Contoh Kerangka Karya Ilmiah, Perhatikan Langkah Pembuatannya yang Tepat

"berikut penjelasannya"

Life | 07 March 2023, 07:02
Contoh Kerangka Karya Ilmiah, Perhatikan Langkah Pembuatannya yang Tepat

Karya Ilmiah yaitu sebuah karya tulis yang memiliki informasi, penjelasan, atau hasil penelitian yang didasarkan pada fakta, data, dan argumentasi yang valid. Karya ilmiah ini umumnya diciptakan guna memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai suatu topik atau fenomena yang telah ada. Karya ilmiah juga harus memenuhi kriteria keilmuan, yakni harus berdasarkan pada metode ilmiah, memakai bahasa yang jelas dan tepat, serta mempunyai pemakaian referensi yang benar.

Contoh karya ilmiah seperti halnya skripsi, tesis, disertasi, jurnal ilmiah, buku teks, atau makalah ilmiah. Karya ilmiah dapat dibuat dalam berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sosial, ilmu alam, teknik, kedokteran, atau seni dan humaniora. Tujuan utama dari karya ilmiah adalah untuk memperluas pengetahuan dan memperbaiki pemahaman tentang suatu fenomena, serta memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum.

Contoh Kerangka karya ilmiah dan Urutan Langkah Pembuatannya
 Kerangka karya tulis ilmiah tidak mempunyai aturan yang baku. Hal ini tergantung dari jenis karya ilmiah yang akan ditulis. Dikutip dari buku Penulisan Karya Ilmiah oleh Dra. Zulmiyetri, M.Pd., Kerangka karya ilmiah yang biasa dipakai seperti:

1. Halaman judul

Halaman judul merupakan halaman pertama pada karya tulis ilmiah yang berisi judul, logo, nama penyusun/identitas, nama instansi, nama kota instansi berada, dan tahun penyusunan.

2. Abstrak

Abstrak merupakan suatu ringkasan karya tulis ilmiah yang mempunyai sebanyak 250 sampai 400 kata. Adapun isinya terdiri atas latar belakang, metode penelitian sampai hasil penelitian.

3. Pendahuluan
Daun.id

pixabay

Pendahulan menjadi bab 1 dalam karya tulis ilmiah, meliputi latar belakang masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

- Latar belakang masalah

Latar belakang masalah ialah penjelasan alur pikir mengenai kesenjangan atau permasalahan penelitian. Sebelum menulis latar belakang, kamu harus memikirkan kejadian dan seberapa penting hal tersebut.

- Rumusan masalah

Dengan latar belakang itu, kamu bisa menulis rumusan masalah yang akan diselesaikan. Dengan melakukan pertimbangan keterbatasan dana, tenaga dan waktu, harus dilakukan pembatasan masalah sebab tidak semua masalah bisa dijadikan penelitian.

- Tujuan penelitian

Dengan rumusan masalah itu, kamu akan mengethaui tujuan dari sebuah penelitian. Maka, tujuan penelitian ditulis sebagai kalimat pernyataan dari rumusan masalah.

- Manfaat penelitian

Manfaat penelitian harus dilihat dari berbagai sudut pandang. Contohnya, manfaat untuk penulis, instansi terkait, dan pengembangan ilmu.

4. Kerangka teori

Kerangka teori umumnya meliputi deskripsi teori, telaah penelitian sebelumnya, kerangka berpikir, dan hipotesis penelitian.

5. Metode penelitian

Dalam metode penelitian dijabarkan lebih rinci tentang cara penelitian yang hendak dilakukan. Metode penelitian dibagi menjadi beberapa sub bab, mencakup:

- Definisi Operasional Variabel (DOV)

Saat menjabarkan DOV kamu harus mengetahui variabel bebas dan variabel terikat. Di sisi lain, tambahkan juga sub-variabel, indikator dan teori yang dapat mendukung.

- Populasi dan sampel

Ketika menentukan populasi harus dijelaskan berapa cakupan populasi penelitian, apakah dapat ditentukan atau jumlah tidak terhingga. Di sisi lain, sampel merupakan bagian dari populasi yang dapat dicari memakai teknik pengambilan sampel.

- Jenis dan sumber data

Di bagian ini, uraikan data yang dipakai dalam penelitian. Seperti halnya, wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi.

- Teknik analisis data

Dalam bagian ini tulisa lebih rinci teknik analisis yang hendak dipakai. Seperti, analisis deskriptif atau analisis inferensial.

6. Hasil pembahasan

- Gambaran umum

Bagian ini menjabarkan gambaran umum mengenai topik atau lokasi penelitian.

- Hasil penelitian

Pada bagian ini menguraikan lebih detail tentang temuan yang didapatkan. Seperti halnya, hasil observasi, wawancara atau kuisioner.

- Uji hipotesis

Uji hipotesis merupakan langkah dalam menguji pernyataan secara statistik dan guna menarik kesimpulan, apakah pernyataan itu diterima atau ditolak.

7. Penutup

Penutup merupakan bagian paling akhir dari karya tulis ilmiah. Umumnya mencakup dua hal, yakni:

- Kesimpulan

Simpulan merupakan ringkasan dari hasil penelitian. Simpulan ini perlu ditulis sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian.

- Saran

Saran merupakan rekomendasi atau dari peneliti kepada pihak guna memperbaiki masalah terhadap penelitian.

8. Daftar pustaka

Daftar pustaka adalah sumber yang digunakan sebagai bahan penelitian seperti jurnal, buku hingga skripsi.

Untuk langkah-langkah dalam pembuatan karya ilmiah bisa simak yang berikut ini:
Daun.id

pixabay

Menentukan topik

Topik ini yang nantinya sesuai dengan minatmu dan relevan dengan bidang ilmu yang ingin dieksplorasi.

Membuat kerangka konsep
Kerangka ini wujud dari konsep yang akan membantu memandu penelitian. Termasuk hipotesis atau tujuan dari penelitian tersebut.

Melakukan penelitian
Lakukan penelitian melalui studi literatur, pengumpulan data, atau metode penelitian lainnya yang relevan dengan topik penelitian yang akan diangkat di karya ilmiah tersebut.

Menganalisis data
Setelah pengumpulan data selesai, analisis data ini bisa dengan menggunakan teknik analisis yang sesuai dan juga akurat.

Menyusun draf awal
Mulailah dengan menyusun draf awal dari karya ilmiah tersebut, dari termasuk pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan.

Mengedit dan merevisi
Setelah selesai menulis draf di awal, cek kembali tata bahasa karya ilmiah tersebut, penulisan, format, hingga kelengkapan data. Lakukan revisi jika memang diperlukan.

Membuat daftar pustaka
Cantumkan semua sumber referensi yang digunakan dalam karya ilmiah tersebut dalam format yang tepat.

Melakukan proofreading
Lakukan proofreading terakhir untuk memastikan bahwa semua kesalahan tata bahasa dan penulisan sudah diperbaiki.

Menyusun abstrak
Buat abstrak yang singkat dan jelas tentang penelitian tersebut, termasuk dari tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.

Menulis bagian pendukung
Jika memang ada, tulis bagian pendukung itu seperti daftar tabel, gambar, grafik, atau lampiran yang relevan dengan penelitian tersebut.

Menyelesaikan dan submit
Setelah semua bagian telah selesai, rapihkan karya ilmiah tersebut dan siapkan untuk diserahkan kepada pihak yang akan dituju.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya