Contoh Penutup Proposal Kegiatan dan Penelitian yang Baik

"simak yang berikut ini"

Life | 21 February 2023, 15:50
Contoh Penutup Proposal Kegiatan dan Penelitian yang Baik

Saat hendak membuat sebuah Penelitian, tentunya tak hanya menyiapkan dan menentukan objek yang akan diteliti. Juga di antaranya adalah penting untuk membuat proposalnya terlebih dahulu. Untuk diajukan kepada orang-orang yang berkaitan atau berhubungan dengan orang yang akan mengoreksi Penelitian tersebut. Akankah nanti disetujui atau sebaliknya.

Pengertian Proposal

Proposal itu merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi rencana atau usulan untuk suatu kegiatan atau proyek tertentu. Proposal umumnya dibuat untuk memberi keyakinan kepada orang-orang atau pihak yang berwenang untuk mendukung atau membiayai suatu kegiatan atau proyek.

Umumnya proposal itu terdiri dari beberapa hal seperti latar belakang masalah, tujuan, ruang lingkup kegiatan atau proyek, metode atau strategi yang akan digunakan, sumber daya yang dibutuhkan, biaya, jadwal pelaksanaan, manfaat yang akan diperoleh, dan risiko serta dari strategi mitigasinya.

Bisa digunakan dalam berbagai bidang. Contohnya seperti bisnis, pendidikan, penelitian, sosial, budaya, dan sebagainya. Di konteks bisnis, proposal umumnya digunakan untuk mengajukan rencana bisnis kepada investor atau pihak yang berwenang untuk mendapatkan dukungan atau modal usaha. Dalam pendidikan, proposal digunakan untuk mengajukan rencana kegiatan atau proyek kepada pihak sekolah, lembaga, civitas akademik atau universitas. Sedangkan di penelitian, proposal digunakan untuk mengajukan rencana penelitian kepada pihak sponsor atau lembaga yang akan membiayai penelitian.

Pengertian Penutup Proposal
Penutup proposal merupakan bagian yang akhir dari proposal yang berisi kesimpulan atau ringkasan dari keseluruhan isi dari proposal. Tujuan dari penutup proposal itu untuk memberikan gambaran singkat tentang apa yang telah diusulkan dalam proposal dan mengajak pihak yang berwenang untuk mendukung atau menyetujui usulan yang diajukan.

Dalam kaitannya, hal-hal yang dapat dimasukkan dalam penutup proposal antara lain:
Daun.id

pixabay

1. Ringkasan
Bagian yang memberikan gambaran singkat tentang isi proposal dan tujuan yang ingin atau akan dicapai.

2. Apresiasi
Juga untuk ungkapan terima kasih kepada pihak yang berwenang yang telah membaca proposal dan memberikan kesempatan untuk mengajukan usulan.

3. Ajakan Menyetujui
Sebagai bahan ajakan kepada pihak yang berwenang untuk mendukung atau menyetujui usulan yang diajukan.

4. Kontak Person
Memberikan sebuah informasi untuk sebagai orang yang dihubungi atau kontak person yang bisa dihubungi jika pihak yang berwenang memiliki pertanyaan atau ingin meminta penjelasan lebih lanjut tentang proposal.

5. Tanda Tangan
Sebagai sebuah tanda keseriusan dan komitmen dalam melaksanakan rencana yang diusulkan dalam proposal.

Penutup proposal sebaiknya dibuat dalam bentuk yang singkat, jelas, dan menggugah minat. Hingga pihak yang berwenang dapat memahami dengan mudah dan tertarik untuk mendukung atau menyetujui usulan yang diajukan.

Contoh Penutup Proposal
1. Penutup Proposal Kegiatan
Dalam kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang berwenang yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk mengajukan usulan kegiatan ini. Melalui ajuan proposal ini, kami telah mengusulkan rencana kegiatan yang kami yakini akan memberikan manfaat bagi para peserta, mitra, dan juga masyarakat yang ada di sekitar.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami akan melibatkan tenaga ahli dan fasilitator yang begitu berpengalaman, dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini guna untuk memastikan kegiatan berjalan dengan efektif dan efisien. Kami meyakini bahwa dalam kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peserta dan masyarakat sekitar, serta memperkuat hubungan mitra yang telah kami bangun selama ini.

Harapannya proposal ini bisa mendapatkan dukungan dari pihak yang berwenang, dan kami siap memberikan penjelasan lebih lanjut dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan timbul. Untuk informasi lebih lanjutnya, bisa hubungi kami melalui kontak person yang tertera pada proposal ini.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan dan berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Hormat kami,

[Penulis]

2. Penutup Proposal Penelitian
Demikianlah proposal penelitian yang kami susun dan ajukan. Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan kami harap proposal kami telah memberikan gambaran yang jelas tentang rencana penelitian kami. Penelitian ini dirancang dengan baik dan didasarkan pada masalah yang signifikan dan penting.

Kami meyakini bahwa hasil penelitian kami akan memberikan manfaat dan sumbangsih penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat. Dalam pelaksanaan penelitian ini, kami akan memastikan bahwa data yang diperoleh dianalisis secara cermat dan akurat, dan kami akan bekerja sama dengan mitra dan pihak-pihak terkait untuk memperoleh informasi yang diperlukan.

Kami berharap proposal ini dapat mendapatkan dukungan dari pihak sponsor atau lembaga yang membiayai penelitian, dan kami siap memberikan penjelasan lebih lanjut dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin timbul. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui kontak person yang tertera pada proposal ini.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan berharap penelitian kami dapat terlaksana dengan baik. Hormat kami,

[Penulis]

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya