Niat Sahur Puasa Nisfu Sya'ban Arab, Latin dan Artinya, serta Pahami Keutamaannya

"simak lebih lanjutnya di bawah ini"

Life | 21 March 2023, 15:04
Niat Sahur Puasa Nisfu Sya'ban Arab, Latin dan Artinya, serta Pahami Keutamaannya

Saat memasuki bulan Syaban selalu menjadi pertanda bahwa bulan puasa atau Ramadan semakin dekat. Terlebih ada salah satu malamnya yang begitu mulia. Yaitu malam 15 atau Nisfu Syaban

Nisfu Syaban

Merupakan sebuah perayaan penting yang dirayakan oleh umat Muslim pada malam ke-15 bulan Sya'ban dalam penanggalan Islam. Malam ini juga dikenal dengan sebutan Shab-e-Barat atau Malam Pengampunan.

Malam Nisfu Sya'ban dipercayai sebagai malam yang penuh dengan berkah dan rahmat, serta banyak umat Muslim merayakannya dengan melakukan ibadah dan kegiatan spiritual. Pada malam nisfu Sya'ban ini, diyakini bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa orang yang memohon ampun dan rahmat-Nya. Karenanya umat Muslim menghabiskan malam itu dengan berdoa, membaca Al-Quran, dan memohon ampun serta berkah.

Di beberapa negara di Asia Selatan dan Timur Tengah, orang-orang merayakan malam Nisfu Sya'ban dengan menyalakan lilin, lampu minyak, dan lampu listrik di rumah-rumah dan jalan-jalan, dan banyak orang berkumpul di masjid untuk melakukan shalat khusus hingga mendengarkan khutbah atau biasa disebut dengan pangajian kalau di Indonesia.

Meskipun Nisfu Sya'ban dianggap sebagai perayaan yang penting oleh sebagian umat Muslim, tidak semua negara Muslim merayakannya dan ada pula perbedaan penbisa di kalangan ulama tentang signifikansi dan jenis ibadah khusus yang dilakukan pada malam nisfu sya'ban ini.
Daun.id

pixabay

Keutamaan Nisfu Sya'ban

Keutamaan Nisfu Sya'ban, atau malam ke-15 bulan Sya'ban, telah diterima dan dipercayai oleh banyak umat Muslim di seluruh dunia. Yaitu sebagai berikut:

  • Malam penuh berkah: Malam Nisfu Sya'ban diyakini sebagai malam yang penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT. Banyak orang yang menghabiskan malam ini dengan beribadah dan berdoa, berharap untuk mengharapkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.
  • Pengampunan dosa: Pada malam Nisfu Sya'ban, diyakini bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang memohon ampun dengan tulus. Karenanya banyak umat Muslim yang menghabiskan malam ini dengan berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT.
  • Peningkatan amal kebaikan: Malam Nisfu Sya'ban juga diyakini sebagai waktu yang tepat untuk meningkatkan amal kebaikan. Banyak orang yang memilih untuk melakukan ibadah dan amal kebaikan khusus pada malam nisfu sya'ban ini, seperti membaca Al-Quran, bersedekah, dan berpuasa.
  • Peringatan kematian: Malam Nisfu Sya'ban juga dipandang sebagai pengingat akan kematian dan kehidupan akhirat. Karenanya banyak orang yang menghabiskan malam ini dengan merenungkan kehidupan mereka dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT serta sesama manusia.


Meski tidak ada dalil yang secara khusus menyatakan keutamaan pada malam Nisfu Sya'ban ini sendiri, banyak umat Muslim memandang malam ini sebagai waktu yang istimewa dan penting dalam meningkatkan keimanan dan kebaikan mereka.

Puasa Nisfu Sya'ban

Adalah berpuasa pada hari ke-15 bulan Sya'ban, tidak diwajibkan dalam Islam, dan juga tidak disunnahkan secara khusus oleh Nabi Muhammad SAW. Puasa Nisfu Sya'ban adalah suatu kegiatan yang bersifat sunnah, artinya bisa dilakukan oleh umat Muslim yang ingin melakukannya, namun tidak wajib untuk dilakukan atau dilaksanakan.

Beberapa ulama meyakini bahwa puasa Nisfu Sya'ban adalah sunnah yang dianjurkan, namun ada juga ulama yang berpenbisa bahwa tidak ada dalil yang cukup kuat untuk menguatkan anjuran tersebut. Meski demikian, banyak umat Muslim yang memilih untuk berpuasa pada hari ini sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT.

Puasa Nisfu Sya'ban diyakini bisa membawa banyak manfaat, seperti mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa-dosa, dan mengharapkan rahmat hingga berkah dari-Nya. Namun halnya puasa sunnah lainnya, puasa Nisfu Sya'ban harus dilakukan dengan niat yang tulus dan dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan ajaran Islam.

Keutamaan Puasa Nisfu Sya'ban
Keutamaan puasa Nisfu Sya'ban, atau puasa pada hari ke-15 bulan Sya'ban, diyakini oleh banyak umat Muslim. Meskipun tidak ada dalil yang secara khusus menyatakan keutamaan puasa Nisfu Sya'ban, beberapa hadis dan riwayat menunjukkan bahwa puasa pada hari ini bisa memberikan manfaat dan keutamaan sebagai berikut:

  • Menbisakan keberkahan: Puasa pada hari Nisfu Sya'ban diyakini bisa membawa keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Banyak umat Muslim yang memilih untuk berpuasa pada hari ini sebagai bentuk ibadah dan penghormatan kepada Allah SWT.
  • Menghapuskan dosa: Puasa Nisfu Sya'ban juga diyakini bisa menghapuskan dosa-dosa hamba-Nya. Karenanya banyak orang yang berpuasa pada hari ini dengan tujuan untuk memohon ampun dan menghapuskan dosa-dosa mereka.
  • Peningkatan keimanan kepada Allah: Puasa Nisfu Sya'ban juga bisa membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Muslim. Dengan menahan diri dari makan dan minum selama satu hari, umat Muslim bisa merenungkan kehidupan mereka dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT serta sesama manusia.
  • Mengharapkan pahala: Seperti halnya puasa sunnah lainnya, puasa Nisfu Sya'ban juga bisa memberikan pahala yang besar dari Allah SWT. Dengan berpuasa pada nisfu sya'ban, umat Muslim diyakini akan menbisakan pahala yang besar dan berlipat ganda.


Perlu diingat, puasa Nisfu Sya'ban tidak diwajibkan dalam Islam, dan juga tidak disunnahkan secara khusus oleh Nabi Muhammad SAW. Karenanya puasa Nisfu Sya'ban adalah suatu kegiatan yang bersifat sunnah, artinya bisa dilakukan oleh umat Muslim yang ingin melakukannya, namun tidak wajib dilaksanakan.

Niat Sahur Puasa Nisfu Sya'ban Arab

نَوَيْتُ الصَّوْمَ فِى النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ سُنَّةَ اللَّهِ تَعَالَى

Nawaitush sahuma fin nishfi min sya'bana sunnatan lillahi ta'ala
Daun.id

pixabay

Artinya: "Saya berniat puasa sunah pada pertengahan bulan Syaban karena Allah SWT."

Hukum Sahur Puasa Nisfu Sya'ban
Hukumnya sama dengan hukum sahur pada puasa sunnah lainnya, yaitu dianjurkan. Hal ini dikarenakan sahur sendiri bisa membantu umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa dengan lebih lancar serta kuat.

Dalam hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah sahur, karena sahur itu lebih berkah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam tradisi Arab, puasa Nisfu Sya'ban juga dikenal sebagai "Laylatul Bara'ah" yang berarti "malam pembebasan". Pada malam nisfu sya'ban, umat Muslim berdoa dan beribadah dengan penuh rasa khawatir dan takut akan dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lalu. Juga memohon ampunan kepada Allah SWT dan memohon agar diberikan keberkahan, kesehatan, dan kemakmuran.

Dalam melaksanakan puasa Nisfu Sya'ban, yang terpenting adalah niat yang ikhlas dan penuh keimanan, serta mengikuti tata cara pelaksanaan puasa yang benar. Sahur bisa membantu memperkuat tubuh umat Muslim dalam menjalankan puasa Nisfu Sya'ban dengan lebih baik dan lancar.

Sahur pada puasa Nisfu Sya'ban bukanlah syarat utama dalam melaksanakan puasa ini. Bagi umat Muslim yang sulit atau tidak sempat untuk melakukan atau melaksanakan sahur, tetap bisa menjalankan puasa Nisfu Sya'ban tanpa sahur.

Puasa Nisfu Sya'ban memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Muslim. Puasa ini termasuk dalam kategori puasa sunnah, sehingga tidak diwajibkan untuk dilaksanakan.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya