5 Contoh Judul Karya Ilmiah Tentang Teknologi, Cocok untuk Artikel Jurnal Terbaru

"Ketahui juga struktur karya ilmiah."

Life | 20 March 2023, 19:37
5 Contoh Judul Karya Ilmiah Tentang Teknologi, Cocok untuk Artikel Jurnal Terbaru

Judul Karya Ilmiah merupakan judul yang diberikan untuk sebuah karya ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau kelompok peneliti. Karya ilmiah tersebut bisa berupa skripsi, tesis, disertasi, atau jurnal ilmiah. Tujuan dari pemberian judul karya ilmiah adalah untuk memudahkan pembaca untuk memahami topik yang akan dibahas di dalam karya ilmiah tersebut.

Judul karya ilmiah harus mampu mencerminkan topik yang dibahas secara singkat dan jelas. Sebagai contoh, judul "Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini di Sekolah Dasar" sudah memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas, yaitu pola asuh orang tua dan perkembangan emosi anak usia dini di sekolah dasar.

Selain itu, judul karya ilmiah juga harus mengandung kata-kata kunci yang relevan dengan topik penelitian. Hal ini sangat penting karena kata-kata kunci tersebut dapat membantu pembaca dalam mencari dan menemukan karya ilmiah tersebut dalam indeks atau database yang ada.

Struktur karya ilmiah
Daun.id

Sumber: Pexeles.com

Struktur karya ilmiah umumnya terdiri dari beberapa bagian yang mencakup:

1. Judul: Judul karya ilmiah harus jelas, singkat, dan mencerminkan inti dari penelitian yang dilakukan.

2. Abstrak: Abstrak berisi ringkasan singkat tentang topik penelitian, tujuan, metodologi, temuan, dan kesimpulan. Abstrak biasanya ditulis setelah penelitian selesai, dan harus singkat namun informatif.

3. Pendahuluan: Pendahuluan menjelaskan latar belakang masalah, tujuan, dan hipotesis penelitian. Bagian ini harus dapat menjelaskan alasan mengapa penelitian ini penting dan memberikan konteks terhadap topik penelitian.

4. Metode: Bagian ini menjelaskan tentang desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, teknik pengambilan data, instrumen pengukuran, prosedur analisis data, dan prosedur etis yang digunakan dalam penelitian.

5. Hasil: Bagian ini berisi hasil temuan dari penelitian, sering kali didukung oleh grafik atau tabel. Bagian ini harus dijelaskan dengan jelas dan mengacu pada tujuan dan hipotesis penelitian.

6. Pembahasan: Pembahasan adalah interpretasi hasil penelitian dan hubungannya dengan penelitian lain yang telah dilakukan. Bagian ini harus memberikan kesimpulan yang jelas dan berdasarkan pada temuan dari penelitian.

7. Daftar Pustaka: Daftar pustaka berisi referensi atau sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian.

8. Lampiran: Bagian ini dapat mencakup data tambahan atau informasi yang tidak dimasukkan dalam bagian-bagian sebelumnya.

Contoh judul karya ilmiah tentang teknologi
Daun.id

Sumber: Pexeles.com

Berikut ini contoh judul karya ilmiah tentang teknologi, yakni:

1. Penggunaan Teknologi Blockchain dalam Menjamin Keamanan Data dan Privasi Pengguna di Era Digital
2. Pengembangan Sistem AI untuk Pengenalan Wajah dengan Tingkat Akurasi Tinggi
3. Penggunaan Teknologi VR dalam Edukasi dan Pelatihan Berbasis Simulasi
4. Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini di Sekolah Dasar
5. Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Bisnis di Era Digital

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya