3 Contoh Karya Ilmiah Populer Tentang Lingkungan yang Baik dan Benar

"Tulis karya ilmiah populer tentang lingkungan yang tepat."

Life | 20 March 2023, 17:22
3 Contoh Karya Ilmiah Populer Tentang Lingkungan yang Baik dan Benar

Karya ilmiah populer adalah karya yang ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami dan memiliki tujuan untuk menyampaikan hasil penelitian atau informasi ilmiah kepada khalayak yang lebih luas. Karya ilmiah populer seringkali diterbitkan dalam bentuk artikel, buku populer, atau media online seperti blog atau video.

Tujuan dari karya ilmiah populer adalah untuk menyampaikan informasi ilmiah yang relevan dan penting kepada masyarakat luas dengan cara yang mudah dipahami. Dengan cara ini, ilmu pengetahuan dapat diakses oleh orang yang tidak memiliki latar belakang akademis yang tinggi atau tidak memiliki akses ke jurnal ilmiah yang biasanya terbatas pada kalangan akademisi.

Contoh dari karya ilmiah populer termasuk buku populer tentang sains, teknologi, atau kesehatan, artikel populer di majalah atau surat kabar, atau video ilmiah di platform seperti YouTube. Karya ilmiah populer dapat membantu mempromosikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang topik-topik yang relevan dengan kehidupan mereka.

Jenis-jenis karya ilmiah populer
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun beberapa jenis karya ilmiah populer, ialah sebagai berikut:

1. Esai

Esai merupakan suatu karangan prosa yang isinya tentang suatu topik atau problem tertentu dan ditulis menurut sudut pandang sang penulis. Esai dapat disebut juga dengan opini, pandangan, maupun ekspresi pribadi yang diuraikan pada berbagai macam tulisan. Walaupun begitu, esai tetap dapat ditulis menggunakan argumen yang jelas dan kuat.

2. Artikel ilmiah

Artikel ilmiah ternyata juga termasuk sebagai karya ilmiah populer yang isinya meliputi ilmu pengetahuan dengan menjelaskan bermacam fakta. Tidak hanya itu, karya ini juga ditulis memakai metodologi yang tepat, namun tetap memakai bahasa yang lebih ringan untuk dibaca.

3. Opini

Opini adalah suatu karya ilmiah populer yang isiya ide, pendapat, pikiran penulis tentang suatu pembahasan tertentu. Biasanya, teks ini sifatnya tidak objektif, namun isinya tetap mengutamakan tentang suatu argumen memakai data secara jelas. Tulisan opini yang paling mudah dijumpai seperti opini yang diunggah melalui media massa.

Contoh karya ilmiah populer tentang lingkungan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut adalah contoh karya ilmiah populer tentang lingkungan yang baik dan benar:

1. Karya ilmiah populer  tentang plastik

Judul: "Mengurangi Plastik Sekali Pakai: Tantangan dan Solusi"

Abstrak: Sampah plastik semakin menjadi masalah global yang mendesak. Kebanyakan plastik yang digunakan sehari-hari bersifat sekali pakai dan sulit diuraikan secara alami. Plastik yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia serta satwa liar. Artikel ini membahas tantangan dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan solusi yang dapat dilakukan. Solusi yang disajikan meliputi penggunaan alternatif seperti kantong belanja kain, botol minum berulang, serta penggunaan kemasan yang dapat didaur ulang. Selain itu, peran pemerintah dan produsen dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai juga dibahas. Kita semua harus berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai agar dapat menjaga lingkungan dan kesehatan kita bersama.

2. Karya ilmiah populer  tentang iklim terhadap ekosistem laut

Judul: "Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Ekosistem Laut"

Abstrak: Perubahan iklim global telah menyebabkan suhu laut naik dan asam laut meningkat, yang berdampak besar pada ekosistem laut. Artikel ini membahas pengaruh perubahan iklim pada ekosistem laut, seperti hilangnya karang, migrasi spesies laut, dan penurunan produktivitas laut. Selain itu, solusi untuk mengurangi pengaruh perubahan iklim pada ekosistem laut juga disajikan, seperti mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan perlindungan terhadap spesies laut. Artikel ini menekankan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem laut, yang memiliki dampak penting pada manusia dan planet kita.

3. Karya ilmiah populer tentang pemanasan global 

Judul: "Pemanasan Global: Tantangan dan Solusi"

Abstrak: Pemanasan global merupakan masalah serius yang dihadapi planet kita saat ini. Artikel ini membahas tantangan dalam mengatasi pemanasan global dan solusi yang dapat dilakukan. Solusi yang disajikan meliputi mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan efisiensi energi, dan mengembangkan teknologi ramah lingkungan. Selain itu, peran pemerintah, perusahaan, dan masyarakat dalam mengatasi pemanasan global juga dibahas. Artikel ini menekankan pentingnya kerjasama global dalam mengatasi masalah pemanasan global agar dapat menjaga kelestarian planet kita bagi generasi mendatang.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya