Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian yang Benar

"simak untuk lebih jelasnya"

Life | 16 February 2023, 16:25
Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian yang Benar

Ketika akan melakukan sebuah Penelitian, tentunya tak hanya menyiapkan dan menentukan objek yang akan diteliti. Juga salah satunya adalah penting untuk membuat proposalnya terlebih dahulu. Untuk diajukan kepada orang-orang yang berkaitan atau berhubungan dengan orang yang akan mengoreksi Penelitian tersebut. Akankah nanti disetujui atau sebaliknya.
Daun.id

pixabay

Pengertian Kata Pengantar
Kemudian setelah itu, dalam penelitian juga tidak akan lengkap tanpa adanya kata pengantar. Adalah bagian dari sebuah tulisan yang biasanya terletak di awal dan berisi pengenalan atau perkenalan mengenai isi dari tulisan tersebut. Umumnya, kata pengantar berisikan penjelasan singkat tentang tujuan penulisan, latar belakang, kalimat pembuka, atau sebagian konteks dari tulisan tersebut.

Kata pengantar itu sendiri seringkali digunakan pada buku, tesis, laporan, makalah, atau karya tulis lainnya. Fungsi utama dari kata pengantar untuk memberikan gambaran umum tentang isi tulisan, sehingga pembaca dapat lebih memahami konteks dan maksud dari penulis.

Di dalam kata pengantar, penulis juga dapat menyampaikan ucapan terima kasih atau penghargaan kepada orang-orang yang membantu atau memberikan kontribusi dalam penulisan tulisan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghargai dan mengakui peran mereka serta memberikan apresiasi atas dukungan yang diberikan kepada peneliti.

Secara umum, kata pengantar merupakan bagian penting dari sebuah tulisan karena dapat memberikan gambaran awal dan membantu pembaca untuk lebih memahami isi tulisan secara keseluruhan.

Penelitian
Sedangkan penelitian atau karya ilmiah ini sendiri adalah suatu publikasi atau presentasi yang berisi hasil sebuah penelitian atau pemikiran yang dilakukan oleh seorang peneliti atau kelompok peneliti. Karya ini bisa berupa makalah, artikel, buku, atau presentasi yang diterbitkan atau disampaikan dalam forum ilmiah.

Karya ilmiah harus melalui proses yang ketat dalam hal review dan validasi oleh para ahli dalam bidang yang sesuai atau yang paham mengenai apa yang dilakukan dalam penelitian tersebut, sehingga dapat dijamin bahwa hasil dan kesimpulan yang dikemukakan dalam karya ilmiah tersebut akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Karya ilmiah memainkan peran yang cukup penting dalam perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan membantu dalam memecahkan masalah dan membangun solusi yang lebih baik.

Ketentuan Membuat Kata Pengantar
Setelah memahami apa pengertian dari kata pengantar itu sendiri. Penting kiranya juga untuk mengetahui langkah-langkah ketentuannya dalam membuat isi dari kata pengantar itu sendiri. Simak yang berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah ketentuan dari pembuatan kata pengantar:

- Ucapan syukur kepada Tuhan
- Penjelasan mengenai latar belakang penulisan. Misalnya tugas untuk mata kuliah tertentu
- Menjelaskan tentang proses penulisan makalah, proposal, atau laporan
- Menyebutkan beberapa pihak yang berkontribusi dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis
- Ucapan terima kasih kepada orang-orang yang membantu dalam proses penulisan makalah, proposal, atau laporan
-Harapan penulis terhadap makalah, proposal, atau laporannya
- Menyebutkan manfaat karya tulisnya  untuk pembaca
- Memberikan pernyataan menerima kritik dan saran
- Membubuhkan kota, tanggal, bulan, dan tahun penulisan karya tulis ilmiah
- Menuliskan nama penulis disertai tanda tangan

Berikut ini adalah contoh dari kata pengantar dari sebuah penelitian

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjat kan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul "......." tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Gajah Mada dan untuk memperoleh gelar Sarjana Psikologi Jurusan Psikologi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materil, sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

1. Bapak Aziz, M.Psi., selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.
2. Pimpinan Biro Konseling, Bapak X dan seluruh staf Biro Konseling atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.
3. Papa dan mama serta kakakku yang telah memberikan doa, dorongan dan semangat selama penyusunan skripsi ini. 
4. Teman-temanku satu bimbingan penelitian proposal yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya