Mengkritik atau Memuji Karya Seni adalah Contoh Kegiatan Kritik Karya Seni Rupa, Ketahui Penjelasannya

"berikut penjelasannya"

Life | 07 March 2023, 12:30
Mengkritik atau Memuji Karya Seni adalah Contoh Kegiatan Kritik Karya Seni Rupa, Ketahui Penjelasannya

Salah satu pameran atau kegiatan yang selalu mencuri banyak perhatian orang adalah karya seni. Menggelar atau mengadakan acara seni semacam ini tak akan pernah sepi. Akan selalu ada penikmat sekaligus pecinta dari pagelaran seni ini.

Pengertian Karya Seni

Karya seni yaitu merupakan sebuah hasil dari proses kreatif dan ekspresif dari yang diciptakan melalui perpaduan bakat, imajinasi, dan kemampuan teknis. Karya seni bisa berupa berbagai macam bentuk, seperti lukisan, patung, desain grafis, fotografi, film, musik, tari, dan masih banyak lagi. Setiap karya seni memiliki makna dan tujuan yang berbeda-beda dan seringkali berkaitan dengan pandangan hidup, pengalaman, atau perasaan sang pelaku seni. Karya seni memainkan peran penting dalam membentuk budaya dan mempengaruhi pandangan hidup masyarakat. Karya seni juga dapat menjadi sumber inspirasi dan memberikan pengalaman estetika bagi pengamat dan penikmatnya.
Daun.id

pixabay

Pengertian Kritik Karya Seni
Biasanya orang-orang yang datang di galeri seni ini bukan hanya sekadar datang saja. Juga mengamati, memahami, menilai, juga mengkritik dari karya-karya yang ditampilkan di pameran atau galeri. Kritik karya seni adalah biasa dilakukan.

Yaitu juga merupakan sebuah proses penilaian yang dilakukan terhadap sebuah karya seni dengan tujuan untuk memberikan evaluasi, analisis, dan interpretasi atas karya seni tersebut. Kritik karya seni bisa dilakukan oleh para ahli seni, kritikus, maupun orang awam yang memiliki pengalaman dan pengetahuan di dalam bidang seni ini.

Kritik karya seni bisa dilakukan dengan cara menilai dari berbagai aspek yang terdapat pada karya seni. Contoh seperti dari teknik, penggunaan bahan-bahan, warna, nilai estetika, nilai sosial, serta konteks sejarah dan budaya di mana karya seni ini dihasilkan. Dalam proses kritik karya seni sendiri, kritikus bisa memberikan pendapat dan opini yang bersifat untuk membangun, sehingga dapat membantu mengembangkan kualitas karya seni tersebut.

Namun, kritik karya seni ini juga tetap memiliki sebuah keterbatasannya. Sebagaimana halnya karya seni, kritik karya seni juga bersifat subjektif dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor personal dan budaya. Oleh karena itu, kritikus perlu menghindari penilaian yang terlalu bersifat personal dan menghargai beragam perspektif dan pengalaman dalam mengapresiasi karya seni.

Pengertian Seni Rupa
Sedang pengertian dari seni rupa itu sendiri merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap oleh mata dan kemudian bisa dirasakan dengan rabaan. Kesan inilah diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Jenis-Jenis Kritik Karya Seni Rupa
Kritik karya seni rupa memiliki beberapa jenis bersarkan beberapa kriteria, yaitu:

Berdasarkan Fungsinya
Dalam buku Art As Image and Idea (1967) yang ditulis oleh kritikus Amerika Feldman, sebuah kritik karya seni dapat dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan fungsi. Nah, berikut uraiannya.

1. Kritik Jurnalistik
2. Kritik Populer
3. Kritik Kependidikan (Pedagogik)
4. Kritik Keilmuan (Ilmiah)

Berdasarkan Titik Tolaknya
Masih sama dengan yang disampaikan oleh Feldman, kritik karya seni rupa juga memiliki jenis-jenis yang didasarkan pada titik tolaknya.

1. Kritik Ekspresivistik
2. Kritik Formalistik
3. Kritik Instrumentalistik
Daun.id

pixabay

Cara Membuat Kritik Karya Seni

Setelah mengetahui fungsi dan tujuan kritik ini. Alangkah lebih baiknya memperhatikan hal-hal berikut sebelum melakukan kritik;

- Penilaian
Merupakan langkah penting pertama dalam tahapan kritik karya seni yang memiliki tujuan untuk melihat kualitas karya seni bila dibandingkan dengan karya lainnya. Aspek formal dan kontekstual menjadi landasannya. Berikut ini tahapannya:

1. Menelaah segi pandang khusus dan kebutuhan khusus sebagai latar belakangnya
2. Membandingkan dengan sebanyak mungkin karya sejenis
3. Menentukan fungsi karya
4. Menentukan seberapa besar penyimpangan dari karya yang telah ada

- Deskripsi
Selanjutnya yaitu deskripsi. Yaitu merupakan langkah untuk melihat, merekam, menemukan, dan menjelaskan semua yang terlihat oleh mata secara apa adanya. Dalam tahapan ini belum ada analisa atau pun kesimpulan. Untuk bisa melakukannya seorang kritikus seni harus memiliki pengetahuan akan istilah teknis umum dunia seni.

- Analisis formal
Merupakan langkah yang kritis dalam kritik karya seni. Tahap ini memiliki fungsi untuk bisa mengungkap struktur atau elemen formal penyusunnya. Sama seperti tahapan sebelumnya, kritikus seni harus tahu unsur seni dan prinsip penataan.

- Interpretasi
Langkah terakhir dalam kritik seni adalah interpretasi yaitu mencoba untuk memahami atau menafsirkan makna dari sebuah karya seni. Dalam hal ini termasuk juga isu lingkungan, simbol yang ada dan pertanyaan. Penafsiran ini bebas dan terbuka serta tentu dipengaruhi oleh pengetahuan, wawasan, dan pandangan para kritikus. Luasnya wawasan sang kritikus akan membuat kritik menjadi semakin detail.

Berikut Contoh Kritik Karya Seni Rupa
Daun.id

kritik

Identitas Karya Seni
Nama Seniman : Basuki Abdullah 
Media : Cat Minyak pada Kanvas
Judul : Diponegoro Memimpin Pertempuran
Tahun Pembuatan : 1940 
Dimensi Karya :150 cm x 120 cm 

Deskripsi Karya
Lukisan karya Basuki abdulah berjudul “Diponegoro Memimpin Pertempuran” ini digarap pada tahun 1940. Lukisan ini berukuran 150 cm x120cm yang digarap menggunakan cat minyak pada kanvas. Pada lukisan ini menampilkan sosok pangeran Diponegoro  dengan pakaian dan  memakai sorban dengan warna putih kecoklatan  serta memakai senjata keris sedang menunggangi kuda berwarna hitam. Pada lukisan ini Pangeraan Diponegoro sedang menunggangi kuda yang berlari kencang dengan nenunjukkan jari tangan kanannya kearah samping dan tangan kirinya memegang tali pada kuda  dengan tatapan mata yang tajam. Pada background digambarkan seperti  kobaran api yang membara dengan goresan – goresan yang ekspresif dengan warna merah, jingga, kuning, coklat , putih dan hitam. 

Analisis Formal
Pada lukisan ini background digambarkan dengan kesan warna yang panas dari perpaduan warna merah, jingga, kuning, coklat, putih dan hitam.  Selain unsur warna pada lukisan ini juga terdapat unsur garis dan tekstur. Terkstur pada lukisan ini adalah tekstur semu, yakni tekstur kasar/tak rata pada background dan tektur halus pada subject matter. Dari segi teknik lukisan ini digarap dengan sapuan kuas pada kanvas.

Interpretasi
Dalam lukisan ini Basuki Abullah  berusaha menampilkan suasana pertempuran perang yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro. Background pada lukisan yang yang digoreskan secara ekspresif seperti kobaran api memiliki arti semangat perjuangan Pangeran Diponegoro yang patang menyerah melawan penjajah pada masa itu. Keris pada lukisan ini menunjukkan senjata tradisional bangsa Indonesia. Dengan menunggangi kuda yang berlari kencang, menujuk tangan kanannya kearah samping dengan tatapan mata yang tajam menunjukkan keberanian dalam melawan musuh-musuhnya.

Penilaian
Lukisan Basuki Abdullah yang berjudul “Diponegoro Memimpin Pertempuran” dapat menggambarkan suasana pertempuran dan maknanya dapat ditangkap oleh orang yang melihatnya. Lukisan ini juga mampu menyampaikan pesan yang ingin diungkapkan oleh seniman kepada penonton atau publik. Selain itu lukisan ini juga memiliki ciri khas  goresan yang berbeda dengan seniman lain yaitu ekspresif namun dengan goresan ekspresifnya seniman mampu menampilkan suasana yang terjadi pada lukisan tersebut seperti suasana pertempuran karena  keberanian dan semangat yang patang menyerah dapat ditampilkan dalam lukisan yang berjudul “Diponegoro Memimpin Pertempuran”. Kombinasi warna dengan kesan panas yang menggambarkan keberanian dan keseimbangan lukisan ini sudah bagus.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya