Contoh CV Tanpa Pengalaman Kerja dan Organisasi, Ketahui Cara Pembuatannya

"begini lebih jelasnya"

Life | 25 February 2023, 08:10
Contoh CV Tanpa Pengalaman Kerja dan Organisasi, Ketahui Cara Pembuatannya

Umumnya setelah lulus dari sekolah banyak yang mencarisebuah pekerjaan. Mulai untuk bisa melanjutkan sekolah, yaitu kuliah, menabung atau agar tidak perlu meminta ke orang tua saat ingin beli barang tertentu dan akan pergi ke mana.

Pengertian CV

Sebelum melamar sebuah pekerjaan, tentunya dan alangkah lebih baiknya membuat CV terlebih dahulu. CV ini sendiri merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang berarti riwayat hidup atau riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Di dunia kerja, CV itu merupakan dokumen penting yang mempresentasikan diri dan kualifikasi seseorang untuk melamar pekerjaan. Umumnya, CV mencakup informasi seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan kualifikasi, serta referensi dan kontak. CV membantu perusahaan atau perekrut untuk memutuskan apakah si pelamar cocok untuk posisi yang dilamar.

CV berisi riwayat, pengalaman bakat-bakat, dan kemampuan. Agar bisa dilirik rekruter, buatlah CV yang ringkas, jelas, padat, mudah dibaca, menunjukkan stabilitas, hal menarik dan ditulis menggunakan tata bahasa yang baik.

Jika masih bingung bagaimana urutan susunannya, berikut format CV fresh graduate yang dapat dicontoh:
- Latar belakang pendidikan formal dan pendidikan tambahan (kursus). Jika ada, cantumkan pula prestasi yang diperoleh selama mengenyam pendidikan
- Pengalaman kerja, uraikanlah lebih jauh tugas dan tanggung jawab yang pernah dikerjakan
- Jika tidak ada pengalaman kerja, cantumkan pengalaman organisasi ataupun kepanitiaan yang pernah diikuti semasa sekolah atau kuliah
- Informasi pendukung lainnya, misalnya aktivitas sosial atau kegiatan seminar. Cantumkan sertifikat seminar jika ada
- Data pribadi, seperti nama, alamat, dan kontak

Untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali tak perlu khawatir. Tetap bisa memasukkan keahlian atau kemampuan, yang biasa disebut dengan soft skill juga hard skill. Yang bertujuan untuk menambah nilai plus di hadapan rekruter sehingga mampu bersaing dengan kandidat lainnya. Seperti menonjolkan hal-hal berikut;

- Soft Skill
Soft skill ini sendiri bisa dipelajari, akan tetapi tidak dengan cara seperti belajar formal layaknya di bangku sekolahan atau perkuliahan. Hal itu dapat dipelajari dengan lebih banyak melakukan komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, serta dengan cara melatih kepekaan sosial. Dengan begitu, individu itu dapat menerapkannya pada perilaku yang nantinya akan berpengaruh pada kemampuan soft skill. Juga soft skill ini terasah ketika saat mengikuti atau tergabung dalam sebuah komunitas atau pun organisasi.

Ada pun di antara soft skill yang perlu untuk disebutkan dalam CV adalah:
  Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence)
  Kepemimpinan (Leadership)
  Komunikasi (Communication)
  Berpikir Kritis (Critical Thinking)
  Penyelesaian Masalah (Problem Solving)
  Menyelesaikan Konflik (Conflict Resolution)
  Manajemen Waktu (Time Management)
  Keterampilan Manajemen (Management Skill)
  Keterampilan Berbisnis (Business Skill)
  Negosiasi (Negotiation)
  Kerja Sama (Teamwork)
  Bekerja di Bawah Tekanan (Working under Pressure)
  Mengatasi Individu yang Sulit (Handling Difficult People), juga
  Kemampuan Pendengar yang Baik (Good Listening Skills)
 
- Hard Skill

Tak hanya soft skill, pentingnya juga untuk mengasah hard skill terus-menerus. Ini juga memiliki pengertian yaitu, sebuah keterampilan teknis untuk melakukan pekerjaan spesifik yang dapat dipelajari dan diukur kemampuannya. Contohnya adalah membaca, menulis, matematika dan kemampuan untuk menggunakan program komputer. Berikut hard skill yang perlu dimasukkan dalam CV:

1. Kemampuan Analisa Data
2. Skill Desain dan Marketing
3. Skill Komputer
4. Skill Teknis
5. Skill Manajemen
6. Skill Menulis
7. Kemampuan Bahasa Asing

Contohnya


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya