Contoh CV IT yang Benar, Berikut Tata Cara Membuatnya

"untuk lebih jelasnya sikap yang berikut ini"

Life | 02 March 2023, 19:00
Contoh CV IT yang Benar, Berikut Tata Cara Membuatnya

Kini CV menjadi bagian yang tak terpisahkan hampir di setiap orang di berbagai kalangan. Dengan berbagai macam-macam kebutuhannya. Salah satu di antaranya adalah lulusan IT. Sebelum lebih jauh alangkah lebih baiknya untuk mengetahui apa itu IT.

Pengertian IT
IT atau Information Technology
merupakan suatu bidang teknologi yang berhubungan dengan pengolahan, pengambilan, penyimpanan, dan penyebaran informasi menggunakan perangkat teknologi digital. IT ini mencakup berbagai aspek teknologi misalnya perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan (networking), hingga telekomunikasi. IT ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan komunikasi dalam suatu organisasi, serta memberikan akses informasi dan layanan kepada individu hingga ke masyarakat.

Di antara tata cara membuat IT:
Daun.id

pixabay

Tentukan format CV

Mulai bisa memilih format antara chronological atau functional. Pada format chronological, pengalaman kerja akan diurutkan dari yang terbaru hingga yang terlama. Hingga pada format functional, fokus pada kemampuan teknis dan pencapaian yang diperoleh selama bekerja.

Tuliskan informasi pribadi
Informasi pribadi yang harus dicantumkan pada CV antara lain nama lengkap, alamat, nomor telepon, email, dan tautan profil media sosial atau website pribadi jika ada.

Tambahkan ringkasan profil
Pada bagian ini, bisa menuliskan ringkasan sebuah profil dari data diri, termasuk keterampilan teknis yang dimiliki dan pencapaian yang pernah diperoleh.

Daftar keterampilan teknis
Tuliskan keterampilan teknis yang dimiliki, termasuk bahasa pemrograman, software, dan hardware yang dikuasai. Selain itu,  juga bisa menambahkan keterampilan soft skill seperti kemampuan komunikasi dan kepemimpinan.

Deskripsikan pengalaman kerja
Urutkan pengalaman kerja  dari yang terbaru hingga yang terlama. Cantumkan nama perusahaan, jabatan, periode bekerja, tanggung jawab, dan pencapaian yang pernah diperoleh.

Tuliskan riwayat pendidikan
Termasuk nama institusi pendidikan, jurusan, dan gelar yang diperoleh.

Tambahkan sertifikasi dan penghargaan
Jika memiliki beberapa sertifikasi atau penghargaan, tuliskan pada CV. Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi perekrut yang membaca CV.

Periksa dan edit kembali CV
Pastikan CV sudah lengkap dan tidak ada kesalahan penulisan. Cek tata bahasa, ejaan, dan kesalahan teknis lainnya sebelum mengirimkan CV ke perekrut.

Simpan CV dengan format benar
Simpan CV dengan format PDF atau Microsoft Word agar mudah dibaca oleh perekrut. Jangan lupa untuk memberi nama file CV dengan nama yang jelas serta mudah diidentifikasi.

Contoh CV dari IT:
Daun.id

pixabay

Nama Lengkap: John Doe

Alamat: Jl. IT No. 123, Jakarta Selatan, 12345

Email: johndoe@email.com

Telepon: +62 123 456 789

Ringkasan Profil:
Seorang profesional IT dengan pengalaman selama 5 tahun di bidang pengembangan perangkat lunak. Mempunyai keterampilan dalam pengembangan aplikasi web, mobile dan desktop. Memiliki kemampuan yang kuat dalam pemrograman dan pemecahan masalah.

Pengalaman Kerja:

Software Developer, ABC Company, Jakarta (2019 - sekarang)
Mengembangkan aplikasi web dan mobile menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript dan Kotlin.

Junior Software Developer, XYZ Company, Jakarta (2017 - 2019)
Mengembangkan aplikasi desktop menggunakan bahasa pemrograman C# dan VB.Net.

Pendidikan:

Sarjana Teknik Informatika, Universitas Indonesia, Jakarta (2013 - 2017)
Mempelajari dasar-dasar pemrograman, basis data, jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak.

Keahlian:

Pemrograman PHP, Javascript, Kotlin, C#, VB.Net
Pemecahan masalah
Pengembangan Aplikasi Web, Mobile, dan Desktop
Basis Data SQL
Jaringan Komputer

Sertifikasi:

Zend Certified PHP Engineer (2019)
Microsoft Certified Solutions Developer (MCSD) (2018)

Referensi:

Dr. Jane Doe, Professor, Universitas Indonesia, Email: janedoe@email.com
Mr. Michael Smith, Manager, ABC Company, Email: michaelsmith@email.com

Demikianlah contoh CV dari seorang profesional di bidang IT. CV ini bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat CV yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya