Contoh Proposal Skripsi Kuantitatif, Ketahui Langkah Pembuatannya

"berikut dengan langkah-langkah pembuatannya"

Life | 13 March 2023, 19:29
Contoh Proposal Skripsi Kuantitatif, Ketahui Langkah Pembuatannya

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai tugas akhir untuk menyelesaikan program studi sarjana (S1). Bisa berupa dari hasil penelitian, kajian pustaka, atau kombinasi keduanya, yang bertujuan untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama masa studi atau masa kuliah.

Skripsi umumnya disusun dalam format tertentu yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi atau jurusan, termasuk dari struktur dan gaya penulisan yang harus diikuti. Isi skripsi harus mencakup deskripsi lengkap tentang topik yang akan dipilih, metode yang digunakan, analisis data, kesimpulan dan saran, serta referensi yang digunakan sebagai dasar penulisan.

Skripsi juga diwajibkan untuk dipertahankan di depan dosen penguji yang ditunjuk oleh perguruan tinggi, sebagai bentuk ujian akhir sekaligus pembuktian bahwa mahasiswa telah memenuhi syarat untuk menbisakan gelar sarjana.
Daun.id

pixabay

Pengertian Proposal Skripsi Kuantitatif
Merupakan sebuah dokumen atau file yang berisi rencana penelitian yang akan dilakukan untuk menghasilkan laporan penelitian skripsi dengan menggunakan metode kuantitatif. Proposal ini umumnya disusun oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang menempuh studi di program sarjana (S1) serta ingin menyelesaikan tugas akhir untuk syarat kelulusan.

Proposal skripsi kuantitatif harus memuat informasi yang cukup lengkap dan detail mengenai topik penelitian, tujuan penelitian, metodologi yang digunakan, sampel yang akan diteliti, instrumen penelitian yang akan digunakan, analisis data, serta jadwal kegiatan. Dalam proposal ini, juga harus dijelaskan mengenai manfaat dari penelitian tersebut dan kontribusi yang akan diberikan terhadap bidang ilmu yang dipilih. Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa memperoleh persetujuan dan dukungan dari dosen pembimbing sebelum memulai penelitian skripsi yang sebenarnya.


Langkah Pembuatan Proposal Skripsi Kuantitatif

  • Memilih topik penelitian: Pilih topik penelitian yang sesuai dengan minat dan bidang studi. Pastikan topik yang akan dipilih relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan mempunyai manfaat yang signifikan.
  • Menentukan rumusan masalah: Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian. Rumusan masalah tentu harus spesifik dan jelas, serta bisa diukur secara kuantitatif.
  • Membuat kerangka teori: Buat kerangka teori yang akan menjadi dasar penelitian tersebut. Kerangka teori bisa berupa dari konsep, teori, atau model yang relevan dengan topik penelitian.
  • Menentukan hipotesis: Tentukan hipotesis atau asumsi yang akan diuji dalam penelitian. Hipotesis harus didasarkan pada kerangka teori dan relevan dengan rumusan masalah dalam penelitian kuantitatif tersebut.
  • Menentukan jenis dan metode penelitian: Tentukan jenis penelitian dan metode yang akan digunakan untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis. Dalam penelitian kuantitatif, metode yang umum digunakan adalah survei, eksperimen, dan analisis data sekunder.
  • Menentukan populasi dan sampel: Tentukan populasi dan sampel yang akan diteliti dalam penelitian. Populasi adalah kelompok yang menjadi subjek penelitian, sedangkan sampel adalah bagian dari populasi yang dipilih untuk dijadikan objek penelitian.
  • Menentukan instrumen penelitian: Tentukan instrumen penelitian yang akan digunakan untuk mengumpulkan data-data akan dipilih. Instrumen penelitian bisa berupa kuesioner, wawancara, atau observasi.
  • Merancang prosedur penelitian: Merancang prosedur penelitian yang akan dilakukan, termasuk mulai dari pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi data.
  • Menyusun jadwal kegiatan: Susun jadwal kegiatan yang harus dilakukan dalam penelitian, termasuk dari waktu pelaksanaan, pengumpulan data, serta penyusunan laporan penelitian.
  • Menulis proposal: Setelah tahap-tahap di atas telah dilakukan, buat proposal penelitian kuantitatif yang mencakup semua komponen di atas dan sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi atau jurusan. Pastikan proposal penelitian ditulis secara jelas, sistematis, dan mudah dipahami.

Contoh Proposal Skripsi Kuantitatif
Daun.id

pixabay

Judul Proposal Skripsi Kuantitatif: Pengaruh Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Swasta di Jakarta

Pendahuluan
Pengaruh pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan adalah topik yang menarik untuk diteliti karena keduanya merupakan faktor penting dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja di perusahaan. Dalam studi ini, penulis ingin meneliti bagaimana pendidikan dan pengalaman kerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta mempengaruhi kinerja mereka.

Tinjauan Pustaka
Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa pendidikan dan pengalaman kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pendidikan yang lebih tinggi dan pengalaman kerja yang lebih lama bisa meningkatkan kinerja karyawan.

Rumusan Masalah
Dalam studi ini, penulis ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apakah pendidikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta?
Apakah pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta?
Apakah pendidikan dan pengalaman kerja secara bersama-sama mempengaruhi kinerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta?

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta.

Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam studi ini adalah sebagai berikut:

Pendekatan berbasis kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta
Pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta
Pendekatan berbasis kompetensi dan pengalaman kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan di perusahaan swasta di Jakarta.

Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Responden yang diambil adalah karyawan di perusahaan swasta di Jakarta yang memiliki pendidikan dan pengalaman kerja yang berbeda-beda. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi pertanyaan tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan kinerja karyawan. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis regresi.

Jadwal Penelitian
Tahap 1: Perumusan masalah dan tinjauan pustaka (2 minggu)
Tahap 2: Penyusunan kuesioner (1 minggu)
Tahap 3: Pengumpulan data (2 minggu)
Tahap 4: Analisis data (3 minggu)
Tahap 5: Penyusunan laporan penelitian (2 minggu)

Daftar Pustaka
Dessler, G. (2008). Human resource management. Pearson Prentice Hall

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya