Contoh Proposal Penelitian Pendidikan, Lengkap Penjelasan dan Strukturnya

"Jangan lagi bingung karena tidak bisa membuat proposal pendidikan, berikut ini adalah contohnya."

Life | 22 February 2023, 17:02
Contoh Proposal Penelitian Pendidikan, Lengkap Penjelasan dan Strukturnya

Proposal adalah rencana dari kegiatan, penilitian, proyek atau bisnis yang dituliskan dalam bentuk rancangan. Rencana kegiatan tersebut harus ditulis secara baik, benar, dan rinci agar pihak-pihak yang berkepentingan dapat memahami proposal yang diajukan. Proposal bersifat hanya sebagai usulan tertulis yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Ada beberapa tujuan dari dibuatnya sebuah proposal, yaitu:

- Untuk mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan supaya dapat melaksanakan sebuah kegiatan.

- Apabila terkait dengan proposal pengajuan dana, maka proposal bertujuan untuk mendapatkan bantuan dana dari pihak sponsor.

- Untuk mendapatkan dukungan dari pihak yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.

- Apabila berkaitan dengan proposal proyek pemerintah, maka proposal bertujuan untuk melakukan tender atau lelang pada proyek-proyek tersebut.

- Untuk mendapatkan penawaran kerja sama bisnis, apabila berkaitan dengan proposal bisnis.
Daun.id

pexels.com

Selain dari tujuan, berikut ini adalah fungsi dari proposal:

- Dapat digunakan untuk pengajuan kerja sama bisnis kepada perusahaan sasaran.

- Dapat digunakan untuk mengadakan acara tertentu, misalnya pelatihan, seminar, perlombaan, dan lain-lain.

- Dapat digunakan untuk melaksanakan penelitian ilmiah.

- Dapat digunakan untuk pengajuan mendirikan suatu usaha.

- Dapat digunakan untuk pelelangan sebuah proyek atau barang.

Jenis-Jenis Proposal

Berdasarkan tujuan dibuatnya, ada empat jenis proposal, yaitu:

- Proposal Penelitian
Proposal ini dibuat ketika seseorang hendak melakukan sebuah penelitian. Sehingga apa yang hendak diteliti dan bagaimana prosedur penelitian serta teori yang dipakai akan dijelaskan dalam proposal ini. Proposal penelitian digunakan dan dibuat oleh mereka yang berada di lingkungan akademisi, seperti mahasiswa atau dosen. Proposal ini terdiri dari proposal penelitian untuk disertasi, tesis, skripsi, atau yang lainnya.

- Proposal Proyek
Proposal proyek ini berisi tentang rencana kegiatan pembangunan yang akan dilakukan. Isinya pun macam-macam, mulai dari tujuan proyek dilaksanakan, siapa saja yang terlibat, sampai dengan dana yang dibutuhkan dalam proyek.

- Proposal Kegiatan
Proposal kegiatan adalah proposal yang dibuat untuk sebuah kegiatan atau tertentu. Isi dari proposal kegiatan ini adalah rencana kegiatan yang akan dilakukan, mulai dari nama kegiatan, tema, waktu, susunan panitia, anggaran dll. Contoh dari proposal ini adalah proposal kegiatan pameran, kegiatan pentas seni, kegiatan classmeeting, kegiatan perayaan hari nasional, dan sebagainya.

- Proposal Bisnis
Proposal bisnis adalah proposal yang biasa digunakam pada kegiatan bisnis pribadi maupun kelompok. Misalnya adalah proposal mendirikan usaha, proposal kerja sama antar perusahaan, serta proposal lain yang berkaitan dengan bisnis.

Jenis, Struktur dan Contoh Proposal Penelitian Pendidikan

Jenis Proposal Penelitian

Berdasarkan isinya, proposal penelitian dibagi menjadi 4, yaitu proposal penelitian pengembangan, proposal penelitian kajian, proposal penelitian kuantitatif dan proposal penelitian kualitatif. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Daun.id

pixabay.com

- Proposal Penelitian Pengembangan
Proposal penelitian pengembangan adalah proposal penelitian yang ajukan guna mengembangkan suatu ilmu yang telah ada, dengan menerapkan serta mengkaji setiap permasalahannya. Dalam praktiknya, akan diperoleh hasil praktikum dengan proses pengambilan data secara langsung.

- Proposal Penelitian Kajian
Umumnya proposal ini dibuat berdasarkan buku, jurnal atau artikel ilmiah yang mempunyai data relevan. Namun, hal harus berisikan beberapa langkah konseptual pemecahan suatu masalah penelitian meskipun tanpa dilakukannya praktikum. Oleh sebab itu, pengambilan data serta proses analisis diperoleh berdasarkan pengkajian dari sumber pustaka.

- Penelitian Kuantitatif
Penelitian kuantitatif mempunyai sifat dapat diperhitungkan secara pasti. Untuk penelitian kuantitatif mempunyai kerangka teori lebih jelas dan diperoleh pengambilan data bersifat numerik. Di samping itu, untuk analisis data juga diperoleh berdasarkan literatur valid sumbernya.

- Proposal Penelitian Kualitatif
Proposal penelitian kualitatif memiliki fokus terhadap pemahaman humanistik. Hal ini dapat menjadi patokan terhadap contoh proposal penelitian tentang pendidikan. Dengan kata lain, penelitian ini memahami lebih dalam perilaku manusia yang bersifat dinamis serta kontekstual. Tujuan utamanya yaitu agar dapat memahami pengalaman, keyakinan, perilaku, sikap serta interaksi manusia. 

Struktur Proposal Penelitian Pendidikan

Ada tiga bagian utama dari proposal penelitian pendidikan, yaitu bagian awal, bagian utama dan bagian akhir. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Bagian Awal
Pada bagian awal proposal berisi halaman sampul, judul, lembar persetujuan apabila ada, lembar pengesahan serta daftar isi. Untuk bagian sampul ini akan memuat judul penelitian tersebut, logo maupun lambang, nama peneliti serta nomor induk. Pada bagian daftar isi dapat berisikan komposisis keseluruhan dalam rangkaian proposal penelitian. Sehingga, seluruh komponen dapat diketahui lebih jelas dan terperinci dengan baik.

2. Bagian Utama
Bagian utama meliputi bab 1, bab 2 hingga bab 3. Lebih jelasnya, untuk bab 1 sendiri umumnya dipaparkan terkait pendahuluan terlebih dahulu. Di samping itu, pada bagian kedua berisikan tinjauan pustaka dan yang terakhir yaitu berisikan metodologi penelitian.

3. Bagian Akhir
Sedangkan untuk bagian akhir dari struktur proposal penelitian sendiri dapat memuat daftar pustaka beserta lampirannya. Pada penulisan daftar pustaka dapat diberikan secara urut berdasarkan abjad awal hingga akhir. Sementara bagian lampiran memuat segala informasi terkait data, format angket, dokumentasi penelitian dan lain sebagainya.

Contoh Proposal Penelitian Pendidikan
Berikut ini contoh karya tulis ilmiah remaja sederhana dan mudah untuk kamu jadikan contoh. Karya tulis ilmiah menggunakan referensi (mamikos.com)

Contoh 1

Judul:

Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dalam Penilaian Pengetahuan Serat Wulang

Bab I: Pendahuluan

A. Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan bentuk sarana dalam penyampaian suatu materi pembelajaran. Dimana, hal ini digunakan sebagai media pembantu pendidik untuk bisa memudahkan proses pembelajaran.

Menggunakan teknologi yang terus berkembnag lebih baik membuat banyak sekali cara untuk menjadikan pembelajaran online mudah dilakukan. Oleh sebab itu, siswa tetap mampu mencapai integrasi di antara teknologi serta pedagogik di dalam konten pembangunan dalam dunia pendidikan.

Di samping itu, tenaga pendidik juga dapat membangun kerangka berpikir para siswa yang berbasis teknologi atau bisa disebut dengan TPACK. Media pembelajaran di dalam penilaian berbasis teknologi ini dapat berwujud aplikasi Quizizz.

B. Identifikasi Masalah
Dalam era digital saat ini membuat penggunaan gadget dapat dikatakan wajib dimiliki oleh para siswa di SMAN 1 Kedungwuni. Untuk menciptakan suasana belajar yang menarik sekaligus menyenangkan dapat menggunakan media belajar berbasis teknologi yaitu Quizizz.

C. Rumusan Masalah
- Bagaimana cara penggunaan media pembelajaran berupa Quizizz?

- Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz?

- Apakah adanya media pembelajaran berbasis teknologi ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar?

D. Tujuan Penelitian
- Untuk dapat mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran baru berbasis teknologi menggunakan Quizizz.

- Dalam penelitian ini penulis akan mengidentifikasi rumusan masalah untuk dapat mengetahui pengaruh dalam proses pembelajaran.

- Untuk dapat mengetahui bagaimana perkembangan motivasi belajar para siswa ketika menggunakan media pembelajaran baru.

E. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian berisi terkait kontribusi apa saja yang nantinya akan diberikan setelah selesai melakukan proses penelitian. Dalam kegunaan dapat berwujud teoritis serta kegunaan praktis.

Sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi pengetahuan terkait masalah yang akan diteliti. Hal ini terkhusus tentang pengaruh dalam penggunaan media penilaian dengan aplikasi Quizizz.


Contoh 2

Pengaruh Aktivitas Bermain Game Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Blitar

Bab I: Pendahuluan

A. Latar Belakang
Kecenderungan bermain online saat ini sudah dianggap mulai mempengaruhi aktivitas keseharian siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kecenderungan para remaja khususnya pada jenjang SMA dalam menghabiskan waktunya.

Keberadaan fakta ini sudah terlihat jelas dan sangat memprihatinkan, sebab seharusnya para remaja menghabiskan waktunya untuk hal positif. Pasalnya, di dalam perspektif sosiologi, seseorang akan cenderung berkembang menjadi egosentris serta individualis ketika kecanduan dalam bermain game.

B. Pembatasan Masalah
Rendahnya prestasi belajar sebagian siswa kelas X A-D SMA 2 Blitar
Tingginya intensitas bermain game online yang dilakukan oleh para siswa X A-D SMA 2 Blitar

C. Rumusan Masalah
Adakah pengaruh kegiatan bermain game terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X A-D SMA 2 Blitar?

Bab II: Kajian Teori

A. Prestasi Belajar
Berdasarkan bentuk permasalahan yang dipilih, maka proposal penelitian akan dicantumkan dua teori. Beberapa diantaranya yaitu mengenai prestasi belajar sekaligus keberadaan game online.

Kajian teori terkait prestasi belajar nantinya dapat meliputi pengertian, faktor yang mempengaruhi beserta upaya dalam meningkatkannya. Sedangkan untuk game online yakni meliputi pengertian, jenis hingga dampaknya.

B. Hipotesis
Adanya pengaruh positif serta cukup signifikan antara variabel aktivitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa kelas X A-D SMA 2 Blitar.

Bab III: Metode Penelitian

A. Desain Penelitian
Penelitian ini berdesain ex-post facto, untuk dapat meneliti suatu fakta yang telah terjadi di lapangan. Menggunakan pendekatan secara kuantitatif agar dapat berhasil memperoleh data berupa kumpulan angka.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya