Setelah memasuki bulan suci Ramadan, salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan selain menjalankan kewajiban puasa, adalah kegiatan sunnah namun sangat dianjurkan, serta menbisa pahala yaitu sholat tarawih, membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

Terlebih pada jumat terakhir bulan Ramadan. Karena hari Jumat sendiri adalah hari yang istimewa. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Untuk lebih lanjutnya simak yang berikut ini;

Bulan Ramadan
Merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam atau disebut dengan kalender Hijriyah. Yang mana umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh. Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan wajib dilaksanakan atau dilakukan oleh setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat.
Daun.id

pixabay

Selain menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadan juga dianggap sebagai bulan yang suci nan penuh berkah. Umat Muslim di seluruh dunia memperbanyak amal ibadah serta kegiatan keagamaan di bulan ini, misalnya melakukan kegiatan ibadah halnya membaca Al-Qur'an, bersedekah, hingga melakukan sholat tarawih di malam hari.

Pada akhir bulan Ramadan ini umumnya, umat Muslim merayakan Idul Fitri, yang juga dikenal sebagai Hari Raya atau Lebaran, sebagai tanda berakhirnya bulan suci ini. Hari Raya Idul Fitri umumnya dirayakan dengan berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabat, memaafkan satu sama lain, juga terkadang memberikan hadiah kepada orang-orang terdekat.

Keutamaan Bulan Ramadan
Bulan Ramadan juga memiliki banyak keutamaan-keutamaan bagi umat Muslim. Di antaranya merupakan sebagai berikut:

  • Bulan Ramadan merupakan bulan di mana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia.
  • Bulan Ramadan merupakan waktu untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT melalui puasa serta amalan ibadah lainnya.
  • Puasa Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat.
  • Puasa Ramadan  begitu membantu umat Muslim meningkatkan kesabaran, pengendalian diri, hingga rasa empati terhadap orang lain yang kurang beruntung.


Selain melakukan ibadah puasa, bulan Ramadan juga dikenal sebagai bulan penuh dengan keberkahan di mana seluruh pahala amal ibadah dilipatgandakan dan keberkahan Allah SWT lebih mudah diperoleh.

Keutamaan Hari Jumat Terakhir Bulan Ramadan
Hari Jumat terakhir di bulan Ramadan memiliki begitu banyak keutamaan yang sangat istimewa dalam Islam. Di antara keutamaan dari hari Jumat terakhir bulan Ramadan yaitu sebagai berikut:

Malam Lailatul Qadar
Hari Jumat terakhir pada bulan Ramadan kemungkinan menjadi salah satu dari malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut, Allah SWT menurunkan rahmat dan ampunan-Nya serta memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang beribadah dan memohon ampunan.

Pengampunan Dosa
Juga merupakan waktu yang sangat baik untuk memohon pengampunan atas dosa-dosa. Sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Rasulullah bersabda, "Siapa yang berpuasa Ramadan kemudian menyempurnakan puasanya dengan beribadah pada malam Lailatul Qadar dan mengikuti itu dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka seperti dia telah berpuasa sepanjang tahun."

Pahala Berlipat Ganda
Beribadah pada bulan puasa atau Ramadan ini pahala akan dilipatgandakan, terlebih hari Jumat terakhir pada bulan Ramadan bisa memberikan pahala yang berlipat-lipat ganda tentunya. Sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud.

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang sholat pada malam Jumat dan membaca dalam sholatnya Surat Al-Kahf, maka akan menjadi cahaya baginya antara dua Jumat."

Kesempatan untuk Meningkatkan Keimanan
Juga memberikan dan bisa dimanfaatkan pada sebuah kesempatan yang baik untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud.

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahf pada hari Jumat, maka akan diberikan cahaya antara dua Jumat."


Amalan Hari Jumat Terakhir Bulan Ramadan
Hari Jumat terakhir dalam bulan Ramadan sangatlah istimewa dan dianjurkan untuk dilakukan beberapa amalan sebagai bentuk penghormatan dan persiapan menghadapi hari raya Idul Fitri. Nah di antara banyak amalan yang bisa dilakukan, adalah sebagai berikut;
Daun.id

pixabay

  1. Membaca Surat Al-Kahf; seperti pada hari Jumat umumnya. Membaca Al-Kahf di hari Jumat terakhir di bulan Ramadan bisa memberikan pahala besar. Surat Al-Kahf ini merupakan surat ke-18 dalam Al-Quran dan mengandung banyak kisah yang berisi pelajaran serta hikmah.
  2. Mengerjakan sholat Jumat dengan Khusyuk; Sholat Jumat yaitu salah satu sholat yang sangat penting untuk umat muslim, khususnya kaum laki-laki. Di hari Jumat terakhir di bulan Ramadan, sebaiknya sholat Jumat dilakukan dengan khusyuk serta memperbanyak doa yang baik-baik, untuk diri sendiri juga keluarga.
  3. Meningkatkan Sedekah; dengan meningkatkan sedekah, juga akan memperberat timbangan amalan. Juga akan meningkatkan rasa syukur serta kenikmatan selama menjalani puasa selama bulan Ramadan. Sedekah sendiri merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan memberikan banyak manfaat bagi yang menerima dan yang memberikan sedekah.
  4. Memperbanyak Doa; Dengan memperbanyak banyak doa dan istighfar bisa membersihkan hati dan memohon ampunan dari Allah SWT.
  5. Membaca Surat Yasin; Membaca surat Yasin pada hari Jumat terakhir di bulan Ramadan juga bisa memberikan pahala besar. Surat Yasin mengandung banyak hikmah dan keutamaan, sehingga sangat dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat terakhir di bulan Ramadan.
  6. Membersihkan diri; yang terakhir ini tentunya harus dilakukan, yaitu membersihkan diri, sekaligus memakai wewangian yang tidak berlebihan. Hal ini sesuai dengan yang disunnahkan oleh Rasulullah, yang mana harus membersihkan diri dengan mandi sunnah.

    Mandi sunnah yang diniatkan untuk menghadiri sholat Jumat (bagi laki-laki). Selain itu membersihkan kuku, gunakan wewangian, dan memotong rambut menjadi sunnah yang dianjurkan sebelum sholat Jumat.

    Dari Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda:

    لاَ يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ، وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ ، وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ ، أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيبِ بَيْتِهِ ثُمَّ يَخْرُجُ ، فَلاَ يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ، ثُمَّ يُصَلِّى مَا كُتِبَ لَهُ ، ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ الإِمَامُ ، إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الأُخْرَى

    "Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum'at". (HR. Bukhari).

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya