7 Amalan Ibu Menyusui saat Ramadhan yang Mudah Dilakukan

"Mudah Dilakukan"

Life | 11 April 2023, 06:14
7 Amalan Ibu Menyusui saat Ramadhan yang Mudah Dilakukan

Kini umat muslim telah memasuki pertengahan Ramadhan. Artinya semakin mendekati hari raya, atau hari kemenangan. Di bulan ini semua umat Islam diwajibkan untuk menjalankannya. Termasuk ibu-ibu yang telah selesai masa nifasnya dan masa menyusui bayinya.
Daun.id

pixabay

Hukum Puasa Ibu Menyusui
Muslim Indonesia adalah mengikuti Madzhab Syafii. Tentunya memiliki penilaiannya sendiri untuk ibu yang masih dalam masa menyusui anaknya.

Dalam Madzhab ini, justru yang membedakan hukumnya tergantung dari sisi mengapa ibu menyusui dan wanita hamil itu tidak berpuasa. Apakah sebab khawatir terhadap dirinya saja atau khawatir terhadap bayinya. 

Dalam kitab Taqrib karya Imam Abu Syuja’ (w 593 H) disebutkan bahwa yang termasuk orang yang boleh tidak puasa adalah wanita hamil dan ibu menyusui. 

Wanita hamil dan ibu menyusui jika khawatir terhadap dirinya maka wajib qadha puasa tanpa membayar fidyah. Namun jika khawatir terhadap bayinya saja maka wajib qadha dan wajib fidyah. Yaitu 1 mud setiap harinya. 


Jika wanita hamil dan ibu menyusui tidak puasanya karena sebab khawatir kepada dirinya dan bayinya sekaligus maka kewajibannya hanya qadha puasa.

Namun jika bumil dan busu dia kuat untuk puasa mamun sengaja tidak puasa karena sebab khawatir terhadap bayinya maka kewajibannya adalah qadha puasa dan bayar fidyah.

Imam An Nawawi (w 676 H) seorang ulama besar dalam Mazhab Syafii juga mengatakan hal yang sama. “Telah kami sebutkan bahwa wanita hamil dan ibu menyusui jika khawatir terhadap dirinya saja atau khawatir terhadap dirinya dan bayinya maka wajib qadha puasa saja tanpa fidyah. Namun jika khawatir terhadap bayinya saja maka wajib qadha dan wajib fidyah menurut pendapat yang shahih.”

Namun tetap ada sebuah dalil yang menunjukkan untuk eringanan puasa untuk ibu hamil ini ditegaskan dalam dalil yang berdasarkan sabda Rasulullah SAW.

 إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَضَعَ عَنِ الْمُسَافِرِ شَطْرَ الصَّلاَةِ وَعَنِ الْمُسَافِرِ وَالْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ الصَّوْمَ أَوِ الصِّيَامَ
 
Artinya, "Sesungguhnya Allah azza wa jalla menghilangkan pada musafir separuh salat. Allah pun menghilangkan puasa pada musafir, perempuan hamil, dan perempuan menyusui." (HR Ahmad)

Amalan Ibu Menyusui saat Ramadhan
Jadi tak perlu khawatir. Juga banyak amalan yang bisa diamalkan oleh ibu menyusui selama bulan Ramadhan. Berikut di antaranya:
Daun.id

pixabay

  1. Berpuasa sesuai dengan kemampuan. Jika ibu menyusui merasa kesulitan atau khawatir terhadap kesehatan dirinya atau bayi yang disusui, maka boleh tidak berpuasa dan menggantinya di hari-hari yang lain.
  2. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang saat berbuka dan sahur. Ibu menyusui perlu memperhatikan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan produksi ASI tidak terganggu.
  3. Memperbanyak minum air putih atau minuman yang sehat saat berbuka dan sahur untuk menjaga asupan cairan dan mencegah dehidrasi.
  4. Menghindari makanan atau minuman yang bersifat pedas, berlemak, atau bersantan, serta makanan atau minuman yang mengandung kafein atau soda.
  5. Mengatur jadwal menyusui agar bayi tetap mendapatkan ASI yang cukup dan tidak terganggu oleh jadwal berbuka atau sahur.
  6. Menjaga kesehatan tubuh dan mental dengan istirahat yang cukup, menghindari stres atau kelelahan yang berlebihan, dan tetap melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki atau senam ringan.
  7. Memperbanyak ibadah sunnah seperti shalat Tarawih dan shalat Tahajud, membaca Al-Quran, dan berdoa kepada Allah SWT untuk memperoleh keberkahan dan kemudahan dalam menyusui dan berpuasa.


Semoga di bulan yang penuh kasih ini tetap dapat mengambil banyak berkah serta pahala yang telah dijanjikan Allah SWT. Selamat menjalankan ibadah puasa 2023....

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya