Contoh Judul Proposal Penelitian Berbagi Tema yang Menarik

"pahami lebih jauh"

Life | 17 February 2023, 09:43
Contoh Judul Proposal Penelitian Berbagi Tema yang Menarik

Ketika akan melakukan sebuah Penelitian, tentunya tak hanya menyiapkan dan menentukan objek yang akan diteliti. Juga salah satunya adalah penting untuk membuat proposalnya terlebih dahulu. Untuk diajukan kepada orang-orang yang berkaitan atau berhubungan dengan orang yang akan mengoreksi Penelitian tersebut. Akankah nanti disetujui atau sebaliknya.

Pengertian Proposal

Proposal merupakan suatu dokumen tertulis yang menerangkan mengenai rencana atau ide suatu proyek atau kegiatan yang hendak dilaksanakan. Proposal umumnya meliputi informasi terkait tujuan, latar belakang, metode, anggaran biaya, dan waktu pelaksanaan dari proyek atau kegiatan yang diusulkan.

Proposal umumnya dipakai dalam meminta persetujuan atau dukungan dari pihak-pihak terkait, misalnya investor, sponsor, lembaga keuangan, atau pihak yang mempunyai kepentingan pada proyek atau kegiatan yang diusulkan. Proposal yang baik harus memberikan informasi yang jelas dan lengkap, serta dapat meyakinkan pihak terkait bahwa proyek atau kegiatan yang diusulkan akan berhasil dan bermanfaat.

Penelitian
Sedangkan penelitian atau karya ilmiah ini sendiri adalah suatu publikasi atau presentasi yang berisi hasil sebuah penelitian atau pemikiran yang dilakukan oleh seorang peneliti atau kelompok peneliti. Karya ini bisa berupa makalah, artikel, buku, atau presentasi yang diterbitkan atau disampaikan dalam forum ilmiah.

Karya ilmiah harus melalui proses yang ketat dalam hal review dan validasi oleh para ahli dalam bidang yang sesuai atau yang paham mengenai apa yang dilakukan dalam penelitian tersebut, sehingga dapat dijamin bahwa hasil dan kesimpulan yang dikemukakan dalam karya ilmiah tersebut akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Karya ilmiah memainkan peran yang cukup penting dalam perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan membantu dalam memecahkan masalah dan membangun solusi yang lebih baik.

Jenis Penelitian
Sebelum melangkah pada bagaimana cara membuat dan menentukan arah judul sebuah proposal penelitian. Penting juga untuk mengetahui jenis-jenis dari penelitian itu sendiri. Bila dilihat berdasarkan dari isinya, proposal penelitian ini terbagi menjadi empat jenis, yakni:

1. Proposal penelitian kualitatif
Merupakan penelitian yang memfokuskan pada perilaku manusia (pemahaman humanistik) yang bersifat dinamis serta kontekstual. Penelitian kualitatif digunakan untuk memahami sikap, perilaku, pengalaman, keyakinan, dan interaksi manusia dengan menggunakan pendekatan individual dengan data non-numerik.

2. Proposal penelitian kuantitatif
Umumnya berisikan penelitian yang bersifat dapat dihitung secara pasti. Penelitian kuantitatif berfokus pada penggunaan banyak angka, dimulai dari pengumpulan data hingga penampilan hasilnya. Juga disertai dengan banyaknya pemaparan berupa tabel, grafik dan gambar.
Daun.id

pixabay

3. Proposal penelitian kajian
Penelitian yang memiliki tujuan untuk menelaah buku artikel ilmiah serta data relevan pendukung lainnya yang berkaitan dengan judul. Jenis penelitian ini berisikan langkah-langkah konseptual pemecahan suatu masalah penelitian tanpa adanya praktikum. Data serta analisisnya ini sendiri akan diambil berdasarkan kajian sumber-sumber pustaka yang ada.

4. Proposal penelitian pengembangan
Penelitian satu ini merupakan penelitian yang berisikan pengembangan dari suatu ilmu pengetahuan. Penelitian ini yang dijalankan dengan cara mengembangkan penelitian sebelumnya yang telah ada.

Dalam penelitian pemgembangan ini, data yang didapatkan langsung dari kajian pustaka dan sebagian besarnya lagi dari praktikum atau pengambilan data secara langsung.

Cara Menentukan Judul Proposal Penelitian
Setelah memahami apa pengertian dari penelitian, dan proposal itu sendiri. Di mana hal ini proposal dalam penilitian adalah membuat sebuah analisis awal untuk disodorkan ke dosen peneliti untuk dikoreksi. Namun sebelum itu perhatikan cara membuat atau ketika akan menentukan sebuah judul dari penelitian itu sendiri. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Menentukan Permasalahan Penelitian
2. Menentukan Ruang Lingkup Pembahasan
3. Mencari Informasi Mendalam dari Penelitian Sejenis. Seperti sering-sering membaca penilitian terdahulu
4. Membuat Judul dengan Bahasa yang Lugas, tidak bertele-tele dan Spesifik
5. Pilihlah Judul Sesuai Bidang Keilmuan

Urutan Membuat Judul
Tentunya tak hanya sampai pada langkah atau cara bagaimana akan menentukan sebuah judul. Penting juga untuk mengetahui bagaimana selanjutnya dalam penentuan urutannya. Seperti hal-hal di bawah ini:

- Topik
Menentukan topik adalah hal pertama yang wajib dilakukan oleh seorang peneliti. Peneliti harus fokus dengan pencarian topik tentang apa yang akan dikaji.

- Masalah
Setelah menentukan topik, maka amatilah melalui kegiatan observasi atau bisa juga dengan studi kasus. Dari hasil pengamatan nanti sang peneliti harus bisa menemukan masalah. Akan tetapi jika memang tidak menemukan masalah maka tidak perlu mengada-adanya. Masalah adalah ketimpangan antara harapan dan juga kondisi yang terjadi di lapangan.

- Identifikasi masalah
Sebenarnya sama dengan pembahasan menentukan masalah, hanya saja pada identifikasi masalah seorang peneliti harus menuliskan masalah dengan kompleks dan rinci.

- Batasan masalah
Merupakan upaya untuk membatasi ruang lingkup masalah yang masih terlalu luas. Pada hal ini, penulis wajib untuk membuat batasan-batasan pada penelitian yang akan dilaksanakan.

- Judul
Ada yang bilang kalau judul itu harus panjang dan spesifik, ada juga yang bilang judul itu harus pendek dan menyeluruh. Semuanya merupakan pendapat yang sama benar, kamu boleh menggunakan keduanya. Akan tetapi dalam pembuatan proposal penelitian kualitatif, akan lebih baik jika judul dibuat pendek dan holistik (menyeluruh). Kemudian bisa dilanjutkan dengan pembuatan batasan masalah.
Daun.id

pixabay

Contoh Judul Penelitian

Judul Proposal Penelitian tentang Pendidikan
“Pengaruh Penggunaan Telepon Genggam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jombor 01 Bendosari Sukoharjo”
“Pengaruh Pendekatan Problem Solving Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin”
“Pengaruh Karakteristik Demografi dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Aceh Utara”
“Pendidikan Islam dalam Perspektif Pemikiran Tan Malaka”
“Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam dalam Perspektif Sayyid Ahmad Khan”
“Optimalisasi Perkuliahan Metodologi Penelitian Melalui Pendekatan Konstruktivis”
“Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa”
“Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Offline Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Di SMAN 5 Banjarmasin”
“Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmiu Pendidikan Kekhususan Pendidikan Agama Katolik”
“Pengaruh Pembelajaran Konseptual Terhadap Prestasi Belajar Geografi pada Pokok Bahasan “Iklim”pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Ngawi Tahun Ajaran 2023/2024”
“Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa”

Judul Proposal Penelitian tentang Hukum
"Penegakan Hukum Internasional di Negara Berkembang – Isu, Pembenaran, dan Pemulihan"
"Kerjasama Militer antara Inggris dan AS untuk Mengatasi Teror — Sebuah Sejarah Perspektif dan Analisis Masa Depan"


Judul Proposal Penelitian tentang Akuntansi
“Pengaruh Audit Internal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Studi Kasus Pada PT Hero Supermarket, TBK”
“Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”
“Pengaruh Restitusi Pajak Pertambahan Nilai Wajib Pajak Badan Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya di Kota Makassar”
“Analisis Laporan Keuangan Pada PT. Bank Syariah Mega Indonesia”
“Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan XXX”

Judul Proposal Penelitian tentang Kesehatan Masyarakat
"Hubungan Aktivitas Fisik Sedentary dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang"
"Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Dukungan Keluarga, dan Faktor Budaya Terhadap Pemberian Asi Parsial"
"Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku PErsonal Hygiene Menstruasi pada Siswi di SMA Budi Utomo Jombang"
"Hubungan Perilaku Merokok, Aktivitas Fisik, serta Pola Konsumsi Makan dengan Kejadian Toleransi Glukosa Terganggu di DKI Jakarta Tahun 2018"
"Hubungan siklus menstruasi, kualitas tidur, dan status gizi, terhadap dismenore primer pada remaja putri di pondok pesantren sabilurrosyad gasek Malang"

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya