Niat Buka Puasa dan Sahur Teks Arab, dan Artinya, Ketahui Manfaatnya

"Manfaat Buka Puasa dan Sahur Ramadan"

Life | 21 March 2023, 15:12
Niat Buka Puasa dan Sahur Teks Arab, dan Artinya, Ketahui Manfaatnya

Beberapa hari lagi umat muslim akan menyambut bulan suci penuh ampunan. Bulan yang penuh rahmat serta kemuliaan, untuk mengharapkan syafaat serta berkah pahala kepada Allah. Yaitu bulan Ramadan. Atau umum disebut dengan bulan puasa.

Puasa
Merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan hubungan intim dari terbit fajar hingga terbenam matahari, pada bulan Ramadan ini sendiri, sesuai dengan ajaran Islam.

Selain puasa di bulan Ramadan ini, ada pula puasa sunnah yang bisa dilakukan pada hari-hari tertentu dalam kalender Islam. Misalnya puasa enam hari di bulan Syawal, puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram, dan lain sebagainya.
Daun.id

pixabay

Tujuan dari puasa adalah yaitu;

  • untuk meningkatkan ketakwaan dan kesadaran umat Muslim akan kekuasaan Allah SWT
  • untuk memperbaiki diri dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT 


Selain itu, puasa juga diyakini memiliki manfaat kesehatan dan kebugaran, misal contohnya membersihkan tubuh dari racun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap Muslim dewasa dan sehat secara fisik dan mental, kecuali bagi mereka yang memiliki alasan medis atau kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk berpuasa.

Karena banyak manfaat yang didapat, tak heran banyak orang muslim menyambut penuh suka cita bulan Ramadan atau bulan puasa ini.

Sahur
Merupakan istilah dalam bahasa Arab yang merujuk pada makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh umat Muslim sebelum waktu imsak, yaitu waktu ketika puasa diawali pada bulan Ramadan. Sahur dilakukan sebelum terbit fajar, umumnya sekitar satu hingga dua jam sebelum waktu subuh.

Sahur penting untuk dilakukan karena bisa memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Makanan sahur yang disarankan adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein, seperti nasi, roti gandum, telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan.


Meskipun sahur tidak diwajibkan dalam agama Islam, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Dengan melaksanakan atau melakukan sahur, tubuh bisa menbisakan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari selama berpuasa, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan dan stamina selama bulan Ramadan.

Puasa dan Sahur Ramadan
Puasa Ramadan merupakan puasa yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan, yaitu bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah. Puasa Ramadan dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, hingga selama waktu tersebut, umat Muslim diwajibkan menahan diri dari makan, minum, dan hubungan intim atau hubungan suami istri.

Sahur sendiri merupakan waktu di mana umat Muslim bisa makan dan minum sebelum waktu imsak, yaitu waktu ketika puasa Ramadan diawali. Sahur sangat penting untuk dilakukan karena bisa memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Selama bulan Ramadan, umat Muslim umumnya melakukan sahur pada waktu dini hari, sekitar satu hingga dua jam sebelum waktu subuh. Makanan sahur yang disarankan adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein, seperti nasi, roti gandum, telur, kacang-kacangan, hingga buah-buahan turut untuk disertakan.

Puasa Ramadan memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun kesehatan. Selain sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT, puasa Ramadan juga bisa membantu meningkatkan rasa kesabaran, ketahanan, dan kebersihan jiwa. Selain itu pula, puasa Ramadan ini bisa membantu membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan kebugaran.


Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk memperhatikan waktu sahur dan mempersiapkan makanan yang sehat dan bergizi agar bisa menjalankan puasa dengan optimal dan menjaga kesehatan selama bulan Ramadan.

Manfaat Puasa dan Sahur Ramadan
Puasa Ramadan dan sahur memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat puasa dan sahur Ramadan:

  • Menjadi lebih sabar dan bertahan dalam situasi sulit: Dengan menahan diri dari makan dan minum selama puasa, umat Muslim bisa melatih ketahanan dan kesabaran dalam menghadapi situasi sulit dan tantangan hidup.
  • Meningkatkan kebersihan jiwa: Puasa Ramadan bisa membantu membersihkan hati dan jiwa dari dosa dan keumuman buruk, serta meningkatkan kesadaran diri akan kebaikan dan ketakwaan.
  • Meningkatkan kesehatan: Puasa Ramadan bisa membantu membersihkan tubuh dari racun, meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga berat badan: Dengan menahan diri dari makan dan minum selama puasa, umat Muslim bisa mengurangi asupan kalori dan menjaga berat badan.
  • Menjaga keseimbangan nutrisi: Dengan melakukan sahur, umat Muslim bisa memperoleh asupan nutrisi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari selama bulan Ramadan, sehingga bisa menjaga kesehatan dan stamina selama bulan Ramadan.
  • Meningkatkan ketakwaan: Puasa Ramadan bisa membantu umat Muslim memperdalam keimanan dan kecintaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya menjalankan ajaran agama secara konsisten.


Puasa Ramadan dan sahur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan spiritual umat Muslim, sehingga sangat dianjurkan untuk dilakukan dengan penuh kesadaran dan ketaatan kepada ajaran agama.

Niat Sahur dan Buka Puasa Ramadan
- Sahur

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an adai fardhi syahri ramadhana haadzhihis sanati lillahi taala.

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala.”

- Puasa
Versi Pertama, Umum

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin

Artinya, “Ya Allah, untuk Mu aku berpuasa, dan kepada Mu aku beriman, dan dengan rezeki Mu aku berbuka. Dengan rahmat Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR. Abu Daud no. 2358, Ibnu Sunni no. 1413, dan At-Thabrani no. 7549)

Versi Kedua

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah
Daun.id

pixabay

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.” (HR. Abu Daud no. 2357, An-Nasa’i no. 3315, At-Thabrani no. 14087, dan Al-Baihaqi no. 1390)

Hukum Buka Puasa dan Sahur Ramadan
Buka puasa dan sahur pada bulan Ramadan ini memiliki hukum yang sangat dianjurkan (sunnah). Hal ini karena dalam Islam, puasa adalah ibadah yang sangat ditekankan untuk dilakukan oleh umat Muslim, dan sahur dan buka puasa dianggap sebagai bentuk persiapan dan pengaturan pola makan yang sehat dan bermanfaat selama menjalankan ibadah puasa.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa itu adalah ketaatan kepada Allah, dan sahur adalah berkah yang Allah turunkan kepada umatku, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya dengan secangkir air." Hal ini menunjukkan bahwa sahur sangat dianjurkan agar tubuh umat Muslim memiliki energi yang cukup untuk menjalankan puasa dengan lancar.

Sementara itu, dalam sebuah hadis yang lain, Rasulullah SAW bersabda, "Umatku akan selalu baik selama mereka terburu-buru dalam membatalkan puasa." Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga waktu buka puasa, agar puasa tidak dibatalkan tanpa alasan yang dibenarkan.

Meski demikian, jika seseorang tidak bisa melakukan sahur atau membatalkan puasa sebelum waktu berbuka puasa, hal tersebut tidak akan membatalkan puasanya. Hal ini berdasarkan hadis yang menyatakan bahwa "Siapa yang terlanjur tidak berpuasa pada waktu sahur, maka tidaklah mengapa baginya jika ia berpuasa tanpa sahur" (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam Islam sendiri, buka puasa dan sahur pada bulan Ramadan menjadi momen penting bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Karenanya disarankan untuk melaksanakan keduanya dengan baik dan benar, sesuai dengan ajaran agama dan tata cara yang telah ditetapkan.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 23 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:17 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:26  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI