Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Perusahaan yang Baik dan Sopan

"Buat proposal pengajuan dana yang tepat."

Life | 03 March 2023, 09:00
Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Perusahaan yang Baik dan Sopan

Proposal pengajuan dana adalah sebuah dokumen yang dibuat untuk mengajukan permohonan dana atau pinjaman kepada pihak yang memiliki sumber dana, seperti perusahaan, lembaga keuangan, atau organisasi pemerintah. Tujuan dari proposal pengajuan dana adalah untuk meyakinkan pihak yang memiliki sumber dana bahwa proyek atau kegiatan yang diusulkan layak mendapat dukungan dan memerlukan dana untuk dapat terlaksana.

Proposal pengajuan dana umumnya berisi informasi tentang proyek atau kegiatan yang akan dilaksanakan, biaya yang dibutuhkan, jangka waktu pelaksanaan, sumber dana yang sudah ada, serta manfaat yang akan diperoleh dari pelaksanaan proyek atau kegiatan tersebut. Selain itu, proposal pengajuan dana juga bisa berisi latar belakang, visi dan misi, serta keunggulan dari proyek atau kegiatan yang diusulkan untuk menunjukkan kelebihannya dan membedakan dari proyek atau kegiatan sejenis yang sudah ada.

Sebuah proposal pengajuan dana harus disusun secara sistematis, jelas, dan meyakinkan. Proposal pengajuan dana yang baik harus dapat menjelaskan proyek atau kegiatan secara rinci dan meyakinkan, menunjukkan kebutuhan dana yang jelas dan realistis, serta menyajikan manfaat atau dampak positif yang akan diperoleh dari proyek atau kegiatan tersebut. Selain itu, proposal pengajuan dana juga harus disesuaikan dengan kebijakan dan persyaratan pihak yang memiliki sumber dana agar lebih memungkinkan untuk diterima.

Berikut adalah contoh proposal pengajuan dana ke perusahaan yang baik dan sopan:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Proposal Pengajuan Dana ke PT ABC

I. PENDAHULUAN

Teka Mirna menjadi salah satu tujuan wisata yang berada di Jawa Timur. Wisata ini mempunyai daya tarik yang begitu kuat baik untuk pembeli ataupun penjualnya.

Adapun daya tarik yang dimiliki Teka Mirna ialah terdapat banyak para pelaku usaha dengan berbagai jenis produk unggulan misalnya tas, oleh-oleh khas Jawa Timur, kaos souvenir, serta kuliner.

Dengan pelaku usaha yang banyak, tentu mereka berlomba lomba dalam menarik konsumen dengan teknik tersendiri. Hal ini dapat mengakibatkan pelaku usaha yang lainnya kalah saing. Untuk mengatasinya harus membuat inovasi yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Tetapi tidak jarang, beberapa pelaku usaha mempunyai masalah seperti kekurangan modal usaha. Oleh sebab itu, dengan proposal ini saya mengajukan permohonan bantuan dana guna menambah modal usaha keluarga saya di Teka Mirna.

II. LATAR BELAKANG

Tidak hanya karena pelaku usaha yang banyak menjual barang yang sama di Teka Mirna. Salah satu tujuan saya mengajukan proposal ini ialah hendak membantu keluarga saya untuk mencukupi kebutuhan sehari hari.

Saya seorang laki laki berusia 26 tahun dan adik saya yang kini tengah duduk di bangku kelas 2 Sekolah Menengah Pertama, tinggal bersama keluarga paman saya di sebuah rumah RT. 06/03, Kelurahan Tanjar, Kecamatan Lidah Wetan, sejak kedua orang tua saya meninggal dunia.

Kebutuhan harian kai, masih dapat tercukupi tetapi saya merasa harus berusaha lebih sebab kebutuhan hidup menjadi semakin tinggi tiap harinya.

Sehingga atas dasar itu, saya berharap dapat membantu keluarga bibi saya dengan mengajukan sebuah proposal permohonan bantuan dana agar menambah modal usaha.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Pengajuan permohonan bantuan dana bertujuan untuk mengembangkan usaha di Teka Mirna, agar mampu menambah taraf hidup anggota keluarga.

IV. USAHA

Jenis usaha yang diajukan terhadap bantuan modalnya merupakan Usaha Es Krim Buah dan Sayur, di mana masih jarang yang berjualan di sekitar tempat kami.

Maka, saya merasa ini adalah sebuah peluang untuk kami guna membuat sebuah inovasi yang tidak sama dengan pelaku usaha lainnya.

Di sisi lain, usaha es krim buah dan sayur ini juga mampu ditunjang dengan produk makanan misalnya roti bakar coklat, roti es krim, dan lainnya.

V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN

Terlampir

VI. PENUTUP

Besar harapan saya supaya permohonan ini mapu dipertimbangkan dan selanjutnya dapat direalisasikan. Semoga niat dan usaha baik ini memperoleh kelancaran dari Tuhan Yang Maha Esa.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya