengan sebutan Streptococcus pyogenes. Radang tenggorokan tentu juga dapat menyerang anak-anak sehingga kamu perlu mengetahui obat yang diperlukan untuk mengatasinya. Berikut tanda dan gejala dari radang tenggorokan, yaitu:

- Sakit tenggorokan
- Demam
- Amandel
- Kelenjar leher yang rasanya sakit atau bengkak.

Jika ingin mengetahui daftar obat antibiotik radang tenggorokan yang aman, simak beberapa obat berikut ini:

1. Clindamycin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Clindamycin merupakan antibiotik yang bermanfaat terhadap radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Clindamycin masuk pada kelas linkosamida atau linkomisin yang bekerja caranya dengan mencegah bakteri, supaya tidak memproduksi protein guna reproduksinya.

Terdapat beberapa efek samping clindamycin yang muncul seperti ruam kulit yang ringan dan kulit gatal. Antibiotik tersebut juga mampu mengakibatkan sakit perut dan mual terhadap pengguna.

Harga: Rp. 18.000

2. Amoxicillin
Amoxicillin
merupakan jenis antibiotik yang umumnya diresepkan dokter dalam mengobati penyakit infeksi bakteri, terutama radang tenggorokan. Amoxicillin termasuk pada kelas antibiotik penisilin, jenis kelas antibiotik pertama yang telah ditemukan. Amoxicillin cara kerjanya dengan menekan bakteri supaya tidak membentuk dinding sel, maka mencegah mikroba ini dalam berlipat ganda.

Tanpa dinding sel ini, bakteri tidak mampu dalam bertahan hidup. Amoxicillin memiliki risiko dalam menyebabkan efek samping tertentu usai mengonsumsinya. Adapun beberapa efek samping yang biasa terjadi seperti diare, ruam kulit, mual, muntah, dan infeksi jamur terhadap vagina.

Harga: Rp. 3.900

3. FG Troches
FG Troches
mempunyai kandung neomycin sulfate (fradiomycin sulfate) 2,5 mg dan gramicidin 1 mg. Jenis 2 antibiotik itu bermanfaat guna menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, contohnya bakteri Streptococcus atau Bacteroides, yang mampu menyebabkan infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan. Manfaat obat itu ialah mengatasi radang tenggorokan yang muncul karena staphylococcus dan streptococus serta untuk pencegahan infeksi setelah operasi mulut.

Peringatan sebelum meminum FG Troches

FG Troches adalah antibiotik yang tidak dapat dikonsumsi dengan sembarangan. Adapun hal yang bisa di perhatikan sebelum minum FG Troches, yakni:

- Jangan minum FG Troches apabila kamu alergi dengan kandungan pada obat ini atau aminoglikosida lain, misalnya amikacin, kanamycin, streptomycin, gentamicin, atau tobramycin.
- Jangan konsumsi FG Troches lebih dari 7 hari, kecuali dengan menggunakan petunjuk dokter. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter apabila keluhan yang terjadi belum membaik dengan FG Troches usai 7 hari pemakaian.
- Beritahu dokter apabila kamu menderita penyakit myasthenia gravis, penyakit Parkinson, kolitis ulseratif, ginjal, penyakit Crohn, atau ir.

Dosis dan aturan penggunaan FG Troches
 
Dosis FG Troches
yang telah diresepkan oleh dokter tergantung terhadap keadaan pasien. Adapun rincian dosis umum FG Troches, yakni sebagai berikut:

- Dewasa: 1–2 tablet isap, 4–5 kali sehari.
- Anak-anak: 1 tablet isap, 4–5 kali sehari.

Efek samping dan bahaya pemakaian FG Troches

Selain itu, kamu perlu mengetahui efek samping yang dapat terjadi ketika menggunakan FG Troches dengan kandung neomycin, yakni:

- Mual.
- Diare.
- Muntah.
- Sakit perut.
- Turunnya selera makan.

Harga: Rp. 1.921/tablet

4. Cefixime
Cefixime
adalah antibiotik yang efektif dalam mengatasi infeksi bakteri, termasuk radang tenggorokan, infeksi telinga, sampai infeksi saluran kemih. Cefixime termasuk pada kelas antibiotik yang dikenal sefalosporin yang bekerja dalam membunuh bakteri penyebab terjadinya infeksi.

Cefixime juga mampu menyebabkan berbagai efek samping. Adapun beberapa efek samping yang biasanya terjadi yakni sebagai berikut:

- Mual
- Muntah
- Diare
- Sakit perut
- Perut bergas
- Heartburn

Harga: Rp. 7.000/tablet

5. Azithromycin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Azithromycin juga mampu menjadi pilihan antibiotik radang tenggorokan, apabila pasien mempunyai alergi pada obat-obat penisilin misalnya amoxicillin. Azithromycin termasuk pada golongan antibiotik makrolida yang cara kerjanya dengan menekan terjadinya pertumbuhan bakteri yang menginfeksi.

Efek samping azithromycin biasanya terjadi, yaitu diare dan feses yang berair dan lunak. Dalam beberapa kasus, azithromycin juga mampu mengakibatkan pembengkakan di daerah tubuh tertentu, demam, dan reaksi kulit contohnya iritasi, kulit kering, melepuh, gatal, dan kemerahan.

Harga: Rp. 3.000/kaplet

6. Penicillin
Adalah obat yang dipakai untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada tubuh. Obat ini bekerja aktif dengan membunuh bakteri agar tidak lagi berkembang dalam tubuh. Antibiotik penicillin untuk mengatasi kondisi kesehatan seperti berikut;

- Pencegahan infeksi yang terjadi pada pembuluh jantung untuk pengidap kelainan jantung
- Pengobatan untuk berbagai jenis infeksi karena bakteri, termasuk infeksi pada mulut dan tenggorokan, demam rematik, infeksi Staphylococcus dan Streptococcus, serta pneumonia

Efek Samping
Diare, mual, muntah, sakit perut, dan lidah menghitam yang biasanya terjadi pada rasa sakit yang biasa.

Harga Rp 1.969, dan berbeda di tiap apotik

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya