2 Contoh CV Fresh Graduate SMK yang Menarik dan Benar

"Buat CV fresh gradute SMK semenarik mungkin."

Life | 10 February 2023, 19:20
2 Contoh CV Fresh Graduate SMK yang Menarik dan Benar

CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang meliputi riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan informasi pribadi serta kontak dari seorang pelamar kerja. Untuk seorang fresh graduate SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), CV merupakan salah satu alat guna mempromosikan diri dan menunjukkan bahwa mereka mempunyai kemampuan dan potensi dalam bekerja. CV yang baik dan menarik mempunyai informasi yang jelas, terorganisir, dan memfokuskan terhadap kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Cara membuat CV Fresh Graduate SMK

Berikut ini cara membuat CV fresh graduate SMK, yaitu:

1. Melengkapi bagian penting dalam CV

Bagian penting dalam CV ialah informasi pribadi supaya pihak HRD dapat menghubungimu kamu, mencakup nama sampai alamat email. Bagian ini umumnya berada di paling kiri atas atau di sebelah foto diri. Sehingga, HRD dapat melihatnya secara jelas.

2. Tulis deskripsi diri yang menarik


Cara membuat CV fresh graduate SMK
berikutnya ialah menjelaskan deskripsi diri yang menarik. Hal ini disebabkan HRD umumnya melakukan seleksi sekilas dan hanya melihat CV yang menarik menurutnya pada seleksi hitungan detik yang dilakukan.

Maka, menjelaskan diri menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Pada penjelasan diri ini akan memuat tentang gambaran skill dan pengalaman kerja/magang. Biasanya hanya mencakup satu atau dua kalimat pada satu paragraf.

3. Tulis riwayat pendidikan dengan urut

Mungkin banyak orang yang berpikir pada bagian “Riwayat Pendidikan” dalam CV, kamu harus menyertakan seluruh pendidikan, dari TK hingga SMK. Padahal, kamu cukup menuliskan nama SMK dan rentang tahun bersekolah sebab HR hanya akan peduli terhadap pendidikan terakhir.

4. Sertakan prestasi


Cara membuat CV fresh graduate SMK
selanjutnya ialah dengan menyertakan prestasi atau achievement. Apabila kamu mempunyai beberapa prestasi saat bersekolah, kamu dapat mencantumkan prestasi itu. Prestasi tersebut akan membuat kesan yang baik bagi HRD bahwa kamu merupakan pelajar yang aktif dan berkemauan tinggi.

5. Cantumkan pengalaman organisasi dengan runtut

Pengalaman organisasi akan membuatmu terasa secara soft skill. Dengan menulisa pengalaman organisasi, kamu akan memberi kesan sebagai sosok yang bisa menjalankan manajemen waktu secara baik. Cantumkan pengalaman organisasi dari yang terbaru dan jelaskan juga deskripsi singkat mengenai job desk kamu pada posisi di organisasi itu.

6. Cantumkan skill sesuai profesi yang dibutuhka
n

CV menjadi media awal dalam memberikan kesan yang baik untuk HRD. Sehingga, kamu dapat mencantumkan hal-hal penting yang memang harus diketahui oleh pihak perusahaan sebagai pertimbangan kamu berhak menerima posisi yang kamu lamar atau tidak.

Informasi penting lain yang harus ditulisakan ialah skill. Skill yang harus disertakan dalam CV ialah yang memiliki hubungan dengan posisi yang dilamar. Skill dapat mencakup tentang hard skill ataupun soft skill.

7. Sertakan pengalaman kerja/magang

Cara membuat CV fresh graduate SMK terakhir ialah dengan menuliskan pengalaman kerja, magang, atau proyek yang pernah dilakukan. Tak masalah apabila kamu hanya memiliki pengalaman PKL atau menjalani proyek selama sekolah. Yang terpenting kamu memiliki tugas spesifik ketika melakukannya, itu dapat dicantumkan pada CV.

Tips membuat CV fresh graduate SMK
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Berikut ini tips membuat CV fresh graduate SMK yang dapat dijadikan panduan, yaitu:

1. Tuliskan kualifikasi yang dimiliki

Kamu dapat menulis bidang yang dipahami. Akan tetapi, bidang itu harus sesuai dengan posisi yang hendak dilamar. Dengan begitu, kamu juga dapat memberikan kesan bahwa kamu mempunyai soft skill yang diperlukan di posisi yang dilamar itu.

2. Impresif

Cara membuat recruiter menilai sebagai seorang yang menarik ialah dengan memberikan deskripsi diri dengan relevan. Tunjukkan bahwa kamu pribadi yang loyal dan dedikatif.

3. Bahasa ringkas, baku, dan padat

CV hanya ditulis satu halaman saja dan harus berisi mengenai semua informasi. Sehingga, jangan berlebihan saat menulisnya. Pakai bahasa baku agar tampak sopan dan profesional.

‍4. Sertakan tujuan dan alasan melamar

Kamu dapat menjelaskan dengan singkat tujuan dan alasan melamar. Berikan impresi yang menarik kepada HRD agar dapat diterima.

5. Kerapian

Penulisan yang rapi dan sesuai dengan format CV akan membuat HRD terbantu ketika pengecekan berkas. Pahami bagaimana cara penulisan CV yang baik dan benar.

Contoh CV fresh graduate SMK

Berikut ini beberap contoh CV fresh graduate SMK yang dapat dicontoh, yakni:

1. CV fresh graduate SMK yang baik dan benar
Daun.id

Sumber: Canva

2. CV fresh graduate SMK yang menarik
Daun.id

Sumber: Canva

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya