4 Contoh Karya Seni Rupa Modern, Pengertian dan Ciri-cirinya

"Ketahui karya seni rupa modern."

Life | 06 March 2023, 07:52
4 Contoh Karya Seni Rupa Modern, Pengertian dan Ciri-cirinya

Karya Seni Rupa Modern merupakan jenis seni rupa yang muncul pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang mengeksplorasi berbagai teknik, media, dan gagasan baru yang belum pernah dipergunakan sebelumnya dalam seni rupa. Karya seni rupa modern bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, yakni lukisan, patung, instalasi, fotografi, dan media seni rupa lainnya.

Karya seni rupa modern menunjukkan ciri-ciri yang berbeda dengan seni rupa tradisional, seperti penggunaan teknik baru, pemakaian bahan dan objek yang tidak lazim, penggunaan gambar-gambar dari budaya populer, dan penekanan pada ekspresi individu dan perlawanan terhadap konvensi seni tradisional.

Beberapa contoh karya seni rupa modern yang terkenal seperti lukisan "Les Demoiselles d'Avignon" oleh Pablo Picasso, "Starry Night" oleh Vincent van Gogh, patung "The Thinker" oleh Auguste Rodin, fotografi "Dada" oleh Man Ray, dan instalasi "Untitled" oleh Dan Flavin. Karya-karya ini menunjukkan variasi dalam teknik, media, dan gaya dalam seni rupa modern.

Ciri-ciri Karya Seni Rupa Modern
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Beberapa ciri-ciri ialah sebagai berikut, yakni:

- Mempunyai konsep yang tercipta dan berbasis terhadap sebuah filosofi. Namun, jangkauan penjabaran visualisasinya yang memang tidak mempunyai batasan.
- Sifatnya universal.
- Sifatnya kreativitas.
- Fungsional yang lebih diprioritaskan.
- Sifatnya orisinalitas ataupun murni.
- Mempunyai penguatan pada konsepnya.
- Karya seni ini tidak akan terikat dengan beberapa pakem tertentu.
- Seni modern ialah lebih minimalis.
- Seni modern juga lebih rasionalitas.
- Seni ini mempunyai beberapa bentuk dominan geometris.
- Tidak mempunyai beberapa unsur ornamen.
- Dapat memutus hubungan dengan sejarah.

Contoh karya seni rupa modern
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini beberapa contoh karya seni rupa modern, yakni:

1. "Les Demoiselles d'Avignon" oleh Pablo Picasso

Karya ini dilukis oleh Pablo Picasso pada tahun 1907 dan menjadi salah satu karya seni paling terkenal dari aliran kubisme. Karya ini menunjukkan lima wanita telanjang yang bergaya konvensional dengan wajah yang diacak-acak dan tampilan geometris.

Ciri-ciri karya seni rupa modern seperti karya ini ialah pemakaian bentuk geometris, bentuk-bentuk baru yang tidak lazim, teknik yang berbeda, dan pengekspresian yang lebih personal.

2. "Starry Night" oleh Vincent van Gogh

Karya ini dilukis oleh Vincent van Gogh pada tahun 1889 dan menggambarkan pemandangan langit di atas kota Arles, Prancis. Karya ini menggunakan teknik impasto dengan penggunaan warna yang kuat dan kontras.

Ciri-ciri karya seni rupa modern seperti karya ini ialah pemakaian teknik baru, penggunaan warna yang tidak biasa, dan penekanan pada ekspresi individu.

3. "Fountain" oleh Marcel Duchamp

Karya ini adalah karya seni kontroversial yang diciptakan oleh Marcel Duchamp pada tahun 1917. Karya ini berupa urinoir yang dipajang dalam posisi terbalik dan di atasnya ditandatangani dengan nama samaran "R. Mutt".

Ciri-ciri karya seni rupa modern seperti karya ini ialah pemakaian bahan dan objek yang tidak lazim dan penggunaan karya seni sebagai bentuk provokasi dan perlawanan terhadap konvensi seni tradisional.

4. "Campbell's Soup Cans" oleh Andy Warhol

Karya ini dilukis oleh Andy Warhol pada tahun 1962 dan terdiri dari 32 lukisan dari kaleng sup Campbell's Soup yang sama, diatur dalam deretan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya