Contoh Proposal Webinar PPK Ormawa, Berikut Urutan Penulisannya

"Berikut Urutan Penulisannya"

Life | 18 March 2023, 18:06
Contoh Proposal Webinar PPK Ormawa, Berikut Urutan Penulisannya

Proposal juga bisa berupa tawaran atau solusi bagi suatu permasalahan yang ditujukan kepada orang yang memiliki potensial yang dituju dalam proposal tersebut. Dalam hal ini, proposal juga bertujuan untuk mempersuasi pihak yang dituju untuk menerima tawaran atau solusi tersebut. Secara umum, proposal harus mencakup bagian informasi yang cukup untuk membuat pihak yang dituju memahami ide, rencana, atau solusi tersebut dan membuat keputusan yang tepat.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan merupakan sebuah rencana atau proposal tertulis yang memuat penjelasan lengkap mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal ini umumnya disusun dengan tujuan untuk menbisakan persetujuan atau dukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut, seperti sponsor, lembaga atau instansi pemerintah, atau masyarakat umum.

Pada proposal kegiatan, terbisa beberapa komponen penting yang harus dijelaskan dengan jelas dan detail, antara lain seperti latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, target peserta, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, serta rincian kegiatan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal kegiatan juga harus mencantumkan daftar peralatan dan biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Penting untuk memperhatikan bahwa sebuah proposal kegiatan haruslah dibuat dengan singkat, jelas, dan padat. Proposal kegiatan yang terlalu panjang dan tidak fokus pada pokok permasalahan bisa membuat pihak yang dituju merasa tidak tertarik untuk membaca atau memberikan persetujuan.
Daun.id

pixabay

PPK Ormawa
Merupakan singkatan dari Panitia Penyelenggara Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan. PPK Ormawa merupakan sebuah panitia yang dibentuk oleh mahasiswa dalam suatu organisasi kemahasiswaan untuk mengurus dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan organisasi.

Webinar
Merupakan singkatan dari "web seminar", yaitu sebuah acara seminar atau presentasi yang diselenggarakan secara online melalui internet. Umumnya berlangsung secara real-time atau live, sehingga para peserta bisa berinteraksi dengan pembicara atau presenter secara langsung melalui platform webinar yang digunakan.

Webinar bisa diselenggarakan untuk berbagai keperluan. Misal contohnya edukasi, pelatihan, pemasaran, dan sebagainya. Dalam webinar, para peserta bisa memperoleh informasi dan pengetahuan baru dari presenter melalui presentasi berupa slide atau video yang disajikan secara online. Peserta juga bisa mengajukan pertanyaan atau memberikan komentar pada saat presentasi berlangsung.

Webinar umumnya diadakan dengan menggunakan platform atau aplikasi khusus. Misalnya Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Platform ini memungkinkan pembicara atau presenter untuk membagikan presentasi atau layar mereka, serta berinteraksi dengan para peserta melalui fitur chat atau video conference.

Webinar bisa menjadi alternatif yang efektif bagi acara seminar atau pelatihan yang diselenggarakan secara fisik, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini. Selain itu, webinar juga bisa menciptakan kesempatan yang lebih luas bagi para peserta yang berada di berbagai tempat dan waktu yang berbeda untuk mengikuti acara tersebut.

Contoh Proposal Webinar PPK Ormawa, Berikut Urutan Penulisannya
Contoh proposal Webinar PPK (Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan) Ormawa:

Daun.id
pixabay

=======================================================

PROPOSAL WEBINAR PPK ORMAWA

I. Latar Belakang
Organisasi Mahasiswa adalah salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Salah satu program kerja yang bisa dilakukan oleh organisasi mahasiswa adalah program pengembangan pengetahuan dan keterampilan atau PPK. PPK bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sehingga bisa menjadi lebih berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, maka program PPK Ormawa diadakan secara daring melalui webinar. Webinar PPK Ormawa ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa agar lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.

II. Tujuan
Tujuan dari webinar PPK Ormawa adalah:

  • Memberikan pemahaman dan pengetahuan baru tentang topik yang diangkat pada webinar.
  • Mengembangkan keterampilan mahasiswa melalui pelatihan dan praktik langsung pada topik yang diangkat pada webinar.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuan dan keterampilan mahasiswa agar lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.

III. Materi Webinar
Materi webinar yang akan disajikan pada program PPK Ormawa adalah sebagai berikut:

Topik: Menulis Karya Ilmiah dengan Baik dan Benar
Nara sumber: Dr. Mawar Dewi, M.Pd., Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas XYZ

Topik: Keterampilan Wawancara Kerja yang Efektif
Nara sumber: Bapak Joni, HR Manager PT. ABC
Topik: Public Speaking untuk Pemula
Nara sumber: Ibu Desi, Trainer Public Speaking

IV. Waktu dan Tempat
Webinar PPK Ormawa akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Sabtu, 15 Mei 2023
Waktu : 09.00 - 12.00 WIB
Tempat : Zoom Meeting

V. Peserta
Peserta webinar PPK Ormawa adalah mahasiswa Universitas XYZ dari berbagai fakultas dan jurusan. Jumlah peserta yang diharapkan adalah sekitar 100-150 orang.

VI. Biaya
Biaya yang diperlukan untuk melaksanakan webinar PPK Ormawa ini adalah biaya kebutuhan teknis seperti biaya sewa Zoom Meeting, biaya kebutuhan konsumsi dan snack box bagi nara sumber, serta biaya sertifikat bagi peserta webinar.

VII. Penutup
Webinar PPK Ormawa ini merupakan salah satu program kerja yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa Universitas XYZ. Kami berharap dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Terima kasih.

=======================================================

Demikianlah

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya