6 Contoh Karya Seni Patung, Kenali Ciri-cirinya

"Ketahui karya seni patung."

Life | 14 March 2023, 08:27
6 Contoh Karya Seni Patung, Kenali Ciri-cirinya

Karya seni patung merupakan salah satu bentuk seni rupa tiga dimensi yang memakai berbagai jenis bahan misalnya kayu, batu, logam, atau bahan sintetis guna membuat bentuk-bentuk tertentu. Karya seni patung umumnya menggambarkan sosok manusia, binatang, atau objek lainnya yang diberi bentuk, proporsi, dan rincian yang halus dan detail.

Seniman patung memakai berbagai teknik dan alat dalam mengukir atau membentuk bahan itu sampai menjadi sebuah karya seni patung yang indah dan estetis. Karya seni patung bisa menjadi ekspresi kreativitas dan imajinasi seniman, serta mempunyai makna dan pesan tertentu untuk pengamatnya.

Ciri-ciri Karya Seni Patung

Karya Seni Patung memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali, antara lain:

  1. Bentuk tiga dimensi: Karya Seni Patung selalu memiliki dimensi tiga dan dapat dilihat dari segala sudut.
  2. Material yang digunakan: Bahan yang umum digunakan untuk membuat patung adalah kayu, batu, logam, tanah liat, dan sebagainya. Bahan yang digunakan dapat mempengaruhi kekuatan, tekstur, dan warna patung.
  3. Makna dan tema: Karya Seni Patung sering kali memiliki makna atau tema tertentu. Hal ini dapat dilihat dari bentuk, pose, dan ekspresi yang dihasilkan.
  4. Teknik dan gaya: Karya Seni Patung memiliki berbagai macam teknik dan gaya yang dapat dikenali. Beberapa teknik yang umum digunakan adalah pahat, ukir, cor, dan model.


Adapun contoh karya seni patung dan ciri-cirinya, yakni:

1. Patung Dirgantara atau Patung Pancoran
Daun.id

Sumber: Wikiepedia

Patung Dirgantara atau yang lebih dikenal dengan Patung Pancoran, sebab lokasinya berada di daerah Pancoran. Patung ini diperkirakan mempunyai tinggi sekitar 27 meter. Adapun tujuan awal dari pembuatannya adalah sebagai bidang penerbangan Indonesia atau dirgantara.

2. Patung Monumen Selamat Datang

Patung Monumen Selamat Datang berada di tengah Bundaran Hotel Indonesia atau yang dikenal dengan Bundaran HI, Jakarta. Patung ini memberi gambaran sepasang remaja yang melambaikan tangan. Adapun ide dari pembuatan patung ini bersumber dari presiden pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Pembuatannya memiliki tujuan awal guna menyambut peserta ASEAN Games VI di Jakarta tahun 1962.

3. Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan patung tertinggi di Indonesia yang terletak di Bali. Tingginya kira-kira mencapai 120 meter. Patung ini memperlihatkan Dewa Wisnu yang tengah mengendarai Burung Garuda.

4. Patung Jalesveva Jayamahe

Patung Jalesveva Jayamahe yang terletak di Surabaya memperlihatkan sosok perwira TNI Angkatan Laut yang tengah menatap jauh menuju ke laut. Adapun tinggi patung ini berkisar 30 meter dan berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

5. Patung Martha Christina Tiahahu
Daun.id

Sumber: budaya-indonesia.org

Patung Martha Christina Tiahahu di Ambon, Maluku memperlihatkan seorang tokoh pahlawan nasional, yakni Martha Christina Tiahahu yang asalnya dari Maluku. Patung ini diciptakan guna mengenang keberanian dan kegigihannya ketika melawan penjajahan.

6. Patung Toraja

Patung Toraja karya seniman dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan, terbuat dari kayu dan menggambarkan sosok manusia atau binatang. Ciri-cirinya adalah detail hiasan ukiran yang rumit, simbolisme budaya yang kaya, dan warna yang khas.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya