Contoh Pendahuluan Proposal Penelitian, Ketahui Sistematika Pembuatannya

"simak penjelasannya yang berikut ini"

Life | 23 February 2023, 17:08
Contoh Pendahuluan Proposal Penelitian, Ketahui Sistematika Pembuatannya

Saat hendak membuat sebuah Penelitian, tentunya tak hanya menyiapkan dan menentukan objek yang akan diteliti. Juga di antaranya adalah penting untuk membuat proposalnya terlebih dahulu. Untuk diajukan kepada orang-orang yang berkaitan atau berhubungan dengan orang yang akan mengoreksi Penelitian tersebut. Akankah nanti disetujui atau sebaliknya.

Pengertian Proposal

Proposal itu merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi rencana atau usulan untuk suatu kegiatan atau proyek tertentu. Proposal umumnya dibuat untuk memberi keyakinan kepada orang-orang atau pihak yang berwenang untuk mendukung atau membiayai suatu kegiatan atau proyek.

Umumnya proposal itu terdiri dari beberapa hal seperti latar belakang masalah, tujuan, ruang lingkup kegiatan atau proyek, metode atau strategi yang akan digunakan, sumber daya yang dibutuhkan, biaya, jadwal pelaksanaan, manfaat yang akan diperoleh, dan risiko serta dari strategi mitigasinya.

Bisa digunakan dalam berbagai bidang. Contohnya seperti bisnis, pendidikan, penelitian, sosial, budaya, dan sebagainya. Di konteks bisnis, proposal umumnya digunakan untuk mengajukan rencana bisnis kepada investor atau pihak yang berwenang untuk mendapatkan dukungan atau modal usaha. Dalam pendidikan, proposal digunakan untuk mengajukan rencana kegiatan atau proyek kepada pihak sekolah, lembaga, civitas akademik atau universitas. Sedangkan di penelitian, proposal digunakan untuk mengajukan rencana penelitian kepada pihak sponsor atau lembaga yang akan membiayai penelitian.

Pengertian Pendahuluan Proposal

Merupakan bagian awal yang sangat penting karena memiliki fungsi untuk memperkenalkan topik penelitian yang akan dilaksanakan  atau dilakukan, menjelaskan latar belakang penelitian, dan menguraikan masalah atau gap yang ingin dipecahkan melalui penelitian tersebut.

Dalam bagian pendahuluan, peneliti perlu memberikan gambaran secara jelas tentang topik penelitian yang akan dilakukan, mengapa topik tersebut diangkat dan penting untuk diteliti, dan apa yang menjadi gap atau masalah yang ingin dipecahkan melalui penelitian tersebut. Peneliti juga perlu menyebutkan tujuan penelitian, pertanyaan penelitian, dan hipotesis atau asumsi dasar yang mendasari penelitian tersebut.
Daun.id

pixabay

Pendahuluan bisa juga memuat informasi tentang teori atau konsep yang menjadi dasar teoritis bagi penelitian. Serta hasil dari penelitian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian yang akan dilakukan. Pada bagian ini, peneliti juga perlu memberikan justifikasi mengenai metode penelitian yang akan digunakan serta menjelaskan bagaimana data akan dikumpulkan dan dianalisis.

Pendahuluan yang baik akan memperkuat kepercayaan pembaca bahwa penelitian yang diusulkan relevan dan bernilai untuk dilakukan, serta menunjukkan keahlian dan kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian tersebut secara kompeten. Karenanya pendahuluan merupakan bagian yang penting untuk mendapatkan dukungan dan persetujuan dari para pembaca terhadap proposal penelitian yang diajukan.

Dalam kaitannya, hal-hal yang dapat dimasukkan dalam pendahuluan yang ada di proposal antara lain:

- Judul
Membuat judul proposal yang menarik dan mencerminkan topik yang akan dibahas atau yang akan diangkat dalam proposal tersebut.

- Pengenalan

Bagian ini menjelaskan latar belakang masalah yang akan dibahas dalam proposal. Berikan penjelasan secara singkat mengenai situasi atau kondisi saat ini, dan mengapa masalah ini perlu ditangani atau diangkat atau untuk diselesaikan.

- Identifikasi Masalah
Bagian ini yang akan diselesaikan melalui proposal ini nantinya. Jelaskan secara jelas masalah yang ada, mengapa masalah ini perlu untuk ditangani atau dipecahkan, dan bagaimana masalah ini mempengaruhi orang banyak.

- Tujuan
Bagian ini juga menjadi titik utama dari sebuah penelitian. Apa yang ingin dicapai melalui proposal ini. Juga tujuan ini juga harus berkaitan dengan masalah yang akan diidentifikasi.

- Ruang Lingkup
Memberikan informasi mengenai ruang lingkup proposal. Apa saja yang akan dibahas dalam proposal. Bagian ini juga dapat mencakup batasan masalah, sumber daya yang tersedia, dan kemampuan organisasi atau individu yang membuat proposal.

- Metode atau Pendekatan
Menjelaskan metode atau pendekatan yang akan digunakan dalam proposal. Metode atau pendekatan ini dapat mencakup teknik atau strategi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya