Contoh Rumusan Masalah Proposal, Pahami Pengertian dan Fungsinya

"Masih bingung dengan rumusan masalah? berikut adalah penjelasan dan juga contohnya."

Life | 26 February 2023, 13:20
Contoh Rumusan Masalah Proposal, Pahami Pengertian dan Fungsinya

Rumusan masalah adalah salah satu bagian penting dalam penulisan karya tulis ilmiah, misalnya proposal penelitian, proposal skripsi dan makalah. Umumnya rumusan masalah ini disusun atau dibuat setelah latar belakang dari karya tulis ilmiah.

Bagi Anda yang mulai belajar menulis proposal, penting sekali untuk mengetahui pengertian, fungsi dan cara menulis rumusan masalah yang benar. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap tentang rumusan masalah dan contohnya.

Pengertian Rumusan Masalah

Rumusan masalah dapat didefinisikan sebagai bagian penting dari proposal yang berisi pertanyaan mengapa dan bagaimana yang berkaitan dengan penelitian atau topik yang dibahas.

Menurut Munawar Syamsudin, rumusan masalah harus ada karena tulisan ilmiah membahas mengenai masalah tertentu (dalam tulisan berjudul 'Dasar-dasar dan Metode Penulisan Ilmiah'). Untuk menjawab masalah-masalah yang diteliti, seorang peneliti harus mampu merumuskan pertanyaan masalah.

Daun.id

pexels.com

Pertanyaan-pertanyaan yang memuat masalah tersebut harus dijawab oleh peneliti dalam karya tulisnya. Untuk itu, rumusan masalah wajib ada dalam penelitian. Menurut Natanael, identifikasi masalah dalam bentuk rumusan masalah akan memudahkan penulis dalam meneliti karena fokus penelitian sudah dipersempit. Rumusan masalah menghindari adanya fokus penelitian yang melebar (dari buku 'Mudah Menulis Karya Ilmiah'). 

Kata tanya yang dipakai untuk membuat rumusan masalah adalah kata  mengapa, bagaimana, dan apa. Namun kata tanya “mengapa” dan “bagaimana” paling sering digunakan karena membuka peluang penelitian bisa dilakukan lebih rinci dan
mendalam.


Fungsi Rumusan Masalah 

Terdapat beberapa fungsi dari dibuatnya sebuah rumusan masalah dalam karya  tulis ilmiah, meliputi:

  • Memberikan arah yang jelas dari kegiatan penelitian.
  • Membuktikan pendapat pribadi adalah yang paling benar.
  • Memberikan penjelasan tentang kesulitan dalam penelitian.
  • Menjelaskan metodologi penelitian.
  • Menjelaskan kesimpulan dari suatu penelitian.

Tips Membuat Rumusan Masalah

Agar Anda dapat membuat rumusan masalah yang baik, ada beberapa tips yang akan kami berikan. Berikut ini adalah tips membuat rumusan masalah:

Dibuat Secara Spesifik
Membuat rumusan masalah wajib dan harus dibuat secara. Selain karena rumusan ini bentuknya sebuah pertanyaan jadi hanya perlu ditulis secara singkat, padat dan jelas.

Cermat Melihat Fenomena
Hal ini sebenarnya sederhana tetapi sulit untuk dipraktekkan, kecuali penulis dapat berpikir secara kreatif. Peneliti tidak akan kesulitan dalam membuat rumusan masalah, karena bisa didapat banyak sekali dan biasanya kesulitan dalam membuat rumusan masalah muncul karena terlalu jauh berpikir demikian.

Ciri-Ciri Rumusan Masalah

Agar Anda semakin mudah memahami dan mengenali rumusan masalah, coba perhatikan ciri-ciri di bawah ini:

  • Rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tanya
  • Pertanyaannya singkat, padat, dan jelas
  • mengandung nilai penelitian
  • mengarahkan cara berpikir terhadap topik yang dibahas
  • Masalah yang diangkat sesuai dengan kemampuan peneliti
  • memberikan petunjuk dalam melakukan kegiatan penelitian. Sehingga peneliti dapat menemukan jawaban.

Contoh Rumusan Masalah Pembelajaran Jarak Jauh

Mengambil topik penelitian tentang pembelajaran jarak jauh, berikut ini adalah contoh rumusan masalah yang bisa diangkat:

  • Bagaimana kondisi mental anak selama mengkuti proses Pembelajaran Jarak Jauh?
  • Bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak selama Pembelajaran Jarak Jauh?
  • Bagaimana peran guru, sekolah, dan pemerintah dalam memperhatikan kondisi mental anak?


Contoh Rumusan Masalah Pembelajaran Penelitian Kualitatif
Contoh kedua. Jenis rumusan masalah ini biasanya ditemukan dalam penelitian kualitatif.

  • Bagaimana mewujudkan kebijakan universal dengan GUBAH yang dikeluarkan pemerintah untuk membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas masyarakat Indonesia terhadap kemampuan bahasa Inggris di pedesaan?
  • Bagaimana implementasi kebijakan GUBAH sehingga meningkatkan pengaruh positif terhadap bahasa Inggris masyarakat Indonesia khususnya di wilayah pedesaan?
  • Apa kelebihan kebijakan GUBAH yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya peningkatan kapasitas dan kualitas bahasa Inggris masyarakat Indonesia?

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya