Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar

"Tulis proposal bisnis plan dengan benar."

Life | 20 February 2023, 22:30
Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik dan Benar

Proposal bisnis plan merupakan dokumen tertulis yang isinya tentang rencana bisnis yang akan dilaksanakan oleh suatu perusahaan atau calon pengusaha guna mengembangkan bisnis atau memulai usaha baru. Proposal tersebut isinya mengenai latar belakang bisnis, deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan, analisis pasar, strategi pemasaran, analisis keuangan, serta rencana operasional dan manajemen.

Adapun tujuan dari proposal bisnis plan ialah guna meyakinkan investor, bank, atau pihak-pihak terkait lainnya bahwa bisnis itu mempunyai potensi agar sukses dan menguntungkan. Proposal bisnis plan juga dipakai sebagai panduan dalam mengarahkan bisnis guna pencapaian tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang, serta sebagai alat evaluasi kinerja bisnis. Proposal bisnis plan yang baik harus menyajikan informasi yang jelas, logis, serta realistis dan terukur untuk pencapaian tujuan bisnis.

Jenis-jenis proposal bisnis
Daun.id

Sumber: Pexels.com

 
Adapun beberapa jenis proposal bisnis yakni sebagai berikut:

1. Proposal usaha resmi

Proposal usaha resmi biasanya dipakai dalam mempermudah proses kerja yang dilaksanakan oleh kedua belah pihak. Contoh proposal usaha resmi ini umumnya mempunyai tujuan dalam menanggapi proposal usaha resmi yang sudah dikirimkan kepada pihak penerima.

2. Proposal usaha informal

Proposal usaha informal ini dipakai dalam memperluas jaringan usaha dan menambah target dari konsumen. Proposal bisnis informal bisa dibuat apabila tidak ada permintaan secara resmi dari pihak pembeli maupun partner bisnis.

3. Proposal bisnis yang tidak diminta

Dengan proposal bisnis yang tidak diminta, kamu bisa mendekati pelanggan yang potensial guna mendapatkan bisnis mereka. Sehingga, kamu dapat mempelajari calon pelanggan caranya dengan memberikan proposal usaha jenis itu.

4. Proposal Bisnis yang diminta

Proposal bisnis yang diminta biasanya dibuat oleh pihak perusahaan jika mereka tidak mampu menuntaskan suatu masalah. Maka, perusahaan itu akan mengundang beberapa pemilik usaha lainnya guna mengajukan proposal yang isinya sebuah rincian mengenai bagaimana mereka mampu menuntaskan suatu masalah.

5. Unsolicited

Proposal unsolicited ialah proposal yang tidak akan menentukan target pasar maupun pihak tertentu dan sifatnya umum. Hal ini sebab pihak yang membuat proposal bisnis ini belum mengetahui dengan pasti mengenai siapa saja pihak yang hendak menerimanya.

Faktor-faktor pembuatan proposal bisnis plan

Pada penyusunan draft sebuah proposal bisnis plan harus dijelaskan berdasar kepada analisis bisnis yang memakai analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Selain itu, contoh proposal bisnis plan yang tepat harus memiliki empat faktor utama, seperti berikut:

1. Tujuan yang realisti
s

Sebuah proposal bisnis akan lebih baik jika isinya meliputi tujuan yang realistis dan mampu dicapai sesuai kemampuan yang dipunya. Maka tujuan itu mampu diukur dengan jangka waktu tertentu.

2. Disusun dengan fleksibe
l

contoh proposal yang baik sepatutnya dibuat secara fleksibel. Cara ini dilakukan guna mengikuti ke arah mana bisnis atau usaha yang dijalankan akan berkembang. Adapun manfaat lainnya yakni guna membuat alternatif strategi yang sesuai terhadap unit usahanya.

3. Mempunyai batasan waktu

Tidak hanya mempunyai tujuan yang realistis dan dibuat secara fleksibel, contoh proposal bisnis plan yang benar harus memiliki batasan waktu yang jelas pula. Dapa dikatakan bahwa proposal itu harus disusun menurut jangka waktu yang sudah ditetapkan dan menjalankan evaluasi secara rutin guna memajukan usahanya.

4. Komitmen

Contoh proposal bisnis yang tepat yakni komitmen. Maksudnya, setiap anggota maupun pihak yang ikut andil pada bisnis itu harus mendukung setiap tujuan yang terdapat di proposal bisnis. Baik dari segi lingkungan seperti halnya, pemimpin dan pegawai serta lingkungan luar misalnya partner bisnis maupun keluarga.

Contoh proposal bisnis pla
nDaun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini adalah contoh proposal bisnis plan yang baik dan benar:

Judul Proposal: Café Kebun Tropis

I. Latar Belakang

Café Kebun Tropis adalah bisnis café yang berfokus pada konsep kopi premium dengan nuansa kebun tropis di Jakarta Selatan. Menurut data yang kami kumpulkan, minat masyarakat untuk menikmati kopi premium yang diolah dengan baik di Jakarta semakin meningkat, terutama pada segmen kalangan menengah ke atas. Oleh karena itu, kami merasa potensi bisnis café di Jakarta sangat menjanjikan.

II. Deskripsi Produk atau Layanan

Café Kebun Tropis akan menawarkan kopi premium yang dihasilkan dari biji kopi Arabika terbaik dari berbagai daerah di Indonesia. Kami juga menyediakan makanan ringan, seperti pastry dan roti, serta minuman non-kopi seperti teh dan jus. Desain interior café didesain dengan tema kebun tropis yang menarik dan menyenangkan.

III. Analisis Pasar

Dalam melakukan analisis pasar, kami melakukan survei terhadap calon pelanggan, yang menghasilkan data sebagai berikut:

Potensi pasar di wilayah Jakarta Selatan untuk kopi premium mencapai 200.000 orang.
Harga rata-rata kopi premium di wilayah Jakarta Selatan adalah Rp 40.000 per cangkir.
Calon pelanggan menilai tema kebun tropis yang kami usung menarik dan unik.

IV. Strategi Pemasaran

Untuk memasarkan Café Kebun Tropis, kami akan menggunakan beberapa strategi, yaitu:

Memasarkan melalui media sosial dengan mengunggah foto dan informasi menarik tentang produk dan promo.
Mengadakan event atau promo untuk menarik perhatian pelanggan potensial.
Menawarkan harga yang kompetitif.

V. Analisis Keuangan

Berikut adalah proyeksi keuangan Café Kebun Tropis selama 2 tahun:

- Pendapatan tahun pertama diestimasikan sebesar Rp 1.500.000.000,-.
- Pendapatan tahun kedua diestimasikan sebesar Rp 2.000.000.000,-.
- Biaya investasi awal sebesar Rp 1.000.000.000,-.
- Biaya operasional per bulan diestimasikan sebesar Rp 200.000.000,-.
- Laba bersih tahun pertama diestimasikan sebesar Rp 300.000.000,-.
- Laba bersih tahun kedua diestimasikan sebesar Rp 500.000.000,-.

VI. Rencana Operasional dan Manajemen

Untuk menjalankan Café Kebun Tropis, kami akan merekrut staf yang berpengalaman di bidang perhotelan dan kuliner, serta memiliki semangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Kami juga akan mengimplementasikan sistem manajemen yang baik untuk memastikan bisnis berjalan lancar dan efisien.

VII. Kesimpulan

Café Kebun Tropis memiliki potensi yang besar di pasar kopi premium di Jakarta Selatan. Dengan kualitas produk dan pelayanan yang baik, serta strategi pemasaran yang tepat, kami

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya